Skincare merupakan hal wajib yang digandrungi semua perempuan saat ini. Kebanyakan dari mereka, kunci make up flawless dan tahan lama adalah pada skincare mereka. Kalau skincare yang digunakan tidak benar, maka tamu-tamu pada wajah akan berdatangan tanpa diminta. 

Ya, tamu-tamu yang tidak diundang adalah jerawat. Jerawat merupakan masalah yang konkret jika dikaitkan dengan masalah kulit, terutama perempuan. Tapi, bukan karena salah skincare doang ya girls, jerawat juga bisa muncul jika kalian jarang merawat dan membersihkan wajah. Mereka juga bisa muncul karena pengaruh hormon dari dalam tubuh kita juga

Jadi gimana dong biar kulit wajah bersih bebas jerawat? Ini dia masker organik homemade yang bisa kalian buat sendiri di rumah. Nggak pake ribet dan biaya mahal, jerawat kalian bakal minggat!
 

1. Gunakan madu sebagai bahan utama

bahan-bahan

bahan-bahan via http://google.com

Advertisement

Tahukan kalian kalau madu merupakan salah satu bahan organik dengan khasiat anti-bakteri? Khasiat anti bakteri inilah yang membuat madu menjadi bahan utama dalam masker organik ini. 

Madu nggak hanya sebagai anti-bakteri,loh! Madu juga akan melembabkan kulit kalian dan memberikan kesan lebih cerah dan bersih pada kulit.

Gunakan kapas untuk mengaplikasikan madu ke seluruh wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Advertisement

 

2. Kayu manis bubuk dan madu

kayu manis bubuk

kayu manis bubuk via http://google.com

Nggak hanya madu, ternyata kayu manis juga mengandung anti bakteri serta anti inflamasi. 

Caranya, campurkan 2 sdt madu dan 2 sdt kayu manis bubuk. Aplikasikan masker ke seluruh wajah. Diamkan 10-15 menit. Bilas dengan air hangat, lalu lanjutkan skincaremu!

 

3. Pala bubuk dan madu

pala bubuk

pala bubuk via http://google.com

Siapa bilang pala cuma untuk rempah di dapur? Jangan salah ya,girls. Pala mengandung antioksidan dan anti-inflamasi,loh. Sebab itu, gunakan pala bubuk untuk masker anti jerawatmu.

Kombinasikan 1 sdt pala bubuk dan 2 sdt madu. Aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Note : Menggunakan pala bubuk mungkin terlalu sensitif untuk sebagian orang, karena itu coba dulu masker ini di siku kalian. Jika tidak terasa perih, artinya kalian cocok dengan masker itu.

4. Madu dan kunyit bubuk

kunyit bubuk

kunyit bubuk via http://google.com

Bahan dapur lainnya yang bisa kamu gunakan untuk dijadikan masker adalah kunyit bubuk. Kunyit mengandung anti inflmasi dan disinfektan sehingga efektif sekali untuk kulit berjerawatmu serta kemerahan pada wajah.

Campurkan 1 sdt madu dan 1/8 sdt kunyit bubuk. Aplikasikan pada wajah. Diamkan 20-25 menit, kemudia bilas dengan air hangat. Selanjutnya aplikasikan pelembab wajahmu agar tidak terasa kering. 

 

5. Sari cuka apel

Cuka Apel

Cuka Apel via http://google.com

Kandungan pada cuka apel dapat menyeimbangkan pH pada kulitmu,girls. Selain itu, asam asetat, sitrat, dan asam laktatnya terbukti ampuh hilangkan jerawat.

Cukup totolkan cuka apel pada kapas lalu aplikasian pada kulit berjerawat kalian.

Penggunaan cuka apel pada jerawat umumnya akan terasa perih, so, kalian juga bisa mengkombinasikan madu dengan cuka apel juga. 

Selamat Mencoba

Salam Sobat Hemat!

 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya