Tak hanya anak-anak, bahkan kaum dewasa kebanyakan, film kartun menjadi salah satu tontonan paling populer di abad ini. Buktinya beberapa film kartun seperti Donald Bebek, Mickey si Tikus, hingga Scooby Doo menjadi salah satu tontonan yang melegenda dari zaman ke zaman. Nah, tahukah kamu jika ternyata karakter-karakter yang ada di film kartun tersebut mempunyai usai yang cukup tua.

Hadirnya film kartun memang tak lepas dari tangan gigih Disney lewat karyanya ‘Mickey Mouse’ dan ‘Donald Duck’ yang memang sangat sukses di awal abad 20an. Bahkan hingga hari ini, karakter kartun ini pun masih aktif mengeluarkan beberapa episode-episode terbaiknya.

Nah, pasti kamu nggak nyangka! Berikut adalah beberapa karakter kartun yang ternyata lebih tua dari usiamu…

1. Nggak Seperti Wajahnya yang Imut, Ternyata ‘Felix The Cat’ tuh Sudah Tua Lhoo..

Felix The Cat diciptakan pada tahun 1919

Felix The Cat diciptakan pada tahun 1919 via http://viralnesia.org

Jika kamu kerap nonton episode kartun Felix The Cat pasti kamu nggak nyangka jika karakter ini udah ada sejak era film bisu. Kartun yang diciptakan oleh Pat Sullivan dan Otto Messmer ini tampil pertama kali pada November 1919. Tubuhnya yang hitam dan senyumnya yang tampak riang membuat kartun ini memiliki kesan yang dalam bagi kalangan anak-anak.

2. ‘Bonzo The Dog’, Anjing Unyu-Unyu Ini Sudah Ada Sejak tahun 1922

Karakter ini dikenal juga lewat beberap merchandise

Karakter ini dikenal juga lewat beberap merchandise via http://viralnesia.org

Advertisement

Bonzo The Dog merupakan salah satu buah karya dari seniman Inggris, George Studdy yang lahir sejak tahun 1922. Anjing gemuk berwarna putih, kulit yang kendur, dan mata birunya menjadi khas dari karakter satu ini.

3. Wah Ternyata Mickey Mouse dan Sumpah Pemuda Lahir di Tahun yang Sama

Mickey Mouse merupakan besutan Disney

Mickey Mouse merupakan besutan Disney via http://viralnesia.org

Tahun 1928 menjadi salah satu awal dari Walt Disney dengan sukses menciptakan karakter Mickey Mouse yang kemudian menggemparkan dunia sebagai sahabat bagi anak-anak yang lahir di era perang. Karakter kartun paling populer sepanjanga masa ini juga menjadi ikon utama bagi perusahaan Disney.

4. Sukses Lewat Mickey Mouse, Tahun 1934 Walt Disney Kenalkan Donald Duck

Sejak kepopueran Mickey Mouse, Walt Disney pun Mengeluarkan Donald Duck di Tahun 1934

Sejak kepopueran Mickey Mouse, Walt Disney pun Mengeluarkan Donald Duck di Tahun 1934 via http://kakakdewahelp.com

Kartun besutan Walt Disney Productions ini pertama kali muncul di tahun 1934. Binatang bebek yang memiliki ciri dengan baju pelaut, topi, dan dasi kupu-kupu ini juga menjadi salah satu karakter Disney paling populer. Gaya tuturnya yang susah di mengerti ini justru membuat para penontonnya selalu tersenyum di depan layar kaca ditambah dengan tingkahnya yang kocak.

5. Wahh… Ternyata Tom dan Jerry udah ‘nggak’ akur Sejak Tahun 1940

Tom and Jerry masih populer hingga hari ini

Tom and Jerry masih populer hingga hari ini via http://viralnesia.org

Serial Tom and Jerry menjadi salah satu kartun komedi paling populer hingga saat ini, di mana film ini menampilkan tentang kisah perkelahian antara kucing (Tom) dan tikus (Jerry). Namun, siapa sangka jika kartun ini telah berusia 78 tahun. Ya, besutan William Hanna dan Joseph Barbara ini sudah menciptakan dua karakter saingan ini sejak tahun 1940.

6. Berapa Lama Sih Popeye Mempopulerkan Makan Bayam Biar Sehat dan Kuat?

Popeye yang memiliki kekuatan hebat

Popeye yang memiliki kekuatan hebat via http://viralnesia.org

Masih inget sama Popeye? Udah suka makan bayam? Nah, itulah pesan yang kerap dipopulerkan oleh tokoh kartun Popeye, di mana karakter pelaut ini akan menjadi kuat ketika ia makan bayam. Ya, siapa sangka kartun satu ini udah ada sejak tahun 1919 dengan judul awalnya Olive Oyl yang diciptakan oleh E.C Segar.

Advertisement

Sepuluh tahun kemudian, yaitu pada 1929 Popeye pun pun muncul dan nama kartun itu pun berubah menjadi Popeye hingga saat ini.

7. Scooby-Doo, Di mana Kamu? Anjing Penakut Ini Ternyata Sudah Ada di Tahun 1969

Anjing penakut satu ini menjadi sajian populer anak-anak

Anjing penakut satu ini menjadi sajian populer anak-anak via http://viralnesia.org

Di tahun 1969, Scooby-Doo muncul sebagai seekor Great Dane yang membantu empat remaja yaitu Fred Jones, Daphne Blake, Velma dinkley, dan Norville Shaggy Roger yang setiap episodenya menceritakan tentang pemecahan misteri dengan balutan kisah-kisah supranatural. Namun, meski mengambil tema demikian, Scooby-Doo tetap menjadi tontonan populer anak-anak karena terdapat pula balutan komedi yang kerap muncul dari aksi Shaggy dan Scooby yang menggelikan.

8. Ternyata Bugs Bunny Sudah Lahir Sebelum Indonesia Merdeka, Lho?

Bugs Bunny merupakan karakter kelinci yang sudah muncul sejak 1940

Bugs Bunny merupakan karakter kelinci yang sudah muncul sejak 1940 via http://viralnesia.org

Karakter kartun yang muncul sejak 1940 ini diciptakan oleh Leon Schlesinger, dimana kelinci satu ini dikenal karena kerap mengunyah wortel, serta memiliki kepribadian yang sangat nakal. Wah, nggak nyangka usia Bugs Bunny ternyata lebih tua jika dibandingkan negara kita…hehe… Oya, kira-kira si Bugs Bunny masih nakal ndak ya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya