Pencahayaan outdoor menjadi hal yang penting pada saat musim gugur dan juga dingin. Pencahayaan yang cukup pada area luar rumah khususnya area masuk akan memudahkan tamu menuju ke rumah anda. Fasad rumah pun perlu diberikan pencahayaan pada eksteriornya sehingga menerangi beberapa area gelap yang dilalui oleh tamu pada malam hari. Pencahayaan pada lanskap di sekitar pepohonan, semak, dan lajur jalan memberikan efek pencahayaan yang menyambut tamu. Akan lebih baik lagi ketika ada pencahayaan yang memberikan petunjuk tamu hingga ke depan pintu masuk rumah anda.

Kebanyakaan pencahayaan lanskap pada area luar membuat lanskap menjadi pusat perhatian, dengan pencahayaan yang tidak terlalu mencolok dan sorot cahaya yang tersembunyi. Beberapa pencahayaan akan terlihat bagus ketika lampu disembunyikan dekat semak ataupun bebatuan sehingga memberikan efek sorot dan bayangan yang cantik. Berikut adalah beberapa efek fitur pecahayaan yang dapat kamu terapkan di lanskap outdoor rumahmu.

1. Shadow Lighting Effect

bayangan cahaya via http://drama16.info

Salah satu cara yang baik dalam penggunaan lampu adalah untuk menyoroti suatu fitur di lanskap untuk memunculkan hal lainnya. Contohnya adalah dengan menyoroti sebuah patung atau tanaman pada lanskap, maka akan menciptakan bayangan yang terpantul pada bagian dindingnya. Dengan menggunakan teknik ini, kita dapat menyorot barisan bunga ataupun tanaman lainnya. Tentunya posisi lampu di setiap sudutnya akan berbeda. Tentunya elemen yang menjadi sorotan haruslah sesuatu yang penting dalam lanskap sehingga menjadi ikon di area luar.

2. Pathway and driveway Lighting

pencahayaan jalur jalan via http://www.etincelle-blog.com

Memberikan pencahayaan mengikuti alur jalan masuk dan keluar dapat menghaluskan tepian jalan dan juga memberikan pencahayaan pada tanaman yang berada di alur jalan. Pencahayaan yang ideal untuk area ini adalah cahaya yang menyebar atau cahaya di bawah yang rendah yang didesain untuk menghadap ke bawah permukaan sehingga mengurangi efek glare. Beberapa tanaman tidak cocok diberikan pencahayaan yang berlebihan sehingga harus diperhatikan pemilihan tanaman dan pencahayaan pada lanskap agar tidak merusak tanaman tersebut. Untuk area jalan parkir kendaraan dpat diletakkan dipinggiran jalan sehingga menunjukkan sebuah rute untuk memarkirkan kendaraan.

3. Lighting step and low wall

pencahayaan anak tangga via http://babaloocafe.net

Advertisement

Anakan tangga dan dindingnya akan sangat cocok jika diberikan pencahayaan. Hal ini akan memberikan keamanan dan juga kenyamanan ketika menaiki tangga. Dengan lampu LED kecil yang dimasukkan ke dindingnya, dapat menerangi anakan tangga. Tentunya tidak keseluruhan anak tangga harus diberi pencahayaan. Perletakkan cahaya setiap dua atau tiga anak tangga tentunya cukup karena lampu tersebut memberikan penerangan yang menyebar.

4. Lighting Water Features

pencahayaan air mancur via https://id.pinterest.com

Meletakkkan pencahayaan di dalam air atau di sekitar kolam akan memberikan kesan hidup bagi elemen tersebut. Seperti halnya memberikan lampu pencahayaan pada bagian air terjun atau air mengalir akan memberikan efek air bercahaya yang mengalir. Pencahayaan pada area ini juga bisa dipadukan dengan cahaya yang berwarma sehingga area ini akan terasa lebih menyenangkan. Tampak seperti sebuah pertunjukkan di area ourdoornya. Air pada malam hari juga dapat berperan seperti cermin yang memantulkan bayangan sehingga ketika area disekitarnya terang maka pepohonan, semak ataupun elemen lainnya di outdoor terpantulkan di kolamnya.

5. Lighting plants and rockery

pencahayaan pada tanaman via http://www.savwi.com

Meletakkan pencahayaan diantara bebatuan akan memberikan bayangan dan bentukan dengan efek yang menarik pada pemandangan malam harinya. Pencahayaan yang digunakan untuk memunculkan efek ini adalah dengan pencahayaan rendah menggunakan LED ataupun pencahayaan yang menyebar dengan cahaya lampu yang menghadap ke bawah permukaan.

6. Lighting deck or patio

deck lighting via https://id.pinterest.com

Advertisement

Pencahayaan pada area deck dan teras tentunya akan melengkapi tampilan luar. Cahaya dapat diposisikan pada lantai, ataupun area elevasi. Untuk tampilan yang klasik, cahaya bisa diletakkan di dalam deck kayu, hal ini juga akan melindungi lampu-lampu tersebut. Tampilannya pun akan terlihat unik dan juga mulus di permukaan. Pencahayaan pada deck tentunya akan menonjolkan tekstur dan kualitas dari kayunya. Menggunakan LED akan sangat ideal karena panas yang dihantarkan kecil dan aman dari jangkauan anak-anak.

7. Hanging Lights

lampu gantung via https://renoguide.com.au

Pencahayaan lampu gantung juga salah satu cara unik untuk memberikan penerangan di area outdoor. Lampu dapat digantungkan pada ranting pepohonan, ataupun di bagian atas pagar dan pergola. Lampu gantung banyak dipilih diletakkan pada atap pergola sehingga menciptakan cahaya yang dramatic di jalan masuk dan keluar ataupun di area teras. Selain itu juga memberikan efek bintang mengkilap pada malam hari.

8. Wall mounted Lights

pencahayaan dinding eksterior via http://www.exteriorlightsuk.co.uk

Lampu yang terpasang pada dinding akan memiliki beragam efek tergantung pada distribusi cahaya yang dikeluarkan. Cahaya pada dinding dapat digunakan untuk memberikan pencerahan pada area masuk dan membuat rumah menyajikan pencahayaan yang hangat untuk menyambut tamu yang hadir. Lampu spotlight dapat digunakan pada dinding dan dapat dipasang menghadap ke atas ataupun ke bawah yang tentunya memberikan efek yang berbeda. Pencahayaan dinding yang dekoratif juga dapat digunakan pada area balkon untuk memberikan kesan ketinggian pada rumah.

sumber: www.furnizing.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya