Kamu yang udah masuk usia 20'an, coba telisik apa penyebabmu masih dipersulit soal jodoh, yuk!

Banyak yang bilang ketika ingin menikah, maka jalan jodoh pun akan segera terbuka. Tapi ada beberapa orang yang sudah ingin menikah, tapi kok tak kunjung mendapat pasangan. Kalaupun sudah mendapatkan pacar, pasti hubungannya bermasalah dan tak sampai ke jenjang pernikahan. Ada apakah gerangan?

Apakah ini ujian untuk keinginan yang sedang diimpikan? Atau ini adalah pertanda dari Tuhan bahwa ada yang salah dengan keinginan kita? Kalau penasaran kemungkinan penyebab kamu masih single padahal sudah ingin menikah, coba cari tahu lebih lengkap di sini yuk!

1. Merasa Tertekan akan Tuntutan Menikah

Merasa Tertekan akan Tuntutan Menikah

Merasa Tertekan akan Tuntutan Menikah via https://www.cantikbijak.com

Memasuki usia dewasa, apalagi usia sudah pantas menikah, tekanan untuk segera mencari pasangan hidup semakin besar. Melihat teman sebaya, bahkan tetangga yang umurnya di bawahmu telah menikah, orang tua dan keluarga pasti gerah dan semakin gencar mendesakmu untuk segera mendapat pasangan.

Di satu sisi, tekanan untuk segera mencari pasangan ini dapat meningkatkan keinginan kita untuk segera menikah. Tapi di sisi lain, hal itu akan memberi dampak negatif pada diri seperti timbulnya rasa malu, frustasi dan putus asa sehingga akhirnya membatasi pergaulan karena malas ditanya “kapan nikah”.

Advertisement

Kalau begini, kesempatan untuk menemukan pasangan otomatis akan jadi semakin sedikit.

2. Niat Move On karena Mencari Pelampiasan

Niat Move On karena Mencari Pelampiasan

Niat Move On karena Mencari Pelampiasan via https://www.kabarnita.com

Keinginan menikah yang kamu rasakan mungkin hanya keinginan untuk terbebas dari kisah cinta masa lalu yang membuatmu sedih. Beberapa orang berpikir, bahwa orang baru dapat menyingkirkan mantanmu atau gebetan yang selama ini merajai hati.

Cara ini mungkin jitu untuk mengakhiri kesendirian. Tapi, tak menutup kemunginan kamu akan membandingkan-bandingkan pasanganmu yang sekarang dengan yang dulu. Kalau begini adanya, akan sulit untuk meyakinkan diri sendiri untuk segera menikah karena kamu sulit menemukan sosok yang kamu inginkan di dirinya.

3. Sulit Mempercayai Orang Baru

Sulit Mempercayai Orang Baru

Sulit Mempercayai Orang Baru via https://www.kabarnita.com

Advertisement

Ada beberapa orang yang sukar mempercayai orang orang di sekitarnya. Bukan berarti mereka adalah penipu, jadi menganggap orang lain sama jahatnya dengan mereka. Tapi mereka yang sukar menaruh kepercayaan terhadap orang lain biasanya pernah dikecewakan orang yang dipercaya.

Entah itu teman, sahabat, keluarga atau pasangan. Karena tak ingin merasakan sakit serupa, mereka lalu mulai membangun “dinding” pengaman. Kamukah salah satunya?

Kalau jawabannya tidak, coba renungkan dulu bagaimana sikapmu terhadap mereka yang naksir kamu. Kalau kamu semakin menjauhi mereka, jadi lebih tertutup bahkan tambah curigaan, berarti kamu memang punya masalah soal kepercayaan.

4. Terlalu Nyaman Dengan Diri Sendiri

Terlalu Nyaman Dengan Diri Sendiri

Terlalu Nyaman Dengan Diri Sendiri via https://www.cantikbijak.com

Fokus pada diri sendiri tak hanya bisa diartikan dengan narsis. Tapi juga menjadikan kenyamanan diri sebagai ukuran untuk menentukan akan menikah atau tidak. Mungkin kamu punya keinginan untuk menikah. Tapi di sisi lain, kamu juga tak masalah untuk hidup sendiri dulu karena sudah mendapat kehidupan yang nyaman, semisal karir bagus atau gaji yang besar.

Bisa juga karena selama ini kamu tak pernah merasa kekurangan cinta, jadi hidup tanpa pasangan pun tak apa. Perasaan nyaman ini takkan membunuh keinginanmu untuk mengakhiri masa lajang. Namun, ia cukup ampuh untuk memundurkan targetmu dalam menikah.

5. Terlalu Sibuk dengan Rutinitas

Terlalu Sibuk dengan Rutinitas

Terlalu Sibuk dengan Rutinitas via https://www.cantikbijak.com

Problem ini banyak dialami oleh para penggila kerja atau mereka yang memiliki pekerjaan yang menuntut totalitas. Karena terbiasa dengan ritme hidup yang sibuk, mungkin kamu jadi terbiasa dan menikmatinya. Pulang kerja, capek, tidur besoknya berangkat lagi. Begitu terus. Tanpa sadar, bulan sudah berganti tahun dan umurmu juga sudah bertambah.

Mau cari pasangan juga sulit karena jangankan untuk bergaul, untuk mengurus diri pun kadang tak ada waktu. Mungkin ini alasan kenapa kamu belum menemukan “si dia”. Biasanya, orang orang yang super sibuk seperti ini akan mendapat pacar orang sekantor atau yang dekat dengan lingkaran bisnis yang sedang digelutinya.

6. Tipe Orang yang Vokal

Tipe Orang yang Vokal

Tipe Orang yang Vokal via https://unsplash.com

Tak ada yang salah apabila kita memiliki opini dan berani menyuarakannya. Namun, ada beberapa orang yang merasa terintimidasi bila bertemu dengan kaum yang seperti ini, dan hal ini kebanyakan terjadi pada pria.

Wanita yang vokal menyuarakan pendapatnya dianggap bisa membahayakan dominasi mereka sebagai kepala keluarga kelak. Dan sebaliknya, ada beberapa pria yang berani menyuarakan pendapatnya tapi gayanya sangat frontal. Sehingga membuat takut wanita yang mendekatinya.

Kalau situasinya begini, tak usah takut dalam menyampaikan opinimu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengatur gaya komunikasimu agar tak terkesan mengintimidasi.

7. Tuhan Melihatmu Belum Siap Melepas Masa Lajang

Tuhan Melihatmu Belum Siap Melepas Masa Lajang

Tuhan Melihatmu Belum Siap Melepas Masa Lajang via https://www.kabarnita.com

Apakah kamu gampang marah sama orang tua atau saudaramu? Atau kemampuan memasakmu belum jago dan bahkan kamu hanya bisa memasak air? Kalau iya, alasan kenapa kamu masih single padahal sudah ingin menikah mungkin karena Tuhan belum melihat kesiapanmu untuk naik ke pelaminan.

Tuhan itu maha pengasih dan maha mengetahui segala sesuatu, baik yang tersembunyi maupun yang belum terjadi. Mungkin, kalau Tuhan mengabulkan keinginan menikahmu sekarang, kamu jadi tak bahagia.

Karena itu, buat Tuhan yakin bahwa kamu sudah siap menikah dengan cara memperbaiki diri sehingga pantas berpasangan dengan pribadi yang menawan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya