10 Jajanan Jadul yang Semakin Langka! Hmm. Bikin Kangen Masa Kecil

Jajanan Jadul

Buat kamu generasi 90-an, pasti nggak asing lagi, kan, sama beberapa jajanan jadul ini? Jajanan jadul ini sudah mulai sulit ditemui, lho. Sangat sedikit penjual yang masih bertahan untuk menjual jajanan jadul tersebut, lho.

Dijual dengan harga yang sangat murah, jajanan tersebut banyak digemari oleh anak-anak. Namun saat ini jajanan jadul tersebut banyak diburu oleh kaum remaja, lho. Biasanya mereka mencari jajanan jadul tersebut untuk bernostalgia dengan masa kecilnya.

Untuk kamu yang kangen sama jajanan jadul masa kecil, yuk simak sampai akhir. Siapa tahu ada jajanan kesukaan kamu, lho!

Advertisement

1. Mie Gemez

Mie Gemez

Mie Gemez via http://google.com

Dahulu Mie Gemez ini dijual dengan harga yang sangat murah, yaitu berkisar 500 Rupiah. Mie yang cara penyajiannya hanya dengan menuang bumbu serta meremukkan kemasannya, maka mie ini sangat digemari oleh anak-anak karena sangat praktis.

Dalam satu kemasannya kamu akan mendapatkan hadiah gratis berupa komik lipat yang memiliki beragam cerita seru untuk kamu baca, lho.

Advertisement

2. Mie Sakura

Mie Goreng Sakura

Mie Goreng Sakura via http://google.com

Siapa yang nggak tahu Mie Sakura? Mie yang familiar dikalangan anak sekolah ini, biasanya disajikan menggunakan sterofoam dan sumpit yang dibelah dua, lho. 

Mie Sakura ini memiliki rasa lezat yang sangat khas, sehingga siapapun yang memakannya pasti akan langsung bernostalgia dengan masa sekolahnya dulu.

3. Permen Karet Yosan

Advertisement
Permen Karet Yosan

Permen Karet Yosan via http://google.com

Siapa yang berhasil menemukan huruf N dibalik kemasan permen Yosan?

Setiap kemasan permen karet ini berisi tato dan huruf yang harus kamu kumpulkan menjadi huruf Yosan. Bila kamu berhasil mengumpulkannya secara lengkap, maka kamu dapat menukarkan kumpulan huruf tersebut menjadi hadiah yang menarik di warung dekat rumahmu.

Namun katanya, sangat sulit untuk menemukan huruf N. Apakah dulu kamu berhasil dapat huruf N?

4. Permen Payung

Permen Coklat Bentuk Payung

Permen Coklat Bentuk Payung via http://google.com

Sedia payung sebelum hujan!

Eits, payung ini bukan digunakan saat hujan, lho. Payung ini merupakan permen coklat yang bentuknya menyerupai payung. Unik, ya!

Dengan 500 Rupiah, kamu sudah bisa mendapatkan 5 Pcs permen payung ini, lho. Wah, murah banget ya!

5. Permen Rokok

Siapa yang suka merokok sejak kecil? Eits, tapi ini bukan rokok beneran, lho. Ini adalah rokok-rokokan yang berisi bubuk cokelat. Untuk memakannya, kamu harus membuka ujung puntung rokok tersebut, lalu kamu dapat menyedot bubuk coklatnya. 

Banyak anak kecil yang gemar membeli rokok-rokokan ini. Walaupun rasanya sangat lezat, tapi jangan terlalu sering mengkonsumsinya, ya! Karena bubuk cokelat tersebut dapat membuat kamu menjadi batuk bila memakannya terlalu sering.

 

6. Rambut Nenek

Jajanan satu ini dinamakan rambut nenek, karena bentuknya yang kusut menyerupai rambut nenek. Jajanan ini memiliki rasa yang manis, lho. Banyak anak-anak hingga kalangan orang dewasa yang menyukai jajanan ini.

Saat ini, jajanan rambut nenek ini masih sering dijumpai dipinggir jalan. Beberapa pedagang masih setia menjual rambut nenek ini, karena memang peminatnya yang masih banyak. Wah, otw beli nih!

7. Gulali Aneka Bentuk

Photo by @ninditac on Instagram

Photo by @ninditac on Instagram via https://www.instagram.com

Siapa yang dulu suka beli gulali ini?

Memiliki rasa yang manis, biasanya gulali ini memiliki dua warna, yaitu hijau dan merah. Gulali ini dijual dengan berbagai macam bentuk, lho. Bahkan kamu bisa request ke abangnya untuk dibuatkan bentuk yang kamu mau. Misalnya, ada bentuk ayam, kupu-kupu, bunga, dot bayi, mahkota, dan masih banyak lagi.

8. Susu Murni Nasional

Susu Murni Nasional

Susu Murni Nasional via http://twitter.com

Siapa yang baca judulnya dengan nada khasnya?

Memiliki ringtone yang sangat familiar, membuat banyak anak-anak tertarik untuk membelinya. Susu ini memiliki aneka rasa dan dijual dengan harga yang murah dan terjangkau.

Walaupun sudah mulai langka, namun susu ini masih dijual dibeberapa daerah, lho. Ada nggak, didaerahmu?

9. Es Gabus

Es Gabus Warna-warni

Es Gabus Warna-warni via http://twitter.com

Siapa yang tahu jajanan jadul satu ini?

Es berwarna-warni ini sekarang sudah sulit dijumpai, lho. Memiliki bentuk yang unik dan rasa yang lezat, menjadikan es gabus salah satu jajanan yang digemari anak jaman dulu. Biasanya, es ini akan ditambahi topping berupa susu coklat untuk menambah rasa manisnya. Wah, kelihatannya enak, ya!

10. Es Goyang

Es Goyang dengan susu cokelat

Es Goyang dengan susu cokelat via http://google.com

Sesuai dengan namanya, ternyata pembuatan es ini yaitu dengan menggoyangkan gerobaknya, lho. Penjual akan menggoyangkan gerobaknya setelah menuang adonan kedalam cetakannya. Unik, ya!

Es goyang dijual dengan beraneka rasa. Seperti rasa cokelat, vanilla, durian, stoberi, dan lainnya. Kamu juga bisa menambahkan susu cokelat atau topping lainnya. Nah, kalau es goyang kesukaan kamu rasa apa, nih?

 

Itu tadi beberapa jajanan jadul yang bikin kamu flashback, lho. Gimana? Di daerahmu masih ada, nggak, yang jual jajanan jadul tersebut?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

penulis amatiran

CLOSE