Tidak ada yang membatasi kreatifitas dan ide-ide dari para mahasiswa. Berbagai masalah baik yang sering ditemui sehari-hari atau yang lebih kompleks seolah menjadi sebuah tantangan untuk dipecahkan. Berbekal niat dan ilmu, mahasiswa-mahasiswa dari UNY ini berhasil membuat temuan-temuan keren yang tentunya bermanfaat bagi banyak orang.

Apa saja sih penemuan keren mereka?

1. Lemari Ajaib, Goodbye Setrika Lama

Tired Housewife After Ironing Clothes

Tired Housewife After Ironing Clothes via https://depositphotos.com

Capek harus menyetrika banyak pakaian? Tidak punya banyak waktu? Tenang!

Lima mahasiswa UNY berhasil menemukan lemari yang memungkinkan kita untuk merapikan pakaian dengan mudah. Cukup memasukkan pakaian kusut, lalu voila! Rapi seketika! Lemari ini bernama Hosward, kependekan dari Hot Steam Wardrobe. Dalam waktu satu menit, lemari ini bisa merapikan tujuh pakaian, lho. Hemat waktu, ya!

2. Alat Terapi Otot dan Sendi Pasien Stroke

Advertisement

Stroke tentunya menjadi penyakit mengerikan bagi semua orang. Badan menjadi sulit untuk digerakkan dan pemulihannya memakan waktu.

Setelah seseorang sembuh dari stroke, diperlukan terapi khusus untuk mengembalikan fungsi-fungsi otot. Hal itulah yang menjadi inspirasi empat mahasiswa UNY untuk membuat alat fisioterapi guna memulihkan syaraf dan mengembalikan fungsi gerak otot. Setelah menggunakan alat bantu terapi ini, pasien pasca stroke diharapkan dapat kembali beraktivitas secara normal.

3. Sepeda Listrik Berbasis Android

Astrobike

Astrobike via https://ft.uny.ac.id

Tidak memiliki sepeda motor menjadi ide awal bagi seorang mahasiswa UNY, Danang Dauh. Ia bersama beberapa temannya berhasil membuat sepeda listrik berbasis android yang dinamai Astrobike. Sepeda masa depan ini tidak perlu dikayuh dan sistem mesinnya dikendalikan dengan handphone Android. Inovatif ya!

4. Bahan Bakar Biodiesel dari Biji Carica

Advertisement

Masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan buah Carica. Oleh-oleh khas Dieng ini sering dibuat manisan. Namun, selama ini buah Carica hanya dikonsumsi dagingnya saja dan bijinya dibuang.

Empat mahasiswa UNY tidak ingin biji Carica yang kaya minyak nabati itu menjadi limbah produksi. Mereka menyulap biji tersebut menjadi bahan bakar biodiesel sebagai energi alternatif. Biodiesel dari Carica ini merupakan inovasi energi yang terbarukan dan ramah lingkungan.

5. Aplikasi Deteksi Erupsi Gunung

Volcano Eruption

Volcano Eruption via https://www.futurity.org

Bencana alam sering datang tiba-tiba. Orang-orang akhirnya banyak menjadi korban karena tidak sempat menyelamatkan diri.

Hal inilah yang mendorong dua mahasiswa UNY untuk membuat aplikasi yang bisa mendeteksi tanda-tanda erupsi gunung berapi. Aplikasi berbasis Android tersebut diberi nama Volcansmart dan dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ini diharapkan dapat mengurangi korban jiwa saat erupsi gunung terjadi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya