Dari segi teori, menurunkan berat badan memang tidak terlalu rumit alias mudah. Jika kita benar-benar ingin menurunkan berat badan, kita harus makan dalam jumlah sedikit dan bergerak lebih banyak. Tapi sayang, dalam praktiknya tak semudah teori. Banyak wanita yang frustasi karena dirinya sudah merasa membatasi asupan kalori dan lebih giat untuk olahraga, tapi dalam angka timbangan tetap masih sama saja.

Sebenarnya terdapat 7 kesalahan yang tanpa disadari dilakukan oleh mereka yang sedang berusaha menolak lemak dari dalam tubuh. Agar diet kita lancar dan menuai hasil maksimal, hindari beberapa hal berikut.​

1. Terlalu banyak asupan protein

Bagi kamu yang ingin diet memang disarankan untuk mengurangi tingginya protein dan rendahnya karbohidrat. Tetapi, dalam kenyataannya asupan protein yang berlebihan malah akan disimpan dalam tubuh menjadi lemak. Takaran protein yang ideal untuk wanita diet adalah sekitar 45 sampai 60 gram per harinya.

2. Kuantitas sayuran dalam menu makanan yang sedikit

Advertisement

Kita perlu mengonsumsi sayuran kurang lebih 2,5 cangkir penuh per hari untuk mencukupi kebutuhan gizi dan serat pada saat menurunkan berat badan. Jika masih saja merasa keberatan, coba taruh sayuran di dalam makanan kita sehari-hari, misalkan irisan kubis ketika sarapan atau irisan tomat sebagai selipan makanan.

3. Ketika sarapan hanya minum segelas jus

Kebanyakan orang melewatkan sarapan agar berat badan cepat turun. Malahan ada sebagian yang hanya minum jus sebagai pengganti sarapan. Sebenarnya ini tidak keliru, namun kita harus lebih jeli. Kandungan gula sebagai pemanis jus akan meningkatkan kadar gula darah, sehingga insulin akan meningkat dan membuat kita cepat merasa lapar. Coba ganti gula dengan sedikit madu atau ganti sarapan pagi dengan roti sari gandum dan telur yang berkalori rendah, ini akan membuat kita merasa lebih awet kenyang.

4. Kurang melakukan latihan beban otot

Ketika memulai perjalanan penurunan berat badan, kebanyakan wanita hanya melakukan kardio dan menghindari latihan beban karena dikhawatirkan badan kita kurang enak dilihat apabila berotot. Sebenarnya, latihan mengangkat beban ini malah akan membantu mengencangkan tubuh kita dan membuat metabolisme dalam tubuh kita menjadi lebih lancar. Jika berat badan kita turun tapi tetap saja tidak ada perubahan dalam otot, kadang terdapat beberapa bagian tubuh kita yang menggelambir.

5. Sering melakukan olahraga yang sama

Advertisement

Memang berolahraga memiliki pengaruh yang besar dalam perjalanan diet, namun kita juga tidak boleh mengabaikan menu olahraga yang kita lakukan. Karena jika kita melakukan latihan yang sama terus menerus dalam jangka waktu panjang, tubuh kita akan beradaptasi dan efek dari latihan tidak maksimal. Kita juga akan cepat bosan dan cenderung malas untuk latihan. Untuk mencapai hasil yang lebih baik, variasikan jenis, intensitas, dan juga lamanya waktu latihan.​

6. Menggunakan olahraga sebagai alasan nafsu makan lebih banyak

Pada saat setelah olahraga tentu kita merasakan lebih letih dan lelah, apalagi jika kita sedang mengurangi porsi makan. Karena itu, masih banyak juga yang terdorong untuk makan lebih banyak ketika selesai melakukan olahraga yang lebih menguras keringat. Mungkin setelah kita lari pagi, sebaiknya menahan diri dari godaan bubur ayam dan tetap harus konsisten dengan diet yang sedang kita jalankan. Atau, kita dapat mengunyah protein sebelum berolahraga untuk sedikit mengganjal lapar yang akan datang.

7. Kurang tidur

Tidur yang tampaknya sepele ini dapat mengganggu perjalanan kita menurunkan berat badan. Hormon yang mempengaruhi nafsu makan dan rasa lapar sangat bergantung oleh banyaknya waktu tidur kita. Dengan demikian, kita lebih cenderung makan dalam jumlah banyak bilamana kurang tidur.

Itu tadi 7 tips buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Semangat diet guys….

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya