Menelurkan banyak legenda musik rock seperti The Beatles, The Rolling Stones, dan Jimi Hendrix, sudah sewajarnya kita sering mendengar istilah “British Invasion”. Istilah ini digunakan mengingat sebelumnya dominasi pasar musik dunia dikuasai oleh Amerika Serikat. Suara musisi-musisi yang menghipnotis dan bikin kamu merasakan eargasm merupakan bukti kalau musik British mampu menjajah dan menggeser peringkat musik yang mungkin tadinya ditempati oleh musisi lokal.

Suatu tempat dikatakan bersejarah karena peristiwa yang pernah terjadi di dalamnya. Berbagai musisi terkenal UK telah membuat jejaknya di tempat-tempat terkenal ini. Dari studio sampai jalanan, ada banyak tempat yang dapat kamu kunjungi untuk menelusuri jejak mereka. Saking banyaknya bintang yang ada dalam dunia permusikan UK, di artikel ini kita akan bahas enam legend aja ya, hehe. Selamat mengikuti British Rock Tour!

1. 1. The Beatles

Abbey Road

Abbey Road via https://957benfm.com

Kamu pasti nggak asing lagi sama British band yang satu ini. The fab four yang terdiri dari Lennon, McCartney, Harrison, dan Star punya berbagai spot iconic yang bisa kamu kunjugi. Beberapa di antaranya yaitu:

Advertisement


  • Abbey Road Studios: Cover album yang menampilkan empat legend yang sedang menyeberangi zebra cross ini terletak di London utara. Pose ini sering direka ulang oleh berbagai turis yang datang kesana, termasuk musisi-musisi dari seluruh dunia dengan harapan bisa mengikuti jejak mereka. Kalau pergi ke sini, jangan lupa mampir ke studionya, ya!

  • Cavern Club: Dari sinilah, semuanya berasal. Klub yang terletak di Liverpool ini merupakan tempat awal-awal Beatles manggung. Di sini jugalah untuk pertama kalinya mereka bertemu dengan Brian Epstein, manajer yang berpengaruh besar dalam jejak karier Beatles.

  • 34 Montagu Square: Rumah yang terletak di Marylebone, London merupakan rumah Ringo Starr yang menjadi tempat rekaman demo lagu “Eleanor Rigby”. Foto “Two Virgins” Lennon-Ono yang katanya kontroversial itu juga diambil di sini.

  • Knole Park: Dua video klip dari album “Magical Mystery Tour” mengambil lokasi di Knole Park, Kent. Kalau kamu suka video mereka yang trippy, lokasi ini wajib didatangi nih.

2. The Rolling Stones

Sticky Fingers

Sticky Fingers via http://www.stonesvikings.com

Sesuai namanya, popularitas band dengan logo menjulurkan lidah dan satu generasi dengan The Beatles ini bagaikan batu yang masih berguling sampai sekarang. Apa saja kira-kira tempat bersejarah Mick Jagger dan kawan-kawan?


  • Flamingo Club: Pada 14 Januari 1963, keenam anggota Rolling Stones yang terdiri dari Mick, Keith, Brian, Bill, Charlie, dan Stu menyelenggarakan konser pertamanya di sini. Walaupun sekarang telah berubah nama menjadi O’Neill’s Pub, kamu masih bisa mencoba merasakan euforia di masa itu kok.

  • Sticky Fingers: Restoran di Kensington ini memang bukan tempat yang berpengaruh dalam pembentukan The Rolling Stones. Bergaya Amerika, restoran milik salah satu personil (Bill Wyman) ini menghadirkan dekorasi yang Rolling Stone abis mulai dari poster, gitar, dan foto-foto. Belum lagi makanannya yang lezat. It’s a must banget buat semua fans Rolling Stones.

3. Oasis

(What's the Story) Morning Glory?

(What's the Story) Morning Glory? via https://www.bfm.my

Advertisement

“I said maybe, you’re gonna be the one that saves me.. And after all, you’re my wonderwall.” Lagu yang merajai tangga lagu di tahun 1995 ini merupakan masterpiece dari kakak beradik Noel-Liam Gallagher. Kalau kamu mau mencoba re-create lokasi cover album Oasis, kamu harus pergi ke sini:


  • Berwick Street: Terletak di distrik Soho, Westminter City, jalan yang menjadi cover album “(What’s the Story) Morning Glory?” ini dipilih Oasis karena ada banyak toko album di sisi kanan-kiri jalan. Dua sosok yang berjalan berlawanan adalah DJ Sean Rowley dan desainer album Brian Cannon.

  • Stock House: Untuk cover album “Be Here Now”, Oasis menyewa Hertfordshire mansion yang saat itu merupakan spa dan golf resort. Sayangnya, sekarang tempat ini tak bisa kamu datangi karena telah menjadi rumah pribadi.

  • Primrose hill: Berada di dalam Regent’s Park, kamu bisa berpose ala-ala Anita Heyert yang menjadi model untuk sampul single “Wonderwall”.

4. The Smiths

The Smiths Style Inspiration

The Smiths Style Inspiration via https://www.gq.com

Sudah tidak diragukan lagi, The Smiths merupakan salah satu British band yang berpengaruh. Suara unik, kombinasi selera humor Morrisey-Johnny Marr, dan lagu-lagu yang appealing mampu menginspirasi musisi lintas generasi. Berasal dari Manchester, inilah tempat-tempat di kota Manchester yang pernah disinggahi The Smiths:


  • 344 Kings Road: Inilah rumah tempat Morrisey tumbuh. Hanya sekitar setengah jam dari pusat kota, it’s definitely a must see. Walau gak bisa masuk ke dalamnya karena rumah ini udah ditempati orang lain, kamu tetap bisa foto-foto di depannya kok. Asal jangan terlihat mencurigakan, ya.

  • The Ritz: Berlokasi di Whitworth Street West, The Smiths mengadakan gig pertamanya di sini.

5. Jimi Hendrix

Jimi at His House, 23 Brook Street

Jimi at His House, 23 Brook Street via https://www.ultimate-guitar.com

“This is the place I feel most comfortable, and I feel the English are my friends.”, begitu pendapat Hendrix pada suatu kesempatan ketika ditanya pendapatnya mengenai London. Di kota ini jugalah, ia harus meregang nyawa akibat tersedak oleh muntahannya sendiri. Berikut tur tempat favorit dari salah satu anggota 27 Club:


  • 23 Brook Street: Pernah menjadi rumah Jimi Hendrix, mulai tahun lalu 23 Brook street yang terletak di arah barat London dibuka sebagai museum. Kamu juga bisa mampir ke rumah di sebelahnya, yang secara kebetulan pernah ditempati komposer handal George Frideric Handel. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

  • The Bag O’Nails Club: Tempat debut resmi pertama Jimi di London pada 1966, disaksikan berbagai musisi seperti Eric Clapton dan Pete Townshend (The Who). Tak lupa, aksi spesialnya bermain gitar menggunakan gigi turut ditampilkan di sini.

  • Cumberland Hotel: Ingin menginap di hotel yang sering didatangi Jimi Hendrix? Di sinilah tempatnya. Cumberland menjadi tempat pelarian Hendrix setelah lelah dengan pemakaian narkoba, tur, dan pesta. Sebagai tribute, ada satu kamar khusus yang didekor agar penyewa bisa merasakan sensasi menginap ala Jimi Hendrix.

6. Blur

Aktif di tahun 1990-an, berikut tempat yang pernah didatangi band yang sering disebut-sebut sebagai saingan Oasis:


  • East Anglian Railway Museum: Yang pertama memang selalu berkesan. Ketika masih menamakan diri sebagai “Seymour”, Blur mengadakan gig pertamanya di museum kereta api ikonik yang terletak di county Essex. Pada 2009, mereka kembali lagi ke tempat ini untuk mengadakan konser peringatan.

  • The Good Mixer: Menjadi tempat pertama Blur menandatangani kontrak dengan Food Records, bar ini dirumorkan sebagai tempat pertama munculnya persaingan dengan Oasis.

Sebagai bagian dari budaya, musik British dengan segala eksperimen dan originalitasnya mampu merambah ke seluruh penjuru dunia. Dari berbagai tempat yang pernah ditelusuri para musisi British tadi, mana yang paling ingin kamu kunjungi?

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya