"Musik metal atau rock menurut para penikmat musik ini adalah suatu musik yang bisa membawa diri mereka kedalam adrenalin yang keras hanya untuk bersenang – senang ketika band yang beraliran Metal itu tampil dihadapan mereka".

Menurut pandangan masyarakat sekitar tentang musik metal adalah musik beraliran keras dan mereka biasa menyebutnya musik setan. Dengan logo bintang yang menggambarkan kepala kambing “ penyembah setan”. Maka dari itu setiap konser musik metal mengacungkan jari kelingking dan telunjuk mereka untuk membuktikan bahwa band yang mereka idolakan itu sangat keren.

Jika kamu menonton konser musik metal jangan lakukan hal ini, sebab sama saja kamu menyembah setan. Semenjak adanya kabar tentang logo itu ada beberapa band yang beraliran metal tentunya namun berbeda. Lalu apa bedanya band yang kita bahas saat ini ? Band metal dari indonesia ini sangat berbeda meski mereka beraliran metal namun mereka menyelipkan syiar agama islam kedalam lirik lagu yang mereka ciptakan.

Salah satu musisi indonesia dari band “Tengkorak” yang bernama Ombat mengatakan” setelah ngobrol dengan salah satu musisi Napalm Death tentang arti salam metal itu saya terengah, dan saya menggantinya dengan salam satu jari. Karena saya islam tidak ingin menyembah setan dan salam satu jari itu artinya yaitu “ lailahaillallah” Tiada Tuhan Selain Allah.

Alhamdulillah perlahan salam itu menjadi menyebar luas kepada semua metalhead yang menyerukan salam jihad bukan salam metal lagi” ujarnya pada satu acara ceramah islam di salah satu stasiun televisi yang bertema “NGOPI” ngobrol perkara iman.

Lalu siapa saja band yang termasuk menyerukan syiar islam pada musik metal. Simak sebagai berikut 4 band metal syiar yang ada di indonesia :

1. PUNK MUSLIM

punk muslim

punk muslim via https://www.google.co.id

Punk Muslim Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata "PUNK" Narkoba, Anarkisme, Rambut Punk, Gelandangan,Tindikan, Tidak jelas. Namun bayangan tersebut tidak akan ditemukan bila bertemu dengan komunitas Punk Muslim. Punk Muslim berdiri sekitar tahun 2009, komunitas ini terbentuk berawal dari band punk yang bernama “Ideologi Islam” yang didirikan oleh (budi chaeroni).

2. purgatory

Purgatory adalah sebuah band “death metal” asal jakarta yang dibentuk oleh Lutfi sang gitaris dan adiknya Al yang seorang drumer juga di band yang sama. yang membuat band ini berbeda dengan band death metal yang lain adalah “lirik atau lagu yang dibawakan yang bernafaskan islami seperti ajaran agama islam, dakwah islam, perang uhud”.

Advertisement

Salah satu lagu mereka yang islami yaitu M.O.G.S.A.W , Lambang yang mereka gunakan juga sangat islami sekali berbeda dengan band metal lain yang menggunakan bintang terbalik sebagai lambangnya. Purgatory menggunakan bulan bintang dan kaligrafi dalam logonya. Dalam dunia musik metal atau undeground biasanya dilambangkan salam dengan tangan yang mirip seperti kepala domba. Tapi , lain halnya dengan band purgatory ini. Mereka menjadikan “one finger movement” sebagai salamnya yaitu salam satu jari yang artinya “satu” itu berarti bertauhid.

3. The Roots Of Madinah

The Roots Of Madinah

The Roots Of Madinah via https://www.google.co.id

Advertisement

The Roots Of Madinah Dari namanya "madinah" pasti anda sedikit punya pandangan terhadap band metal madinah. The Roots Of Madinah berdiri pada tanggal 24 mei 2008, yang berawal dari 3 orang teman lama yang bersatu kembali setelah sekian tahun berpisah ditelan kesibukan masing masing.

Mereka adalah Thufail Al Ghifari, Udenkox Hermawan dan Arif Attack. Salah satu personil The Roots Of Madinah yaitu Thufail Al Ghifari adalah salah seorang hiphop nasional. Kedua albumnya sudah memberi warna tersendiri dalam perjalanan eksistensinya. Walau aransemen music di album Syair Perang Panjang sempat mendapat banyak cercaan dari komunitas hiphopindo, ditambah syair – syair islam yang tajam, tegas dan sangat agresif membuat Thufail sering dicap rapper islam garis keras bahkan hingga saat ini masih banyak yang memberikan penilaian tersebut.

Tidak seperti kita yang terlahir sudah muslim Thufail Al Ghifari terlahir dari pasangan Pendeta, masuk islam tahun 2002 setelah melewati proses pemikiran dan pencarian jati diri yang panjang.

4. TENGKORAK

Tengkorak mungkin sebagian dari sahabat muslim sudah tahu dengan band yang satu ini, Band ini didirikan pada akhir tahun 1993 oleh Ombat, Danang, dan Yoyok. Band ini mengusung aliran Heavy Metal dan Death Metal.

Tengkorak merupakan grup musik Grindcore pertama di Indonesia. Bahkan album-album Tengkorak sudah beredar di Jepang, dan Eropa, Amerika, Australia, dan Timur Tengah. Tahun 2005-2006 saja 3-4 album Tengkorak tersebar di 29 negara di dunia. Tengkorak berpesan kepada para penggemar:


"kami sebagai musisi Tengkorak mengharap setiap fans agar jangan terlena dengan aliran musik yang mengarah kepada dekadens moral. Bahwa bermusik itu harus tetap jujur, sesuai hatinurani. Kalau kita senang musik keras, kita sesuaikan dengan dan alam Indonesia yang mempunyai tata-sopan-santun, tatakrama, akhlak ketimuran dan sebagai orang muslim yang baik".


Yang membuat Tengkorak berbeda dengan band-band heavy metal lain terletak pada prinsip dan idealisme Islam dan anti-Zionis yang diusungnya. Meski tampil urakan, soal prinsip, bagi Ombat dkk, adalah nomor satu. Ketika azan berkumandang, mereka menghentikan aktivitasnya dan salat terlebih dahulu. Bagi mereka, Islam tetap nomor satu jika dibandingkan dengan apa pun.

Salah satu personil band tengkorak adalah Ombat, selain jadi Vokalis Band, Ombat juga menjadi kuasa hukum terpidana kasus terorisme Muhammad Jibril. Pria kelahiran Jakarta, 11 April 1973, itu juga anggota aktif Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sekaligus direktur utama PT Sebelas April Lian Mipro yang bergerak di bidang event organizer, promotor, dan merchandise. Tengkorak menggagas tren baru, yakni mengganti salam metal dengan salam satu jari. Gerakan dengan menunjukkan jari telunjuk ke arah langit itu telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa dan diikuti jutaan pencinta musik metal di Asia Tenggara dan Timur Tengah. "Itu berarti tauhid, yakni percaya kepada satu Tuhan: Allah," ujar ombat.

5. Jadi kesimpulannya adalah

“Jalan dakwah bisa ditempuh dari mana saja, demi menyebarkan agama islam pedakwah harus berani mengadapi tantangan atau ujian yang di berikan kepada ALLAH SWT, guna untuk meningkatkan derajat manusia di Sisinya”

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya