Di masa lalu, smartphone buatan Cina selalu dipandang sebagai lemah, murah dan mudah rusak. Oleh karena itu banyak orang enggan untuk membeli sebuah smartphone Cina dan lebih suka smartphone yang dibuat oleh vendor terkemuka seperti LG, Samsung atau Apple. Tetapi untuk sekarang stigma tidak benar.

Masalahnya, sekarang dibuat di Cina smartphone memiliki kinerja dan teknologi yang luar biasa. Bahkan beberapa dari mereka yang mampu menggulingkan merek-merek terkenal. Jadi setiap vendor Cina yang berhasil menciptakan produk yang berkualitas untuk menjadi pahlawan pendongkrak prestise smartphone Cina?

1. Xiaomi

Vendor dari Cina oleh Lei Jun didirikan pada tahun 2010. Setelah tujuh tahun bekerja, namanya dikenal ke seluruh dunia. Xiaomi dipelopori oleh beberapa orang-orang yang mengalami putus berafiliasi perusahaan teknologi termasuk Microsoft, Kingsoft, Yahoo, dan Apple.

Sampai sekarang, Xiaomi yang secara konsisten menghasilkan kualitas tinggi smartphone. Pahlawan smartphone beberapa kali ini adalah Xiaomi Mi-6, Mi 5s, dan Xiaomi Mi campuran. Kelas menengah, dan redmi redmi seri catatan juga sulit untuk berhenti. Di Indonesia sendiri, namanya begitu terkenal sehingga muncul hashtag #mendingXiaomi.

2. OPPO

Vendor Cina produsen OPPO smartphone adalah kualitas berikutnya. Didirikan pada tahun 2004, OPPO telah mempekerjakan lebih dari 20 ribu karyawan di Indonesia. Vendor ini merupakan subsidiari BBK elektronik.

Seperti kita ketahui, baru saja OPPO lebih difokuskan pada memberikan kelas menengah smartphone dengan kelebihan di sisi atau kamera belakang selfie kamera. Beberapa produk terbaru OPPO F1, F3 dan OPPO OPPO baru R11 rilis pada bulan Juni.

Advertisement

Baris buatan sendiri Selfie ahli smartphone diduga tidak berhasil mendongkrak popularitas dan prestise dari smartphone Cina OPPO secara keseluruhan. Keberhasilannya dibuat OPPO bertengger sebagai produsen smartphone keempat paling sukses di dunia.

3. ViVo

Pasti ada tidak ada OPPO VIVO. Memang ini dua vendor tidak dapat dipisahkan. Vivo didirikan sejak tahun 2009. Artinya, vendor ini jauh lebih muda daripada saingan, OPPO. Meskipun keduanya bersaing untuk memasok selfie smartphone, sebenarnya mereka berada di perusahaan induk, yaitu Bpk elektronik.

Sukses kapal smartphone Vivo membuat adalah Vivo V5 dan V5 Plus yang terbukti menjual keras kalangan anak muda selfie fanatik. Anehnya, vendor, dipimpin oleh Shen Wei sekarang resmi mensponsori dua akbar tikar, 2018 dan 2022

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya