Bila seseorang melakukan suatu kejahatan terhadap orang lain, pasti ada hukuman yang akan diberikan kepadanya. Mulai dari kurungan penjara, denda, atau pun hanya berupa lapor wajib kepada polisi. Tetapi bagaimana jika kejahatan yang diperbuat cukup besar dan memakan korban cukup banyak, biasanya akan dikenakan hukuman paling berat, yaitu hukuman mati.

Apa jadinya jika sang penjahat menerima hukuman mati? Di beberapa negara memang hukuman mati bisa dilakukan jika sang penjahat melakukan suatu kejahatan yang sangat besar. Setidaknya ada sepuluh negara yang paling banyak melakukan eksekusi hukuman mati terhadap pelaku kejahatan.   

 

1. Chad, Negara Paling Miskin di Dunia

Chad merupakan negara yang terletak di Afrika barat. Negara ini mendapatkan kemerdekaanya dari Perancis pada tanggal 11 Agustus 1960 dan merupakan negara termiskin di dunia. Chad juga merupakan tempat lahirnya kelompok teroris Haram Boko yang memiliki hubungan dengan kelompok teroris ISIS. Setidaknya, selama tahun 2015 pemerintah Chad mengeksekusi mati 10 orang atas kasus terorisme.

2. Negara Adidaya Kuasa, Amerika Serikat

Amerika Serikat

Amerika Serikat via https://pixabay.com

Advertisement

Semenjak terjadinya aksi 9/11 yang menyerang Tower WTC di Amerika Serikat membuat pemerintahnya mengutuk keras aksi terorisme. Negara adidaya ini pada tahun 2015 setidaknya telah mengeksekusi mati tahanan narapidana terorisme menggunakan metode suntik mati. Selain tahanan terorisme, 52 orang dihukum mati juga dengan cara yang sama tetapi dengan kasus yang berbeda-beda.

3. Negara Lahirnya Islam, Arab Saudi

Arab Saudi

Arab Saudi via http://masjumat.com

Arab Saudi adalah negara yang sangat tegas terhadap tindak kejahatan, sehingga hukuman yang diberikan kepada pelaku kejahatan walaupun yang diperbuat merupakan tindakan pidana yang ringan. Arab Saudi diketahui telah melakukan eksekusi hukuman mati terhadap 158 narapidana dengan cara ditembak. Yang paling ngeri, mayat narapidana yang telah dieksekusi mati itu akan dipertontonkan kepada publik sebagai peringatan bagi masyarakat lainnya.

4. Tetangga Dekat India, Pakistan

Negara yang selalu berseteru dengan India ini membuat heboh dunia internasional setelah Pakistan mengeksekusi mati lima narapidana yang semuanya masih di bawah umur. Untuk narapidana yang terkait kasus terorisme, Pakistan akan langsung memvonis hukuman mati. Selama tahun 2015 saja, Pakistan telah mengeksekusi mati sebanyak 326 narapidana atas kasus pembunuhan.

5. Negara Tirai Bambu, Cina

Advertisement

Cina menempati posisi pertama karena dianggap telah melakukan eksekusi mati terhadap ribuan narapidana. Narapidana yang dijatuhi hukuman mati paling banyak yaitu para koruptor, bahkan keluarganya pun ada yang dikenai hukuman mati. Setidaknya, ada 1.6 juta narapidana dan 650 tahanan yang menunggu sidang dan dikenakan hukuman mati.

Sehingga, tingkat korupsi di negara tirai bambu tersebut cukup rendah karena cina tak akan mentolerir pejabatnya yang melakukan korupsi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya