Musim Grand Slams Beauty Pageant sudah mau dimulai lagi nih, guys. Buat kalian para Pageant Lovers atau PL pastinya sudah tidak sabar untuk menyaksikan kompetisi ajang kecantikan yang diselenggarakan di pelbagai negara nantinya. Para PL tentu sudah tidak asing dengan 6 Grand Slams Beauty Pageant yang sudah bertengger di top list ajang kecantikan dunia, mereka adalah Miss World, Miss Universe, Miss International, Miss Earth, Miss Supranational, dan Miss Grand International. Di mana kompetisinya acap kali menjadi pembicaraan atau trending dikalangan PL bahkan industri-industri kecantikan kenamaan. 

Tapi kalian tahu tidak mahkota yang akan diberikan kepada pemenang ratu kecantikan di setiap ajang tersebut? Setiap ajang kecantikan dunia ini memiliki mahkota-mahkota dengan karakter dan tipe berbeda, guys. Tidak ayal mahkota pemenang ini menjadi memiliki desain, sejarah, dan harga yang luar biasa. Berikut adalah daftar 6 Mahkota Grand Slams Beauty Pageant Dunia:

1. Miss World

blue-crown-miss-world-yang-memiliki-harga-termahal

blue-crown-miss-world-yang-memiliki-harga-termahal via http://theeeshablog.com

Pada daftar pertama kita memiliki ajang kecantikan internasional tertua di dunia yakni Miss World. Ajang kecantikan yang mengedepankan slogan "Beauty With A Purpose" ini memiliki mahkota dengan nilai termahal serta historis yang luar biasa, guys. Dibuat oleh desainer perhiasan ternama asal Inggris, David Morris, membentuk mahkota ikonik satu ini sebagai salah satu mahakaryanya. Melalui permintaan langsung pendiri Miss World Organization (MWO) yakni Eric Morley menginginkan mahkota yang menunjukkan inner beauty ratu dunia dan identitas asal berdirinya MWO.

Advertisement

David pun membentuk mahkota yang terkenal dengan nama The Blue Crown tersebut. Mahkota indah yang terbuat dari rangkaian batu pirus, batu safir, kuarsa, yang diletakkan diatas rangka emas ini terlihat megah dengan warna biru langit dan laut. Dari berbagai informasi harga mahkota ini ditaksir mencapai US$ 4 Juta atau setara dengan Rp 56 Milyar, wow. Tidak main-main karena saking mahalnya, mahkota asli hanya digunakan saat crowning moment saja sedangkan dikala bertugas pemenang mengenakan replika mahkotanya yang berkisar US$ 750.000, guys.

2. Miss Universe

phoenix-mikimoto-crown-simbol-kekuatan-ratu-kecantikan

phoenix-mikimoto-crown-simbol-kekuatan-ratu-kecantikan via https://rappler.com

Ajang kecantikan satu ini selalu berhasil memukau dan menarik perhatian para PL di seluruh penjuru dunia. Bahkan disebut-sebut Miss Universe Organization (MUO) memiliki pamor tertinggi di kalangan Beauty Pageants lain. Mahkota-mahkota yang digunakan para ratu kecantikan dari ajang ini pun tidak kalah glamor, guys. Setelah berpindah kepemilikan lisensi dari Presiden Amerika, Donald Trump, kini MUO di pegang oleh organisasi WME/IMG.

IMG berkeinginan untuk menunjukkan keindahan mahkota yang pernah digunakan sebelumnya sehingga sempat berganti sejumlah tiga kali dalam kurun empat tahun terakhir. Mahkota terbaru milik MUO adalah DIC Crown yang dibuat oleh Diamond International Corporation. Akan tetapi mahkota saat ini yang diberikan kepada ratu kecantikan ajang tersebut adalah Phoenix Mikimoto Crown.

Advertisement

Didesain oleh Tomohiro Yamaji berlisensikan perusahaan Mikimoto Pearl asal Jepang. Mahkota berbentuk ekor Burung Phoenix ini terbuat dari emas murni dengan rincian 500 berlian 30 karat, 120 mutiara laut selatan dan mutiara akouya, mutiara terbaik dunia dari Jepang. Mahkota ini seakan melambangkan status, kekuatan dan kecantikan pemakainya yang mana sesuai slogan MUO yakni Beauty, Brain, and Behavior. Harga Phoenix Mikimoto Crown mencapai US$ 250.000 alias Rp 3,5 miliar, guys.

3. Miss International

mikimoto-crown-asal-jepang-yang-memukau

mikimoto-crown-asal-jepang-yang-memukau via https://missosology.info

Beralih di ajang kecantikan tertua asal benua Asia, Miss International. Ajang kecantikan asal Jepang ini menjadi salah top four biggest beauty slams, guys. Miss International memiliki kualitas pencarian ratu kecantikan yang terkenal untuk mempromosikan world peace, goodwill, and understanding.

Saat ini pemenang Miss International 2017 adalah Kevin Liliana asal Indonesia yang sebelumnya menjadi Putri Indonesia Lingkungan 2017. Mahkota milik Miss International pun bernama Mikimoto Crown, sama seperti milik MUO tetapi berbeda desain, yang dirancang perusahaan Mikimoto Pearl yang juga dari Jepang. Mahkota yang memiliki warna identik merah dengan bulu putih halus di bagian bawah ini terbuat dari emas, perak, dan mutiara-mutiara terbaik dunia, guys. Harga mahkota ikonik ini juga tidak kalah bersaing yakni seharga US$ 500.000 atau sekitar Rp 9 miliar.

4. Miss Earth

miss-earth-quake-bertaburan-batu-mulia-penjuru-dunia

miss-earth-quake-bertaburan-batu-mulia-penjuru-dunia via http://www.missearth.tv

Bagi kalian para environmentalist alias pecinta lingkungan dan aktivis alam setidaknya perlu tahu mahkota satu ini, Miss Earth. Beauty Pageant asal negara Filipina ini menjadi salah satu ajang paling kontroversial diantara para PL dan industri kecantikan, guys. Memiliki tujuan untuk mempromosikan environmental awareness, digadang-gadang sebagai ajang kecantikan teraktif bagi si pemenang, konon Miss Earth telah bekerja sama dengan Greenpeace dan World Wildlife Foundation (WWF) dalam kompetisi dan kegiatannya.

Mahkota Miss Earth sesuai namanya memiliki unsur kebumian, dibuat oleh aktivis lingkungan dan perancang perhiasan, Ramona Haar yang mana rangka mahkota terbuat dari emas murni 14 karat dan Sterling Argentum Silver. Dihiasi dengan taburan batu mulia dari penjuru 80 negara peserta ajang kecantikan ini yang terdiri atas berlian hitam, sardonyx, kalsit, ruby, kristal kuarsa giok, garnet, peridot, dan mutiara. Untuk harga sendiri mahkota ini bertengger di kisaran US$ 150.000 atau sekitar Rp 2,1 miliar saja.

5. Miss Supranational

miss-supranational-crown-mirip-blue-crown

miss-supranational-crown-mirip-blue-crown via https://3.bp.blogspot.com

Sebagai salah satu ajang kecantikan dunia yang tergolong baru, di mana berdiri pada tahun 2009, kini Miss Supranational menjadi ajang yang diperhitungkan dengan peserta sebanyak 80 negara di tahun lalu. Miss Supranational yang berkantor pusat di Panama memiliki semboyan yang diemban para ratu kecantikannya yakni glamour, fashion, and natural beauty.

Tidak salah bila ajang kecantikan ini memiliki gelaran yang serba glamor saat malam puncaknya. Mahkota Miss Supranational sendiri dirancang oleh perancang berkebangsaan Venezuela, George Wittels, dengan komposisi perak, kristal, berlian swarovski, dengan center berbentuk bunga terbuat dari batu safir. Mahkota ini pun sempat ditaksir mencapai US$ 300.000 atau setara dengan Rp 5,2 miliar, guys.

6. Miss Grand International

The-Golden-Crown-Miss-Grand-International-MGI

The-Golden-Crown-Miss-Grand-International-MGI via http://www.missgrandinternational.com

Miss Grand International alias MGI adalah ajang kecantikan top dunia yang termuda, diselenggarakan pertama kali di tahun 2013. MGI memiliki slogan "Stop The War and Violence" di mana bertujuan untuk memilih para ratu kecantikan yang akan menjadi ambassador serta advokasi dalam penghentian peperangan dan kekerasan di dunia.

Ajang kecantikan dunia asal Thailand yang diprarkasai oleh Nawat Itsaragrisil ini menjadi salah ajang kecantikan dengan kualitas acara yang tergolong mendunia dan apik. Mahkota MGI sendiri disebut sebagai The Golden Crown yang khusus dirancang oleh Nawat terbuat dari emas murni dengan taburan batu berlian. Bahkan saat ini para pemenang MGI terdahulu diberikan mahkota replika yang berukuran lebih kecil dari aslinya. Mahkota ini memiliki kisaran harga US$ 300.000 atau setara dengan Rp 5,2 miliar mirip dengan mahkota Miss Supranational ya, guys.

Bagaimana? Terlihat megah dan mewah bukan mahkota-mahkota ajang kecantikan top dunia di atas? Tentunya mahkota tersebut diraih dengan penuh usaha dan perjuangan, guys. Tidak hanya mengandalkan penampilan fisik semata, tetapi inner beauty serta kecerdasan juga turut menentukan sang ratu kecantikan yang akan memakai mahkota di atas tadi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya