Meski Mungil, 5 Ruang Tamu Sederhana Ini Tetap Nyaman dan Bikin Betah!

Buat banyak orang, membeli rumah sendiri itu sesuatu yang rasanya enggak mungkin dilakukan. Harga rumah yang semakin melambung tinggi, sering kali bikin punya rumah serasa mimpi. Nah, pemilik rumah pertama kebanyakan pun biasanya membeli hunian yang sesuai budget.

Biasanya apartemen studio, apartemen satu kamar tidur, atau rumah tapak yang ukurannya enggak terlalu luas. Meskipun mungil, enggak masalah karena banyak orang yang lebih suka tinggal di rumah yang enggak terlalu besar. Apalagi kalau masih tinggal sendiri atau berstatus baru menikah.

Di rumah yang mungil pun, ruangan-ruangan di dalamnya juga berukuran relatif kecil. Umumnya, berkonsep open space yang menggabungkan ruang tamu dan/atau ruang keluarga, dapur, dan ruang makan ke dalam satu living area.

Ngegabungin ruangan-ruangan di rumah mungil udah lazim banget dilakukan. Misalnya ruang tamu yang juga jadi ruang keluarga. Walaupun ukurannya enggak terlalu luas, pengaturan ruang yang pas dan desain interior yang menarik bisa bikin ruang tamu nyaman untuk tamu dan para penghuni rumah buat bersantai dan menghibur diri.

Berikut ini, Dekoruma udah ngumpulin beberapa inspirasi ruang tamu mungil dan relatif sederhana yang bisa kamu jadikan referensi. Ruang tamu yang juga berfungsi jadi ruang keluarga, bisa bikin tamu berdecak kagum dengan seleramu, dan jadi tempat yang nyaman buat kamu dan keluarga. 

Advertisement

1. Bawa Sentuhan Berkelas dan Elegan dengan Furnitur dan Detail Modern. Bermain dengan Warna, Motif, dan Tekstur

Sumber: HGTV

Sumber: HGTV via https://www.hgtv.com

Bangun tema minimalis dan modern secara bersamaan pada interior ruang tamu mungil untuk tampilan yang elegan dan berkelas. Furnitur-furnitur yang dipilih sendiri berciri minimalis dengan garis-garis lurus yang tegas dan enggak neko-neko. Namun, detail-detail seperti warna, motif, dan tekstur jadi pemanis di ruang tamu.

Sofa minimalis tiga tempat duduk dengan bahan velvet biru yang terlihat mahal. Kursi lengan dari kulit yang maskulin, dan kursi lengan kayu yang kontras. Ditubrukkan dengan meja tamu dengan finishing emas dan karpet garis-garis. Meskipun banyak detail, semuanya terlihat selaras dan membuat ruang tamu jadi berkarakter.

Advertisement

2. Hadirkan Suasana yang Personal dan Berkarakter. Dinding Lukisan dan Foto Pada Ruang Tamu Sebagai Dekorasi yang Berkesan

Sumber: HGTV

Sumber: HGTV via https://www.hgtv.com

Mengusung tema abu-abu dan kayu, ruang tamu terlihat sederhana dan fungsional. Sofa bentuk huruf L yang panjang dan empuk membuatnya jadi tempat yang nyaman untuk bersantai atau tidur siang. Lalu, unit rak serbaguna yang juga dijadikan partisi ruangan.

Tentunya yang buat ruang tamu ini jadi menarik banget adalah dinding foto dan lukisan yang memenuhi seluruh dinding ruang tamu. Tanpa lukisan dan foto-foto ini, ruang tamu mungkin akan terlihat polos dan membosankan. Hasilnya, ruang tamu terlihat artsy dan menggambarkan pemilik rumah banget. 

3. Terang, Lapang, dan Adem. Bangun Estetika Minimalis, Simpel, dan Natural Melalui Detail-detail Desain Interior

Advertisement
Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Ruangan yang mungil akan sangat terbantu sama pemilihan furnitur yang esensial dan fungsional, warna-warna netral, dan pencahayaan alami. Inilah yang dilakukan pemilik rumah pada ruang tamu di atas. Dengan warna putih yang dominan dan cahaya matahari, ruang tamu terlihat lega meskipun enggak terlalu luas.

Furnitur dan aksesoris rumah juga dipilih yang paling esensial, tapi tetap nyaman dan menarik. Sofa L dengan motif quilted, coffee table bertingkat, dan kursi lengan kontemporer. Aspek natural juga hadir dari lantai kayu berwarna cokelat pekat dan credenza di tengah yang merangkum semua aspek desain interior di ruang tamu ini.

4. Menarik dan Menawan dengan Statement Piece yang Ikonik di Ruang Tamu. Ruang Penyimpanan Yang Banyak Juga Membantu

Sumber: Home Stratosphere

Sumber: Home Stratosphere via https://www.homestratosphere.com

Beberapa orang juga suka menghadirkan desain yang minimalis dan sederhana, tapi menaruh statement piece yang ikonik atau sangat diminati. Lihat lounge chair di sebelah kiri? Inilah salah satu furnitur statement yang membuat ruang tamu jadi spesial. 

Eames Lounge Chair lansiran Herman Miller yang jadi salah satu furnitur paling ikonik. Asli ataupun replika, menghadirkan elemen-elemen seperti ini membuat ruangan mungil jadi lebih spesial. Lalu, kabinet dan rak TV yang dibuat terintegrasi juga memberikan tampilan yang rapi dan mulus pada ruang tamu ini.

5. Serba Putih dan Netral dengan Aksen Industrial. Dinding Bata Putih Jadi Daya Tarik Utama dari Ruang Tamu Ini

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Membuat ruang tamu mungil serba putih akan membawa keuntungan berupa ruangan yang cerah dan terlihat luas. Biar enggak ngebosenin, kalian bisa menambahkan aksen-aksen menarik dan menawan. Coffee table dari rotan, karpet rotan, tanaman-tanaman hias, dan yang paling kentara, dinding bata putih.

Membawa aksen Industrial ke dalam ruang tamu serba putih yang modern dan minimalis, dinding bata putih jadi latar belakang yang menawan dengan memberikan suasana yang lebih tangguh dan mentah pada ruang tamu mungil dan sederhana ini.

Beragam dan menarik, kan? Tinggal sesuaikan sama karakter dan selera kalian sebagai pemilik rumah. Mau untuk desain interior ruang tamu rumah tapak atau desain interior apartemen apartemen 3 kamar tidur, ruang tamu dan ruang keluarga mungil yang nyaman dan menawan bisa banget dihadirkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE