Kehidupan kost biasanya identik dengan mahasiswa, sangat penting bagi mahasiswa untuk bisa bersosialisasi dengan kehidupan sekitarnya, baik di kampus maupun di kost. Apalagi kamu yang ngekost sekamar berdua dengan temanmu, ada enaknya tapi lama kelamaan ada nggak enak nya juga. Bayangin aja, pasangan yang menikah saja bisa nggak sejalan dan nggak sepemikiran. 

Apalagi berdua sama temen yang ‘mungkin’ bukan orang yang kenal kamu banget. That’s why I wanna share some tips for you who feel this problem, Let’s check it out!

 

1. Si dia banyak ngeluhnya, pura-pura nggak peduli aja!

mengapa kita mengeluh?

mengapa kita mengeluh? via https://id.pinterest.com

Menjengkelkan banget memang, kalau punya temen yang kerjaannya ngeluh terus. Mendengar keluhannya sesekali aja udah bikin kita gregetan, apalagi kalau setiap ada apa-apa dia ngeluh terus. Terlebih lagi kalau si tukang ngeluh ini sekamar sama kamu.

Advertisement

Memang kalau selama nggak ganggu kamu, nggak masalah. Tapi, lama-kelamaan kalau denger dia ngeluh terus walaupun ngeluhnya bukan ke kita, tetap aja kita ngedengernya nggak nyaman. Bayangin aja, sekamar sama dia, pastilah kita dengar keluhan dia.

Ini yang harus kamu lakukan saat temen kamu ngeluh terus. Kamu harus pura-pura ga peduli. Kamu boleh sesekali tanyakan "ada masalah apa sih? Kok sampai segitunya" lalu setelah itu, kalau dia jawab kamu cuekin aja nggak perlu ditanggapi lebih jauh.

Tapi kalau dia nggak jawab, kamu juga tetep bersifat cuek saja. Anggep itu hanya basa-basi. selain itu, kalau ngeluh nya sudah berlebihan sampai kupingmu panas dengarnya, coba tinggalkan dia dengan keluar kamar pas dia ngeluh, alesannya mau cari udara segar. Semoga aja dia sadar dengan sikapmu.

2. Si dia nggak pernah peduli sama keadaan sekitar, sindir saja lewat tingkah lakumu!

kamar berantakan

kamar berantakan via https://id.pinterest.com

Advertisement

Ini yang biasanya paling sering terjadi. Teman kostmu tidak peduli dengan keadaan kamar maupun keadaan sekitar yang lain. Ini juga yang paling menyebalkan. Kadang, ada piring kotor bekas dia sendiri saja nggak mau nyuci nya kalau belum seminggu.

Penanak nasi yang kosong gak ada isi aja dia gak mau masak nasi nya, maunya terima beres aja. Barang-barang dia sendiri berserakan di mana-mana, sampai ganggu tempatmu!

Ini nggak bisa dibiarkan terus-menerus. Kalau kamu bukan tipe orang yang suka bicara atau nasihatin langsung, atau nggak mau ngomong langsung karena gak mau di cap 'cerewet' sama si dia, ini tips nya! Jangan biarkan barangmu bercampur dengan barangnya.

Kamu harus memberi tanda, mana piringmu, mana sendokmu, mana gelasmu. Dan kamu juga harus menegaskan, mana meja milikmu dan mana meja miliknya. Kemudian, berikan contoh yang baik, yaitu dengan mencuci dan merapihkan semua barang milikmu sehingga tidak ada barang milikmu yang berceceran, tujuannya adalah membuatnya malu dengan ketidakpedulian nya itu terhadap barangnya sendiri.

3. Si dia pemalas dan deadliner dalam segala hal, abaikan saja selagi tidak merugikanmu!

cara mengerjakan tugas sekolah dengan cepat

cara mengerjakan tugas sekolah dengan cepat via https://www.google.com

Ada tipe teman kos yang pemalas dan deadliner. Keduanya hampir serupa tapi tak sama. Di sisi lain, keduanya sama-sama merugikan si dia sendiri. Dia tidak akan bisa menikmati hidup dengan tenang saat kamu sudah tenang. Bagaimana maksudnya?

Gini, seandainya kamu punya tugas dan dia juga punya tugas. Kamu menyelesaikannya dengan santai dan tenang kemudian berhura-hura saat weekend. Sedangkan dia akan mengerjakannya dengan tergesa-gesa dan tidak bisa menikmati weekend sepertimu. Biarkan saja dia, kalau dia sadar dan bisa berpikir dewasa, maka dia akan mengikuti jejak baikmu.

Namun, ada juga yang mungkin mengganggumu ketika dia sedang sibuk dengan tugas nya yang dikejar deadline. saat itu waktu yang tepat untuk membuatnya sadar.

Ketika dia meminta bantuan mu, bilang saja "aku harus pergi ke suatu tempat dengan teman ku karena sudah ada janji untuk bersenang-senang saat weekend, bukan malah bergelut dengan tugas yang semestinya bisa dikerjakan dari kemarin-kemarin. Jadi, jangan ganggu aku di waktu kosongku."

4. Dia mengganggumu di waktu sibukmu, tolak dengan elegan!

tips mengerjakan tugas

tips mengerjakan tugas via http://google.com

Bukan tidak mungkin saat waktu sibukmu, dia sedang asik menonton drama korea karena tidak ada tugas. Di sini, kamu harus tetap bersikap tenang dan santai seolah-olah kamu menikmati masa-masa sibukmu, dan jangan "mengeluh"! Dia akan kagum saat kamu mengerjakan tugas dan sibuk dengan urusanmu namun tidak pernah mengeluh.

Tapi, akan sangat mungkin baginya untuk memintai mu pertolongan karena kamu terlihat santai dan tidak mengeluh. Minta tolong untuk mengangkat keset diluar saat hujan, mungkin. Kamu bisa saja menurutinya, namun kalau saat sedang sibuk-sibuknya kamu juga bisa bersikap tegas dengan "sepertinya laptopmu itu sudah lebih ingin berhenti dibandingkan dengan laptopku"

5. Si dia terlalu sibuk dengan urusan yang tidak penting sampai lupa waktu, sesekali ingatkan tapi jangan keterusan, ingat dia bukan anakmu!

dipakai pas nge-charge

dipakai pas nge-charge via https://s3.amazonaws.com

Temanmu tidak pernah berhenti dengan handphonenya atau laptopnya. Mungkin sampai lupa kalau sudah menjelang malam namun dia masih tiduran dan sibuk buka instastory sampai-sampai bingung apalagi yang harus dia buka karena sudah semua story di instagramnya di buka.

Tunggu dulu sampai dia sadar sendiri kalau sudah menjelang malam. sampai di ujung waktu yang benar-benar sudah tiba waktu sholat maghrib bagi yang muslim, baru coba kau tanya kan "udah nggak denger adzan lagi?"

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya