1. Tidak Ada Manusia yang Sempurna di Dunia

nobodys perfect via https://www.pinterest.com

Bukan rahasia kalau aku bermasalah dengan jerawat. Terkadang ini terlihat jelas dan terkadang tidak. Aku sangat tidak percaya diri dan seringkali merasa buruk tentang diriku. Tapi tidak seharusnya aku merasa buruk. Memiliki jerawat adalah hal yang normal. Semua orang juga mengalaminya! Hanya masyarakat kita dan media sosial yang menyukai ini dan menyuruh kita untuk memiliki “kulit yang sempurna” untuk diterima secara sosial. Aku di sini untuk mengatakan persetan dengan itu semua! Aku akan menunjukkan kulitku apa adanya. Apapun yang orang katakan.” seru Bella Thorne melalui akun instagramnya (@bellathorne).

Setuju banget sama Bella. Punya masalah pada kulit adalah hal yang wajar, dan semua orang pun mengalaminya. Tidak ada manusia yang punya kulit wajah mulus 100% seperti boneka porselen. Jadi nggak perlu malu dengan hal-hal seperti jerawat, bekas luka, flek hitam, dan lain sebagainya selama itu masih dalam batas normal.

Lebih baik menjadi apa adanya daripada berusaha keras untuk menutupi kekurangan dan memalsukan diri.

2. It’s Beauty Statement!

Be Yourself via https://www.sheknows.com

Advertisement

Tampil tanpa riasan, menurutku justru sebuah bentuk beauty statement. Kamu punya prinsip yang jelas dan menunjukkan style kamu sendiri.

Kamu bangga dengan dirimu, dan kamu tahu itu.

3. Everyone is Unique!

brave women do these things via https://www.topdreamer.com

Setiap orang punya keunikan masing-masing. Tentu saja dengan keunikan itu, natural beauty-mu nggak akan bisa ditiru oleh orang lain. Pernahkah kamu mengamati model atau aktris terkenal? Mungkin kamu akan berpikir, dia terkenal karena dia cantik.

Hmm… coba renungkan kembali. Jumlah model cantik yang ikut audisi atau tampil di catwalk Paris Fashion Week nggak cuma satu atau dua orang saja. Mungkin juga sampai ribuan atau entah berapa. Tapi yang bertahan dan tetap dikenang orang adalah mereka yang berkarakter. Mereka punya kharisma yang kuat sehingga mudah untuk diingat orang. Jadi, apa yang lebih penting dari sekadar wajah? Karakter!

Cantik wajah aja nggak cukup bagi seorang model jika ia terlihat sama dengan yang lainnya. Malah nanti jadi cenderung membosankan lalu terlupakan. Kamu nggak perlu jadi model catwalk dulu kok untuk menyadari bahwa kamu pun berharga.

Kamu original dan kamu nggak ada duanya.

4. Forget the Beauty Standard!

Dengan berani tampil apa adanya berarti kamu berani melepaskan diri dari standar kecantikan yang berlaku. Sudah jadi rahasia umum bahwa sebenarnya stadard kecantikan itu cuma hasil konstruksi sosial, atau (menurut istilahku) adalah ‘tuntutan dari masyarakat’ aja.

Ini nggak lepas dari pengaruh industri kecantikan. Kecantikan itu cuma sekedar komoditas. Misalnya, dengan menampilkan wanita dengan kulit putih merona untuk iklan. Walhasil, kita jadi ingin memutihkan kulit karena menganggap ‘putih merona itu cantik’, sehingga kita rela membeli produk pemutih tadi. Padahal nggak ada yang salah dengan warna asli kulit kita yang tidak putih.

Betul! Nggak ada aturan bahwa kita harus mematuhi hal-hal seperti itu. Bebaskan dirimu. Masih mau jadi korban iklan?

“They need your money. Just that simple.”

5. Bukan Berarti Kamu Nggak Peduli Penampilan

Berani tampil tanpa riasan bukan menandakan bahwa kamu adalah wanita yang jorok, jarang mandi, dan nggak ngerti fashion. Kamu bisa membuktikan bahwa tampil rapi, bersih, sopan dan pantas itu lebih baik daripada sekedar ingin dipuji atau bahkan menjadi eye candy semata.

6. Suprise Them!

photographer via http://gettyimages.com

Tetap nggak ada larangan menggunakan kosmetik. Semua orang tetap bebas berekspresi dan berkreasi dengan cara apapun. Menurutku yang terpenting adalah kita tahu kapan dan di mana riasan dibutuhkan. Nggak masalah kan kalau memakai riasan untuk ke pesta, misalnya. Malah, orang-orang yang terbiasa melihat kamu tampil natural akan terkejut dengan pesona lain dirimu yang selama ini kamu simpan.

“Kamu jadi lebih eksklusif karena nggak setiap moment

orang lain berkesempatan melihat kamu tampil beda.”

7. Don’t Worry about People Judge

tag that girl via https://www.facebook.com

Kamu nggak perlu khawatir bagaimana pendapat orang lain tentang diri kamu, baik dengan riasan atau tidak. Apalagi kalau memang kamu nyaman dengan pilihan kamu. Menjadi cantik itu nggak butuh persetujuan orang lain kok.

“Hakikat menjadi cantik adalah ketika kamu bahagia

dan nyaman dengan diri kamu sendiri.”