Musim mudik telah tiba semua moda transportasi mulai dipenuhi oleh pemudik. Mulai dari transportasi udara hingga laut mulai diramaikan oleh pemudik yang bersuka-ria untuk kembali ke kota asalnya. Salah satu pilihan yang paling banyak digunakan adalah kendaraan roda empat alias mobil. Selain dapat memuat keluarga sekaligus, mobil juga bisa dijadikan pembuktian seseorang bahwa dirinya telah berhasil dikota perantauannya. Memeriksa keadaan kendaraan sebelum berangkat mudik adalah keharusan, tapi mempersiapkan beberapa peralatan tertentu untuk kenyamanan selama mudik harus juga diperhatikan. Berikut 6 peralatan yang perlu disiapkan untuk membuat tetap nyaman selama perjalanan:

1. Pasang cup holder di kisi-kisi AC mobil

Cup holder

Cup holder via http://www.google.com

Perjalanan panjang akan menuntut kamu akan berada di dalam mobil dalam waktu yang lama. Selama berada di dalam mobil, tubuh tetap membutuhkan cairan agar tidak terdehidrasi. Minuman adalah jawabannya, berapa lama minuman dingin yang sudah dibeli akan tetap dingin? Mungkin kurang dari 1 jam minuman yang sudah dibeli tidak lagi dingin, cup holder bisa jadi solusi terjangkau untuk menjaga minuman tetap dingin. Gunakan cup holder yang bisa diselipkan di antara kisi-kisi AC mobil, dengan begitu AC akan menjaga minuman untuk tetap dingin dan tetap segar saat diminum. Jangan lupa usahakan berbelanja sebelum masuk tol ya, karena berbelanja di mini market di dalam rest area lebih mahal dibanding di luar rest area.

2. Bikin playlist diaplikasi pemutar musik

Aplikasi pemutar musik

Aplikasi pemutar musik via https://www.infodantutorial.com

Advertisement

Bagi yang sering menikmati radio saat di dalam mobil mungkin akan melupakan menyiapkan ini. Padahal selama perjalanan panjang sinyal radio tersebut sedikit demi sedikit akan menghilang setelah kendaraan kita berjalan semakin menjauh dari kota. Siapakan playlist lagu yang kalian suka, jika nanti siaran radio mulai menghilang kalian bisa mengganti siaran radio tersebut dengan playlist yang sudah disiapkan di smartphone. Manfaatkan fitur Bluetooth atau AUX yang biasanya tersedia di Headunit mobil-mobil saat ini.

3. Pastikan kacamata hitam ada di dashboard mobil

Indonesia merupakan negara beriklim tropis, untuk menghindari teriknya matahari yang menyinari penglihatan gunakanlah kacamata hitam. Selain berfungsi untuk menghindari sinaran teriknya matahari, kacamata hitam juga berguna bagi para pengendara mobil untuk tetap bisa fokus menjaga jarak pandang dengan kendaraan lain tanpa takut terhalang sinar matahari. Dengan begini perjalanan akan lebih aman.

4. Car interver untuk mengisi daya alat elektronik

Car inverter

Car inverter via https://www.google.com

Kebutuhan akan listrik selama perjalanan tetap harus tersedia. Periksa lubang pematik api yang  ada dimobil karena disitulah sumber arus listrik yang bisa digunakan. Listrik dalam mobil tersedia dalam arus DC jadi lebih baik gunakan converter yang bisa dicolokkan ke lighter mobil yang mampu merubah ke arus AC. Selama di perjalanan smartphone atau alat elektronik lain tetap bisa menyala dan perjalanan lebih tenang tanpa perlu mencari-cari sumber listrik diluar mobil. Arus AC pun menjaga alat elektronik untuk bisa mengisi daya dengan stabil tanpa merusak komponen didalamnya.

5. Beli paket kuota internet

Kuota Internet

Kuota Internet via https://situspulsa.com

Advertisement

Saat ini siapa yang tidak membutuhkan internet di smartphone masing-masing? Kuota internet berguna tidak hanya untuk mengaktifkan sosial media saja, namun selama mudik dapat digunakan untuk kepentingan lain seperti peta digital atau aplikasi pemberi informasi selama perjalanan.

6. Top-up kartu tol

Kartu pembayaran tol

Kartu pembayaran tol via http://kukakuku.com

Saat ini semua pembayaran tol sudah cashless alias sudah menggunakan kartu. Pastikan sebelum bertemu gerbang tol sudah mengisi kartu sesuai besaran biaya yang akan dibayarkan di gerbang tol keluar nanti. Selain untuk pembayaran tol, kartu e-toll pun bisa digunakan untuk pembayaran di mini market. Bila situasi terdesak saat ini pengisian kartu e-toll sudah bisa melalui aplikasi ecommerce marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia, untuk bisa mengisi melalui aplikasi ini pastikan smartphone kamu terdapat fitur NFC di dalamnya, karena pengisian harus men-tap kan kartu ke smartphone.

Mudik libur lebaran selalu di identikkan dengan kemacetan, seakan kemacetan merupakan bagian dari budaya mudik. Persiapan bagi yang ingin mudik menggunakan mobil tidak hanya meliputi kesiapan kendaraan saja, tapi juga kebutuhan-kebutuhan pengendara dan penumpang juga harus diperhatikan agar tetap nyaman selama perjalanan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya