Minuman teh yang mudah sekali ditemukan di warung-warung terdekat ini memang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Mulai dari membantu menurunkan berat badan, mengurangi stress, hingga menjaga kesehatan kulit.

Namun, selain untuk kecantikan dan kesehatan, minuman yang satu ini juga berguna untuk hal lainnya, lho. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Membantu membuat daging lebih empuk

Membuat Daging Lebih Empuk

Membuat Daging Lebih Empuk via https://pixabay.com

Kamu hobi masak, tapi kadang merasa jengkel karena daging sapi atau kambing yang kamu masak masih terasa alot dan berbau amis?

Advertisement

Memasak daging sapi atau kambing memang gampang-gampang susah. Namun, kamu nggak perlu khawatir lagi karena dengan menggunakan teh akan membantumu untuk membuat daging yang dimasak menjadi empuk dan tidak amis.

Gimana caranya? Seduh teh dengan air mendidih kurang lebih selama 5 menit. Setelah itu, masukkan setengah cangkir brown sugar ke dalam teh, lalu aduk sampai semuanya larut.

Kemudian, masukkan daging yang akan diolah ke dalam campuran tersebut. Diamkan beberapa menit.

Advertisement

Kalau misalnya nggak ada brown sugar, kamu bisa menggunakan seduhan teh yang pekat saja, kok.

2. Menghilangkan bau tidak sedap

Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Menghilangkan Bau Tidak Sedap via https://pixabay.com

Bau yang tidak sedap memang sangat mengganggu, apalagi untuk kamu yang mempunyai indera penciuman yang sensitif.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan teh untuk menghilangkangkan bau-bau tidak sedap yang mengganggu di berbagai tempat.

Contohnya saja, untuk mengurangi bau kulkas yang berasal dari makanan yang disimpan, kamu bisa meletakkan kantong-kantong teh di setiap sudut raknya.

Selain itu, kamu juga bisa mengilangkan bau apek pada karpetmu dengan cara menaburkan bubuk teh di atasnya.

Setelah kira-kira10 menit, kamu bisa menyedotnya dengan vacuum cleaner.

Tak hanya itu saja, teh juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak enak pada sepatumu, lho.

Cara gampang banget, tinggal ambil satu kantong teh celup lalu masukkan ke ujung sepatu dan diamkan selama semalam. Keesokan harinya, pasti bau pada sepatumu akan hilang.

3. Membersihkan cermin dan jendela

Membersihkan Kaca

Membersihkan Kaca via https://www.posbagus.com

Apakah kamu termasuk orang yang suka bercermin? Kalau iya, mungkin kamu akan merasa kesal saat cermin yang akan digunakan kotor, bukan?

Apalagi ternyata cairan pembersih kaca yang biasa kamu gunakan habis dan kamu terlalu malas kelaur untuk membelinya.

Nah, kamu nggak usah repot-repot lagi keluar untuk membeli cairan pembersih karena kamu bisa menggunakan teh untuk membersihkan cerminmu.

Mau tahu bagaimana caranya? Pertama-tama seduh satu atau dua kantong teh celup, tunggu hingga dingin. Kemudian, masukkan ke dalam spray bottle.

Setelah itu, semprotkan cairan ke cermin lalu gosok menggunakan kain. Mudah banget caranya, kan?

4. Digunakan sebagai bahan pewarna

Bahan Pewarna

Bahan Pewarna via https://kulonprogo.sorot.co

Untuk kamu yang berjiwa kreatif dan suka melakukan DIY membuat barang-barang, ternyata teh juga bisa berguna, lho.

Salah satunya adalah menggunakannya sebagai pewarna. Eits, bukan untuk pewarna makanan ya, melainkan pewarna kain.

Nantinya, warna yang dihasilkan adalah merah kecoklatan yang berasal dari zat teaflavin.

Caranya pun mudah, kok. Pertama, kamu harus melakukan proses ekstraksi yaitu dengan merebus ampas teh hingga volumenya tersisa setengah dari volume awal.

Setelah itu, kamu bisa memulai proses pewarnaan dengan mencelupkan kain ke dalamnya. Untuk hasil yang maksimal, ada baiknya kamu menggunakan kain yang berbahan katun.

Namun, prosesnya belum selesai sampai situ saja. Agar warnanya tidak cepat luntur, kamu harus merendamnya ke dalam larutan yang sudah diberi air tawas. Tawas tersebut berguna sebagai fiksasi atau zat pengunci warna.

5. Digunakan sebagai pupuk tanaman

Pupuk Tanaman

Pupuk Tanaman via https://www.kepogaul.com

Buat kamu yang mempunyai hobi bertanam mungkin perlu mengetahui trik yang satu ini. Apalagi untuk keadaan darurat di mana kamu tidak bisa mendapatkan pupuk kandang untuk tanamanmu dengan cepat, yaitu dengan menggunakan teh.

Cara membuat teh untuk pupuk tidaklah rumit. Kamu cukup meletakkan teh sisa hasil seduhanmu ke dalam pot. Namun, tentu saja harus buka dulu bungkus teh celupnya, ya!

Ampas seduhan teh yang mengandung senyawa Nitrat berguna untuk membantu menyuburkan tanah sehingga akan membuat tanamanmu semakin sehat.

Itulah tadi 5 kegunaan teh selain untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kamu praktikkan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya