Tak bisa dipungkiri bahwa sekarang koneksi internet merupakan kebutuhan bagi kita semua terutama pengguna smartphone. internet saat ini sangat dibutuhkan baik itu untuk sekolah seperti pembelajaran dimana kita bisa mencari informasi tambahan, untuk pekerjaan atau hanya sekedar untuk hiburan semata seperti Gaming, Streaming dan lain sebagainya. apalagi saat ini perkembangan smartphone sangat luar biasa, dari mulai anak kecil, remaja, orang dewasa sampai orang tua, semuanya punya smartphone yang menemani aktivitas sehari harinya.

Hal ini pun seakan memaksa kita untuk selalu sedia paket data kuota internet di smartphone kita agar kita bisa mengakses internet tentunya. apalagi bagi kamu yang aktif di sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. bisa dipastikan kamu akan sering membeli kuota yang tentu kalau di hitung hitung, biaya per bulan untuk kuota internet cukup banyak. bagi kamu yang sekarang masih mahasiswa atau pelajar, ini tentu jadi masalah kan? Tapi jangan khawatir, ternyata dengan 5 cara ini kamu bisa menghemat paket kuota data internet di smartphone kamu, tanpa perlu menginstall aplikasi penghemat kuota atau semacamnya.

1. Matikan Background Process, Karena Aplikasi yang Tidak Digunakan Pun Tetap Berjalan dan Menyedot kuota

Matikan Background Process

Matikan Background Process via https://www.kuotahape.com

Pernah nggak sih kamu merasa paketan internet di smartphone kamu cepat habis padahal pemakaian tidak seberapa? Ya, bisa jadi ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang atau background. Dalam artian, meski kamu tidak sedang menggunakan aplikasi, aplikasi tersebut sebenarnya tetap berjalan dan menyedot kuota, biasanya aplikasi seperti sosial media atau yang terhubung dengan internet yang seperti ini.

So, kamu perlu menutup aplikasi tersebut dengan cara masuk ke menu pengaturan aplikasi, cari aplikasi yang sekiranya terhubung dengan internet seperti Maps, Sosial Media, game dan lain sebagainya lalu klik aplikasi tersebut dan tutup paksa. Cara ini terbilang ampuh untuk menghemat kuota internet.

2. Browser, Youtube dan Instagram merupakan Aplikasi yang paling Banyak Menyedot Kuota, Perhatikan Pemakaiannya!

perhatikan penggunaan youtube dan instagram

perhatikan penggunaan youtube dan instagram via http://www.jalantokek.com

Advertisement

Ada begitu banyak aplikasi yang mengharuskan kita untuk terhubung ke internet, dan dari sekian aplikasi tersebut, Browser, Youtube dan Instagram adalah ketiga aplikasi yang bisa di bilang paling banyak menyedot kuota internet. Maka dari itu, saat menggunakannya, pastikan kamu benar benar memperhatikan waktu, jangan sampai terlalu lama dan jangan lupa, selalu pantau sisa kuota yang ada.

3. Jangan Asal Beli Paket internet, Pilihlah yang Sesuai kebutuhan Saja.

Jangan Asal Beli Paket internet,

Jangan Asal Beli Paket internet, via http://hipwee.com

Di tahun 2018 sendiri, ada 3 (mungkin lebih) provider yang menerapkan kebijakan berupa kuota internet yang terbagi menjadi beberapa paket. Seperti Telkomsel, ada paket namanya internet regular atau flash, videomax, youthmax, gamesmax dan masih banyak lagi. Tentu saja itu semua pasti tidak kamu gunakan kan?

Oleh karena itu, belilah paket internet yang sesuai kebutuhan. Kalau kamu sering aktif di sosial media, belilah paket kuota untuk chat, kalau kamu adalah orang yang suka streaming, maka beli juga kuota yang dikhususkan untuk streaming, dan seterusnya. jangan sampai kamu membeli semua paketnya, toh, pasti tidak semuanya terpakai kan?

4. Matikan Ponsel Saat Tidur, Bukan Hanya Hemat kuota, HP Kamu Jadi Lebih Awet Juga.

Matikan Ponsel Saat Tidur

Matikan Ponsel Saat Tidur via http://hipwee.com

Advertisement

Ini dia yang mungkin hanya sediki orang yang tahu. ternyata mematikan smartphone saat tidur itu bisa menghemat kuota internet, lho. hal ini karena saat ponsel dibiarkan menyala, jelas ada banyak aplikasi yang berjalan. kalau tidak mau dimatikan, paling nggak, aktifkan mode pesawat agar koneksi di hp kamu benar-benar tidak aktif dan kuota internet pun jadi lebih hemat.

Manfaat lain dengan mematikan smartphone atau ponsel saat tidur adalah ponsel menjadi lebih awet karena bagaimanapun, sebuah ponsel juga butuh waktu dimana perangkat sama sekali tidak bekerja, dan solusinya hanya dengan mematikan ponsel itu sendiri.

5. Jangan Lupa Matikan Update Otomatis Aplikasi

Matikan Update Otomatis Aplikasi

Matikan Update Otomatis Aplikasi via http://hipwee.com

Terakhir, kamu perlu atau bahkan wajib mematikan update otomatis aplikasi di smartphone kamu. Karena kalau aktif, tentu kuota internet lokal yang ada akan terus terpotong dari update aplikasi, apalagi bagi kamu yang menginstall banyak aplikasi, dijamin, setiap saat pasti ada saja aplikasi yang update dengan sendirinya.

Untuk mematikannya, kamu bisa atur di pengaturan menu aplikasi Google Play Store atau lewat pengaturan aplikasi di HP Kamu sendiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya