Pulau Nusa Lembongan merupakan pulau yang memiliki panjang 4.6 km dan lebar 1-1.5 km, berada 11 km di sebelah tenggara Bali yang secara administratif masuk wilayah Kabupaten Klungkung, Bali adalah tempat yang cocok untuk kabur sejenak dari mantan rutintas atau honeymoon. Selain memiliki pantai yang sangat memukau Pulau kecil ini juga merupakan surga para para driver diver dan pecinta snorkling. Nusa Lembongan juga bersebelahan dengan Pulau lainnya seperti Nusa Penida dan Nusa Ceningan.

Meskipun masuk kedalam wilayah Kabupaten Klungkung akes paling mudah untuk sampai ke Pulau Nusa Lembongan adalah berangkat dari Sanur. Lama perjalanan menggunakan fast boat dari Sanur – Nusa Lembongan sekitar 30 menit. Untuk tranportasi selama Nusa Lembongan, saya menggunakan sepeda motor. Begitu kita sampai di Nusa Lembongan (Jungut Batu), banyak yang akan menawarkan sepeda motor sewaan, lakukan tawar menawar saja dengan penyewanya. Nah untuk referensi spot wisata di Nusa Lembongan adalah sebagai berikut :

1. Panorama Point

Panorama Point via http://liburmulu.com

Spot pertama yang saya kunjungi bersama istri adalah Panorama Point atau Bukit Panorama untuk sampai kesini emang menanjak karena Panorama Point ini terletak diatas bukit, patokan untuk sampai ke Panorama Point dari arah pelabuhan kita ambil jalur kanan dan menuju jalan tanjakan nanti telihat banyak tempat duduk yang berjejer itu adalah sebuah cafe dan Panorama Point ini tepat di depan cafe tersebut. Dari sini kita dapat melihat pemandangan hampir keseluruhan Nusa Lembongan bahkan Gunung Agung pun dapat terlihat dari sini.

2. Devil’s Tear

Advertisement

Devil's Tear adalah sebuah tebing yang dimana dari atas sini kita dapat melihat pemandangan bule berbikini ombak laut yang memecah tebing karang. Pokoknya tempat ini istagram-able banget lah tapi inget ya safety first jangan terlalu dekat tebing foto-fotonya entar malah jatuh. Soalnya waktu saya dan istri kesana beberapa hari yang lalu ada yang jatoh (katanya). Dan tentu saja kalo jatoh dari Devil's Tears ini kemungkinan langsung mati.

3. Dream Beach

Lokasinya yang tidak jauh dari Devil's Tear terdapat sebuah pantai berpasir putih bernama Dream Beach, untuk sampai ke Dream Beach lumayan membutuhkan effort yang tinggi. Kenapa? Karena tempatnya yang berada di bawah tebing jadi kita harus menuruni tebing untuk sampai ke Dream Beach. Di atas pantai ini juga terdapat sebuah penginapan yang memiliki infinity pool bernama Dream Beach Nuts. Ombak disini cukup keras jadi paling kita hanya dapat bermain air laut di pinggir pantai saja.

4. Jembatan Kuning

www.travellingaddict.com via https://4.bp.blogspot.com

Jembatan berwarna kuning yang mencolok mata ini adalah satu-satunya jembatan yang menghubungkan 2 pulau yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. menjadi spot keempat yang saya dan istri kunjungi. oh iya jembatan yang di bangun sejak 1994 dan sempat ambruk pada tahun 2013 hanya bisa dilewati sepeda motor saja. dar atas sini kita dapat melihat lalu lalang kapal kayu. Karena waktu saya ke jembatan ini sedang perbaikan jadi saya dan istri bisa bebas berfoto ria di tengah jembatan kalo engga lagi perbaikan bisa-bisa di klakson orang-orang atau mungkin di serempet ibu-ibu bermotor matic.

5. The Deck

Advertisement

The Deck adalah sebuah restoran yang memiliki pemadangan menghadap pantai, asli pemandangan disini bagus pake BANGET. Untuk menemukan tempat ini emang cukup sulit karena menggunakan gugel map saja masih nyasar, sebaiknya menggunakan cara manual dengan cara bertanya pada penduduk sekitar. Terletak di daerah Jungut Batu kita harus menaiki anak tangga dan belok ke kanan untuk sampai ke The Deck. Saran saya sebaiknya kalo kesini sore-sore gitu sambil nunggu matahari terbenam, karena susasananya akan tambah romatis. Harga makanan disini emang lumayan mahal tapi buat pemandangan dan wifi yang kenceng gak ada salahnya dicoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya