Seorang pembuat media sosial, pernah duduk di kursi persidangan. Ia tegang, sebab diminta bertanggungjawab atas pencurian data jutaan pengguna situsnya, yang menyebabkan iklim politik global sempat memanas.

Di belahan dunia lainnya, pengguna ponsel dikecewakan oleh iklan di perangkatnya. Iklan yang tidak diizinkan tersebut terus bercokol dan menguras kuota data internet secara signifikan. Sebetulnya mereka pun ingin komplain, tapi mengingat kembali harga ponsel yang murah, keinginan itupun ditunda.

Kamu mungkin belum merasakan dua hal diatas. Ya, mungkin, sebab sebagian sudah merasakannya. Ada sebagian kecil dari penduduk Indonesia yang sudah merasakan datanya ikut dicuri oleh aplikasi di media sosial yang pemiliknya telah disidang itu.

Ada sebagian lagi yang di ponsel nya muncul iklan, yang mungkin saja tidak mengganggu, tetapi menyumbang pemborosan kuota internet secara signifikan. Dua hal ini merupakan kemungkinan yang sangat bisa dihindari, yakni dengan tidak menggunakan aplikasi sejenis di media sosial, dan tidak membeli ponsel tertentu yang menyelipkan iklan di dalamnya.

Lain halnya kalau ponsel kamu hilang. Petaka semacam ini kerap terjadi dan tak bisa dihindari oleh siapapun. Kamu bisa jadi membeli ponsel yang baru dan melupakan yang lama, pun dengan nomor kontak yang bisa diminta lagi kepada orang lain. Namun bagaimana dengan data di ponsel tersebut, yang bisa jadi memuat beberapa hal sensitif yang tidak ingin diketahui oleh orang lain? Siapkah kalau foto pribadimu tiba-tiba berada di situs tertentu dengan caption yang tak senonoh? Ya memang resikonya semacam itu.

Petaka yang lainnya termasuk ketika ponsel yang jatuh di tangan orang lain itu dimanfaatkan untuk tujuan yang tidak baik. Akun-akun media sosial di dalamnya bisa jadi dimanfaatkan untuk penipuan yang, sialnya, memanfaatkan nama kamu di dalamnya. Bahkan lebih apes lagi kalau didalamnya berisi akun-akun internet banking, di mana pencuri bisa dengan leluasa menguras isi tabungan kamu. Ya memang semengerikan itu resikonya ketika ponsel yang didalamnya memuat segala macam data pribadi, kemudian hilang dari genggaman.

Banyak yang bilang pencurian data di internet dan fitur keamanan di ponsel hanya dimiliki oleh ponsel flagship. Iya, memang betul, ponsel flagship bakal melindungi data dengan fitur enkripsi pengiriman pesan dan data di dalamnya. Namun harganya bakal menguras habis-habisan uang tabungan kamu bertahun-tahun.

Kalaupun ada beberapa ponsel murah yang memiliki fitur semacam itu, resikonya kamu bakal dijadikan sumber penghasilan mereka dengan menjadi objek iklan. Ya kalau sepakat sih tidak masalah. Cuma kalau ada pilihan lain yang masuk akal, mengapa harus memilih yang jelas tidak menguntungkan?

Pasalnya sejak 24 April 2018, ada pilihan untuk ponsel terjangkau –kalau belum sepakat disebut murah– dengan fitur keamanan yang cukup mumpuni. Ya, namanya Advan i6. Ponsel buatan Advan ini menonjolkan tampilan layar yang penuh dengan segudang fitur keamanan yang jempolan. Dan tentu saja pabrikan lokal ini membanderolnya dengan harga yang cukup terjangkau.

Inilah beberapa alasan yang mesti kamu pertimbangkan untuk meminang Advan i6.

1. Perangkat Keras Advan i6 yang Kompatibel Untuk Gaya Hidup Kamu

Advan i6 mampu menghasilkan foto yang nggak memalukan.

Advan i6 mampu menghasilkan foto yang nggak memalukan. via https://www.advandigital.com

Soal harga yang terjangkau ini memang relatif. Namun kalau melihat dapur pacu yang dipakai oleh Advan i6, yakni MediaTek MT6737M dengan empat-inti prosesor A-53 berkecepatan maksimal 1,25 GHz, harga yang ditawarkan terbilang terjangkau. Prosesor tadi dibuat dengan proses fabrikasi 28 nm, yang memungkinkan teknologi ponsel di kelas pemula cukup bisa bersaing dari sisi performa.

Advertisement

Advan i6 sudah ditopang oleh RAM 2 GB dan memori internal 16 GB dengan kehandalan grafis dari GPU Mali-T860 MP2. Baterainya yang 3300 mAh pun bisa membuat ponsel ini punya daya tahan seharian.

Dengan spesifikasi perangkat keras yang seperti itu, Advan i6 memang bakal kewalahan untuk memainkan beberapa game yang sedang tren saat ini seperti Mobile Legend maupun PlayerUnknown's Battlegrounds. Meskipun kewalahan bukan berarti tidak bisa sama sekali, namun demi kenyamanan ya memang tak disarankan. Advan pun dengan jujur tak menjanjikan apapun terkait kemampuan Advan i6 dalam memainkan game berat semacam itu.

2. Tampilan yang Lega membuat Advan i6 Jadi Ponsel Kekinian

Tampilannya sudah kekinian.

Tampilannya sudah kekinian. via https://www.advandigital.com

Advan i6 punya tampilan yang disebut dengan FullView Display dengan layar HD IPS LCD 5,5 inci dan rasio 18:9 yang kekinian mencatatkan Advan i6 punya nilai positif. Ponsel ini punya kamera 13 MP di belakang yang kalau melihat hasil-hasil fotonya memang tak mencirikan diambil dengan ponsel berharga murah terjangkau.

Advertisement

Sementara di depan ada kamera dengan resolusi 3 MP, yang mungkin tak begitu cukup untuk kamu yang mendambakan swafoto kinclong. Tapi cukup lah untuk sekedar swafoto secara sederhana pun. Sebab kamera depan ini ada kegunaan lain yang bakal dijelaskan di bawah.

3. Perangkat Lunak Advan i6 yang Bakal Membuatmu Aman dan Anti Gerah

Advan i6 punya banyak fitur untuk menjamin keamanan ponsel kamu.

Advan i6 punya banyak fitur untuk menjamin keamanan ponsel kamu. via https://www.advandigital.com

Kegerahan akibat was-was data dicuri tampaknya tak akan terjadi lagi dengan Advan i6. Ponsel ini menjanjikan sesuatu yang tak biasa dimiliki oleh ponsel sekelasnya di rentang harga serupa. Yang pertama dan utama adalah keberadaan IDOS alias Indonesia Operating System, sistem operasi buatan anak negeri yang sudah hadir sejak Advan G1.

IDOS dibuat bukan tanpa sebab, selain sebagai salah satu pionir kustomisasi Android kebanggaan tanah air, yakni fungsinya yang mampu memberikan rasa aman bagi ponsel-ponsel Advan, termasuk Advan i6. Nah, inilah yang bakal menjadi jawaban atas kegalauan kamu.

4. Keunggulan IDOS yang Bikin Advan Selangkah di Depan

IDOS yang terpasang di Advan i6

IDOS yang terpasang di Advan i6 via https://technologue.id

IDOS memiliki keunggulan untuk melindungi data penggunanya dengan baik. IDOS yang terinstal di Advan i6 sudah masuk ke versi 7.2 dan berbasis Android 7.0, serta telah dibekali dengan fitur keamanan berupa Super Applock, Anti Theft, Manual Shoot, Lock Mobile Phone, Destroy Data, dan Alarm Finder. Mari kita simak fungsi fitur ini satu-persatu.


#Advani6 dibekali dengan IDOS yang memiliki segudang fitur untuk mengamankan ponsel kamu, seperti Super Applock, Anti Theft, Manual Shoot, Lock Mobile Phone, Destroy Data, dan Alarm Finder.


Super Applock bertugas melindungi aplikasi dari tangan-tangan jahil yang kerap mengintip aplikasi ponsel kamu. Fitur ini bakal mengunci setiap aplikasi yang dikehendaki, sehingga setiap orang yang membukanya mesti mengetahui kuncinya. Tentu kuncinya hanya kamu yang tahu 'kan? Fitur ini penting untuk melindungi privasi kamu dalam memakai aplikasi, terutama aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, LINE, serta FB Messenger.

Berikutnya ada fitur Anti Theft, yang dari namanya pastilah berhubungan dengan pencurian ponsel. Fitur ini bakal memberikan akses lokasi berbasis GPS ketika ponsel kamu hilang. Jadi kamu tinggal mengakses akun fitur ini melalui komputer, dan peta lokasi dimana ponsel berada bakal ditampilkan.

Beberapa hal juga bisa dilakukan selain menampilkan lokasi. Salah satunya ponsel yang hilang itu bisa diaktifkan fitur Alarm Finder, yakni ponsel tersebut bakal mengeluarkan bunyi alarm yang kencang. Ada lagi Manual Shoot yang bakal memotret lokasi di sekitar ponsel atau wajah pencuri dan dia berupaya membuka kunci layar.

Lebih lanjut lagi, dengan fitur Anti Theft tadi kamu bisa menghapus data lewat fitur Destroy Data, apabila khawatir data yang berada di ponsel yang hilang itu disalahgunakan. Fitur keamanan Advan i6 banyak juga ya?

Nah, itu belum fitur standar keamanan untuk penggunaan sehari-hari seperti sidik jari dan pemindai wajah. Iya, kamu enggak salah baca, Advan i6 yang tergolong ponsel kelas pemula sudah memiliki fitur Face ID yang bisa menjadi pembuka layar menggantikan kunci konvensional. Face ID ini memanfaatkan pembacaan sensor di kamera depan. Juga ada fitur perpesanan yang sudah dilindungi oleh pengenkripsian data.

5. Segudang Fitur Keamanan, Harganya Terjangkau dan Murah Betulan

Inilah harga Advan i6 di salah satu ecommerce.

Inilah harga Advan i6 di salah satu ecommerce. via https://www.lazada.co.id

Advan i6 dibanderol dengan harga Rp1.499.000 dan pernah dijual via flash sale di ecommerce dengan harga Rp1.299.000. Bagaimana, apakah harga ini tergolong terjangkau atau malah menjadi murah menurut kamu? Tapi buat kamu yang masih menganggap merek lokal tidak layak dibanderol sebesar ini, ya apa boleh buat Advan i6 ini tak cocok buat kamu.

Namun buat kamu yang mencari ponsel dengan fitur keamanan segudang, spesifikasi enggak memalukan, dengan harga yang terjangkau, Advan i6 layak kamu pinang. Lagian, di pasar Indonesia, merek Advan sudah bertengger di posisi ketiga, lho. Lalu kamu masih malu memakai produk dalam negeri?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya