5 Tanaman yang Bisa Ditanam di Dapur. Berkebun di Dapur, Kenapa Nggak?

tanaman di dapur

Sekarang ini, tanaman juga menjadi aspek yang penting dalam interior design di rumah, ya. Tanaman bisa bikin suasana rumah jadi lebih segar dan asri. Bukan cuma di kebun, tanaman juga bisa ditaruh di dalam rumah, apalagi kalau halaman rumah tidak terlalu besar. Kalian tinggal menyesuaikan tanaman indoor apa yang cocok buat di dalam rumah dan berkreasi, deh! 

Biasanya, tanaman-tanaman indoor ditaruh di beberapa ruangan kayak ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, atau kamar mandi. Tapi, tahu nggak, sih? Dapur juga bisa jadi tempat untuk menjalankan hobi berkebun!

Simak beberapa inspirasi tanaman di bawah ini, yuk, supaya dapur rumah bisa disulap menjadi tempat untuk tanaman-tanaman kesayangan!

Advertisement

1. Petik bahan masakan sendiri setiap mau masak dengan tanaman sayur dan bumbu dapur

Photo by Sven @shauste

Photo by Sven @shauste via https://unsplash.com

Sebagai tempat masak, letakkan tanaman-tanaman yang bisa digunakan buat bumbu dapur atau garnish buat masakan. Misalnya kayak daun basil, daun mint, daun salam, bawang merah, daun bawang, seledri, sampai cabai. Jadi, kalau mau masak, tinggal petik, deh!

2. Tanaman penyegar udara alami pastikan dapur segar, wangi, dan bebas bau asap

pinterest.com

pinterest.com via https://pinterest.com

Tanaman-tanaman berikut ini punya kemampuan buat menyegarkan udara secara alami, loh. Biasanya sehabis masak, ada bau-bau menyengat atau asap dari berbagai jenis masakan. Dengan tanaman-tanaman seperti lili paris, sri rezeki, lidah mertua, dan lidah buaya akan menetralisir udara kotor di dapur.

Advertisement

Jadi letakkan beberapa tanaman ini di sudut-sudut kitchen set supaya dapur rumah tetap nyaman dengan agen pembersih udara alami.

3. Dapur bebas pengharum ruangan kimia dengan pewangi alami melalui tanaman di dapur

bobvila.com

bobvila.com via https://bobvila.com

Sebagai tempat mengolah dan memasak makanan, ada kekhawatiran saat menggunakan pengharum ruangan kimia. Residu-residu kimia bisa berisiko untuk menempel di kitchen counter, alat masak, dan alat makan. Solusinya, tempatkan tanaman-tanaman yang mengeluarkan aroma alami supaya dapur tetap wangi.

Tanaman-tanaman seperti melati, lavender, atau jeruk punya wewangian alami yang menyebar di seluruh sudut dapur. Maka dari itu, dapur tetap wangi tanpa perlu khawatir dengan pengharum ruangan. 
 

Advertisement

4. Tanaman yang tahan panas dan udara lembap agar tidak perlu khawatir layu saat ditempatkan di dapur

housebeautiful.com

housebeautiful.com via https://housebeautiful.com

Meletakkan tanaman di dapur bisa untuk memenuhi unsur estetika dapur. Sebelumnya, perlu dipastikan kalau tanaman tersebut punya ketahanan panas dan udara lembab yang memadai. Mengingat suhu dapur bisa menjadi panas dan lembab karena proses masak, jangan sampai tanaman yang dipilih tidak tahan panas.
 

Beberapa pilihan untuk tanaman hiasan di dapur adalah kaktus, violet afrika, sampai bunga kamboja karena ketahanannya terhadap iklim tropis dan terutama suhu yang relatif lebih tinggi dari iklim subtropis.

5. Ciptakan suasana baru yang lebih alami dengan tanaman gantung di dapur rumah

completehome.co.au

completehome.co.au via https://completehome.co.au

Untuk fungsi estetika dapur yang berbeda dari tanaman dalam pot yang ditaruh di counter atau kabinet, tanaman gantung bisa menjadi alternatif untuk tampilan berbeda yang lebih segar. Gunakan tanaman seperti sirih gading, english ivy, atau million heart dan gantung di salah satu sudut dapur. Misalnya di atas kitchen island lengkap dengan kursi bar.

Itulah tadi lima inspirasi untuk mengubah dapur menjadi “kebun” di dalam rumah. Tanaman-tanaman ini relatif mudah untuk didapatkan dan terjangkau. Jadi, tentukan mana yang cocok dan tingkatkan interior design dapur dengan mulai mendekorasi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE