Nggak Perlu Beli Mahal-mahal, Buat Lilin Dekorasi Sendiri, Yuk! Intip Inspirasinya!

DIY lilin dekorasi untuk di rumah

Sekarang ini, fungsi lilin bukan cuma buat sumber penerangan tambahan kalau mati lampu. Itu udah digantikan sama senter dan lampu portable. Lilin menjelma jadi sebuah dekorasi dengan ukuran, warna, dan wanginya yang beragam sekarang. Popularitas lilin hias bisa dilihat dari lilin yang sekarang jadi barang wajib buat flatlays.  Meskipun begitu, nggak semua orang bisa menjangkau lilin dekorasi ini. Harganya yang relatif mahal benar-benar membuat lilin dekorasi bukan jadi kebutuhan di kamar tidur atau ruang keluarga kalian. Untuk fungsi dekorasi atau pengharum ruangan, masih banyak alternatif lain dari lilin.

Eits! Walaupun begitu, bukan berarti kalian nggak bisa berkreasi dan pakai metode do it yourself (DIY) buat menghadirkan lilin dekorasi atau scented candles di rumah. Sebelum mulai, kalian perlu tahu kalau bentuk, warna, dan aroma lilin dekorasi itu banyak banget jenisnya.

Jangan bingung dulu! Sebelum mulai bikin sendiri, pastikan kalian punya game plan yang solid. Tentukan tiga faktor utama tadi. Mau lilin bentuk yang kayak apa, warna apa, dan apakah ada aromanya atau nggak.

Kalau sudah ditentukan, kalian bisa mulai, deh, bikin lilin dekorasi. Untuk membantu kalian dapat inspirasi, cek beberapa lilin dekorasi buatan sendiri ini, yuk! Siapa tahu ada yang kalian suka dan bisa langsung dipraktikkan segera.

Advertisement

1. Mulai dengan simpel. Kreasikan warna lilin yang bermacam-macam di wadah bening. Biarkan warna lilin jadi daya tarik utama

Sumber: NY Mag

Sumber: NY Mag via https://nymag.com

Saat mau bikin lilin sendiri, kalian bisa mulai dengan kreasi yang paling sederhana, yaitu lilin yang berwarna-warni. Biarkan wadah lilin yang bening bisa menunjukkan variasi warna yang kalian buat. Kalian cuma perlu menyiapkan parafin atau candle wax yang berwarna dan mudah dibeli, kemudian bentuk dalam cetakan sesuai selera.

Kalian bisa buat lilinnya berukuran kecil, sedang, besar, berbentuk kubus atau tabung, panjang, atau pendek, dan masih banyak lagi. Semuanya disesuaikan dengan kreativitas dan suasana yang ingin kalian bangun dengan lilin.

Advertisement

2. Kreativitas tanpa batas. Buat lilin putih tampak menarik dan berkesan dengan mendesain wadah lilin sendiri

Sumber: Family Holiday

Sumber: Family Holiday via https://www.familyholiday.net

Kalau kalian lebih suka lilin warna putih yang klasik, mungkin kreasi yang bisa dilakukan adalah dengan memodifikasi wadah lilin. Wadah lilin ini pun bisa bebas banget sesuai apa yang kalian mau dan pastinya menyesuaikan sama bentuk lilin.

Kalian bisa lukis pakai cat, tambahkan wadah rajutan, bungkus dengan tali rami, diberi cincin bunga, atau ditempel elemen dekoratif seperti stiker. Sama seperti bentuk lilin, yang membatasi wadah lilin ini hanya kalian sendiri.

3. Warna, bentuk, dan wadah lilin saja tidak cukup. Lilin semakin estetik dengan unsur-unsur dekoratif tambahan yang menempel di lilin.

Advertisement
Sumber: Evermine

Sumber: Evermine via https://www.evermine.com

Selain permainan warna lilin dan variasi wadah lilin, kalian juga bisa menambahkan unsur-unsur dekoratif yang jadi bagian dari lilin itu sendiri. Yang paling banyak bisa ditemukan di internet biasanya adalah lilin berisi bunga kering buat suasana yang floral banget.

Lebih lanjut, lilin juga bisa dilapisi pasir warna-warni, manik-manik, sampai batu-batu imitasi supaya tampilannya makin oke dan bisa disesuaikan sama karakter pemiliknya, nih.

4. Ingin bentuk lilin yang beda dari biasanya? Pahat sendiri bentuk lilin sesuai selera supaya lilin nggak cuma berbentuk bulat atau kotak

Sumber: DIYs

Sumber: DIYs via https://www.diys.com

Cara ketiga untuk yang sudah lebih ahli dalam membuat lilin, opsi memahat lilin untuk dibikin bentuk yang menarik juga asyik, lho. Kikis lilin secara perlahan dan hati-hati sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Kalian bisa mulai dengan bentuk-bentuk yang gampang dulu kayak di gambar di atas.

Kalau sudah lebih terbiasa, banyak bentuk-bentuk lain yang lebih unik dan nggak biasa. Misalnya, lilin dengan efek meleleh, berbentuk karakter atau binatang, atau bentuk apapun yang diinginkan.

5. Api mengambang di atas air, memangnya bisa? Buat suasana meja makan seperti bar dengan jenis lilin water candle.

Sumber: The Inscriber Mag

Sumber: The Inscriber Mag via https://theinscribermag.com

Lilin jenis ini biasanya bisa ditemui di bar atau restoran-restoran mewah buat candle light dinner. Ciptakan suasana yang romantis di ruang makan sendiri pakai water candle seperti ini. 

Cara bikinnya juga gampang banget! Supaya sumbu lilin bisa nyala dan mengambang, masukan minyak setelah air dimasukkan ke dalam wadah. Water candle juga bisa dihias dengan bunga kering, buah-buahan kering, atau daun-daunan sebelum diisi air supaya tampilannya lebih menarik lagi. 

Semua bahan-bahan yang udah disebutkan sebelumnya bisa didapatkan dengan harga yang relatif lebih terjangkau daripada beli lilin hias yang sudah jadi. Lilin yang kalian bikin sendiri bisa jadi aksesoris yang mempercantik desain interior di ruangan-ruangan rumah.

Misalnya, ditaruh di kamar di atas nakas sebelah spring bed, di atas meja kerja depan kursi kantor, atau di kamar mandi sebagai pengharum ruangan. Selamat berkreasi!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE