Apasih olahraga yang sekaligus bisa bentuk karakter? Emang ada?

Olahraga memanah merupakan salah satu olahraga yang selain menyehatkan tubuh, juga bisa membentuk beberapa karakter pada pemainnya, selain itu ketika mengikuti olahraga memanah kita sekaligus menjalankan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah, Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam.

"Lahwun (yang bermanfaat) itu ada tiga: engkau menjinakkan kudamu, engkau menembak panahmu, engkau bermain-main dengan keluargamu" (HR. Ishaq bin Ibrahim Al Qurrab [Wafat 429 H] dalam Fadhail Ar Ramyi no.13 dari sahabat Abu Darda'', dishahihkan Al Albani dalam shahih Al Jami' 5498)

Sumber: https://muslim.or.id

Nah, mau tau kan apa sih karakter yang bisa dibentuk dari olahraga memanah ini?

1. Tenang

Ketenangan. Kesabaran. Ketika berlatih memanah, seorang pemanah tak buru-buru untuk melepaskan anak panahnya menuju target yang telah ditentukan, mencoba untuk relax, menarik napas dalam, melepaskan ketegangan, termasuk melupakan segala baper hehe.

Membuat diri setenang mungkin dan melepaskan hal yang mengganggu pikiran ini tentunya perlu latihan yang terus-menerus. Ketika telah merasakan ketenangan dan relax, maka pemanah akan siap untuk melepaskan anak panah ke target yang ditentukan, sasaran akan lebih terarah, dan hasilnya dapat digunakan untuk evaluasi latihan berikutnya.

2. Fokus

Advertisement

"Terus fokus, satu titik, hanya itu, titik itu"- Theme Song Asian Games 2018

Nah jadi gagal fokus kan ke lirik Asian Games 2018.
Kalo mau nggak gagal fokus bisa nih ikut salah satu olahraga memanah ini, karena di olahraga memanah kita diajarkan untuk melatih konsentrasi atau tetap fokus pada target dengan meminimalkan gangguan dari sekitar.

Setelah belajar untuk sabar dan tenang dalam membidik sasaran, selanjutnya fokus pada target untuk mencapai titik terbaik. Singkirkan hal-hal yang bisa membuat distract fokus terhadap target, begitu fokus terpusat pada satu titik, maka tubuh akan merespon pada target.

3. Berani

Advertisement

Keberanian. Memanah itu butuh keberanian lho, tidak hanya menghadapi kenyataan saja hehe. Seorang pemanah memerlukan keberanian dan percaya diri untuk menarik busurnya begitu pun ketika melepaskan anak panah dari busur, percaya diri bahwa panah akan menuju target yang tepat.

Jika belum, tentunya perlu latihan terus-menerus dan evaluasi terhadap latihan yang dilakukan. Penuh keyakinan dan tidak ragu. Just be brave!

4. Kemenangan

Semua orang pasti berharap mendapat sebuah kemenangan. Namun, untuk mendapat sebuah kemenangan tentu bukan hal yang mudah, ada perjuangan, kerja keras, tentunya juga competitive untuk melihat sampai mana kemampuan yang telah dimiliki, memperbaiki kesalahan, menjadikannya sebuah pelajaran dan motivasi.

Badan yang lelah, otot pegal, ada usaha ada hasil, terus ikhtiar, dan berdo'a. And sometimes we should be a winner. Sebuah kemenangan juga bukan hanya diukur dari seberapa banyak medali yang dikumpulkan, tapi seberapa keras untuk menjadi terus lebih baik dari sebelumnya.

5. Hubungan Sosial

Ketika mengikuti sebuah latihan memanah tentunya kita akan menemukan teman baru dengan berbagai latar belakang yang berbeda dan juga masing-masing memiliki karakter tersendiri.

Bahkan ketika mengikuti kompetisi, meskipun bertanding dilapangan untuk berlomba-lomba mendapatkan yang terbaik, tetapi diluar itu kita menjalin sebuah relasi, hubungan sosial. Melalui hal ini juga mengajarkan bagaimana berinteraksi dengan pemain lain, menjalin sebuah komunikasi, yaa bisa sharing toko buat beli peralatan panah misalnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya