#MudaBerkarya – Pentingnya Berkarya di Era Digital

Akan ada banyak hal positif yang hadir dalam era digital asal kita tidak hanya diam tapi mari kita bergerak bersama

Saat ini akses untuk mencari ilmu tidak memiliki batas, apapun yang aku ingin tahu dengan mudah ditemukan dalam genggaman. Kemudahan teknologi memberikan segudang manfaat yang bisa aku pelajari secara otodidak dan gratis ataupun berbagai kursus online dan seminar berbayar lainnya.

Era digital meningkatkan geliat dari berbagai industri tak terkecuali industri kreatif, ada banyak sekali platform yang hadir dengan berbagai konten yang muncul saat aku berselancar dalam sosial media. Dan sekarang saatnya buat aku melangkah bukan hanya menikmati karya orang lain tapi menciptakan karyaku sendiri! Tidak perlu ragu karena aku hanya butuh percaya pada diri sendiri dan berani untuk mencoba. Berikut Pentingnya berkarya di Era Digital Versiku #MudaBerkarya:

Advertisement

1. Menjadi Ruang Eksplorasi Diri

Eksplorasi Diri

Eksplorasi Diri via http://www.unsplash.com

Saat aku punya bakat, aku tidak ingin nikmatinya sendiri, tapi mencoba untuk memberikan kesempatan orang lain untuk melihat bakat yang aku miliki dan biarkan mereka menikmati hasil karyaku.

Perihal bagus atau tidak itu hal yang wajar karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda, yang perlu aku ingat karya bagus tidaklah hadir begitu saja tapi dimulai dari banyaknya karya yang jelek yang pernah hadir sebelumnya.

Advertisement

Menerima masukan yang menurutku tepat dan membangun untuk karyaku berikutnya. Pesanku pertama bereksplorasi lah dalam era digital bersama potensimu dan tunjukan karya terbaikmu.

2. Memberikan Dampak Positif

Positif Vibe

Positif Vibe via http://www.unsplash.com

Ada banyak cara untuk dapat bermanfaat bagi orang lain, mulai dari berkontribusi secara langsung dengan turun ke lapangan memberikan tenaga, materi ataupun pikiran namun tak terkecuali postingan dalam media sosial.

Advertisement

Dengan kemampuan menulis yang aku miliki bisa membuat suatu karya salah satunya adalah tulisan berisi suatu hal yang informatif tentang tips dan trik atapun caraku mengatasi berbagai keresahan yang ternyata juga dialami oleh orang lain.

Dengan digital niat baikku juga dengan mudah terealisasi bukan sekedar wacana, salah satunya melalui indorelawan.org yang membuka berbagai kegiatan volunteering, aku mengikuti berbagai kegiatan mulai dari mengajar anak-anak rusun, kegiatan ploging (membersihkan sampah) dan aksi sosial lainnya, melalui kitabisa.com website untuk aku bisa berdonasi dengan orang yang membutuhkan senangnya bisa berkontribusi saat pandemi walapun tetap berada dirumah, dan terakhir adalah Hipwee.com tempatku dan para kreator berbagi hal positif dan menarik melalui tulisan. Pesanku yang kedua, akan ada banyak hal positif yang hadir dalam era digital asal kita tidak hanya diam tapi mari bergerak bersama.

3. Menjadi Beda Jangan Takut

Beda itu luar biasa

Beda itu luar biasa via http://www.unsplash.com

Menjadi sama sudah biasa, berani beda itu luar biasa! tidak asing lagi kalimat tersebut tapi memang benar adanya. Kekhawatiran menjadi beda kadang menjadikan aku untuk enggan berkarya dan memunculkan pikiran seperti karya gue aneh banget, nggak cocok, nggak bagus, gue save aja deh.

Tapi aku harus sadar, bedanya aku bisa menjadi ciri khas diriku sendiri karena setiap orang memiliki keunikan masing-masing dan setiap karya memiliki peminatnya sendiri. Pesanku yang ketiga nggak perlu khawatir untuk jadi beda selama kamu dan karya kamu memiliki value yang baik.

4. Membuka Peluang Baru

Menghadirkan berbagai kesempatan

Menghadirkan berbagai kesempatan via http://www.unsplash.com

Aku percarya karya ataupun konten digital yang baik bisa menghadirkan berbagai kesempatan. Jika aku perhatikan tidak sedikit yang akhirnya dilirik oleh produser dari hasil lagu ciptaan sendiri yang dipublikasi melalui media sosial, bekerjasama dengan brand dari konten menarik, dan aku mendapatkan kesempatan itu.

Walaupun belum sampai untuk menerbitkan buku tapi dengan karya tulisan yang aku terbitkan melalui Hipwee.com, aku mendapatkan tawaran sebagai penulis diberbagai website dan akhirnya dipercaya oleh salah satu media online untuk meng-handle satu kanal hiburan dan lifestyle dalam website mereka, bersyukur sekali mendapatkan kesempatan tersebut. Pesanku yang keempat berkaryalah dan temukan peluang barumu!

5. Jadikan Platformku sebagai Aset Digital

Aset Digital

Aset Digital via http://www.unsplash.com

Selain menjadikan ruang berekspresi dan menebarkan hal positif, harapanku platform yang aku miliki nantinya bisa menjadi aset digitalku, namun aku harus bisa konsisten untuk menghasilkan karya yang baik agar penikmat karyaku semakin loyal dan aku harus terus belajar untuk menciptakan karya yang orisinil dan menarik serta tidak hanya terpaku pada tulisan.

Mungkin bisa berkarya melalui audio juga video, karena aku ingin seperti Raditya Dika dan Rintiksedu. Pesanku yang kelima ciptakan aset digitalmu melalui karya dan prestasi, Semangat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

nurichfanioktoria.blogspot.com

CLOSE