Bulan Puasa sudah pasti identik dengan Shalat Taraweh, Tadarus Al - Quran dan tentunya acara buka puasa. Nah, Buka puasa bersama pasti akan menjadi agenda rutin yang selalu dijadikan sebagai ajang untuk saling berkumpul dan sekalian membatalkan puasa setelah suara adzan magrhib berkumandang.

Tapi sayangnya, dalam buka puasa bersama alias bukber, biasanya yang menjadi pembahasan adalah buka puasa di mana, menunya apa dan kisaran biayanya berapa? Jarang banget yang memikirkan nanti kita shalatnya bagaimana, karena sebagian besar biasanya buka bersama malah lupa shalat.

Setidaknya itulah yang sering terjadi ketika buka puasa bersama yang pernah saya lakukan dan beberapa teman. Dan begitu juga dengan pengunjung lain di mall yang mengadakan buka bersama. Belum percaya!

1. Jangan Pula Buka Puasa Bersamamu Menjadi Momen Maksiat Bersama Karena Kompak Melupakan Allah

Buka Puasa Bersama

Buka Puasa Bersama via http://google.com

Bukan maksud hati untuk menghamiki, karena berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa lokasi tempat berbuka puasa bersama biasanya lebih asyik untuk acara makan dan mengobrolnya. Bahkan tak jarang kita melupakan sholat magrib, Isya bahkan Taraweh.

Klise memang, banyak yang mengelak dengan cara nanti sholat isya dan Tarawehnya di rumah. Toh waktunya masih lama. Tapi bukankah seharusnya buka puasa bersama justru saling mengingatkan untuk meningkatkan iman dan taqwa.

Advertisement

Yang pasti, jangan sampai semuanya malah kompak melupakan Allah, kan bisa jadi buka puasa bersama berubah menjadi maksiat bersama karena lupa akan kewajiban. Seram yaa!

2. Jangan Pula Buka Bersamamu Lebih Mengutamakan Makanannya, Nongkrongnya dan Upload Fotonya

Jangan Hanya Upload Foto Saja

Jangan Hanya Upload Foto Saja via https://google.com

Bukannya mau mengurusi hidup orang lain, apalagi sok agamais dan alim. Memang diri ini bukanlah pemuda hijrah yang sudah bisa melaksanakan semua kewajiban-kewajiban sebagai Muslim yang taat. Hanya saja tak ada salahnya untuk saling mengingatkan dalam kebaikan bukan?


Ya, kuakui setiap tahun. Saya dan teman-teman biasanya buka bersamanya lebih mementingkan tempat yang cozy, makanan yang enak serta instgramble.

Advertisement

Tapi mulai Ramadhan kali ini, berubah yu biar buka puasa bersamanya menjadi lebih bermanfaat.


Kenyataannya, buka puasa bersama lebih condong mementingkan lokasi yang cozy, instagramble dan makanannya yang enak dan good looking supaya bisa di upload di sosial media. Masih mau acara buka puasa bersama begitu saja setiap tahun?

3. Jangan Pula Buka Puasamu Menjadi Agenda Gosip Bersama, Aduh Mulai Unfaedah ya!

Jangan Berubah Jadi Unfaedah

Jangan Berubah Jadi Unfaedah via http://www.anakkos.net

Tak sering juga menemukan obrolan dari meja sebelah setelah buka puasa bersama, bukannya langsung melangsungkan shalat berjamaah tetapi malah mengobrol-ngobrol yang tidak berguna dan bahkan bisa juga malah ajang untuk bergunjing.

Aduh, mulai seram ya. Jika buka puasa bersama yang seharusnya menjadi ajang untuk bersyukur bersama atas nikmat dan ridha yang telah diberikan sang Pencipta malah menjadi agenda menambah dosa. Jadi hati-hati saja ketika mengikuti acara buka puasa bersama.

4. Lebih Baik Buka Puasa Bersama di Masjid Sambil Mendengarkan Tausiah dan Shalat Berjamaah

Buka Puasa Bersama di Masjid

Buka Puasa Bersama di Masjid via https://google.com

Jika kamu takut buka puasa bersamamu menjadi tidak berguna, lebih baik kamu berbuka puasa di masjid. Karena kamu bisa menambah wawasan dan pengetahuan agama dengan tausiah yang diberikan oleh ustadz kemudian dilanjutkan shalat berjamaah.

5. Atau Buka Puasa Bersama Anak Yatim Juga Bisa Menjadi Agenda Rutinmu

Buka Bersama Anak Yatim

Buka Bersama Anak Yatim via http://www.anakkos.net

Jika ingin lebih bermanfaat lagi, kamu bisa berbuka puasa bersama anak yatim. Banyak kok komunitas atau agenda-agenda yang bertebaran yang mengadakan acara buka puasa bersama anak yatim. Kamu bisa menyisihkan sebagian rezeki mu juga untuk mereka.

Jadi buka puasa bersama tahun ini bisa menjadi berfaedah, buka hanya buka puasa yang biasanya kamu lakukan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya