Orang bilang, memiliki bayi kembar akan menggandakan kebahagiaan orangtuanya. Meskipun tetap saja akan ada hal-hal lain yang juga digandakan, salah satunya adalah mengenai pemilihan nama.

Memilih nama untuk bayi kembar tentunya akan melalui banyak pertimbangan. Tidak hanya penamaan yang mirip, terkadang juga berdasarkan maknanya yang sama, atau bahkan berdasar dari nama orang yang sudah terkenal. Salah satunya bisa dari mitologi yang terkenal.

Dalam beberapa mitologi, ada beberapa nama tokoh yang rupanya diceritakan terlahir kembar. Dan nama tokoh- tokoh itu bisa kamu gunakan sebagai nama bayi kembarmu. Di bawah ini ada beberapa yang bisa kamu gunakan! Cek artikel ini sekarang, yuk!

1. Apollo dan Artemis

Apollo dan Artemis

Apollo dan Artemis via https://cdn.pixabay.com

Apollo dan Artemis merupakan dewa dan dewi anak dari Zeus si dewa petir dengan Leto. Kedua nama ini dikenal baik dari mitologi Yunani dan Romawi.

Diceritakan bahwa Apollo merupakan dewa cahaya, musik, pemanah, pengobatan, matahari, dan penyair. Ia diceritakan selalu membawa busur dan anak panah yang terbuat dari emas. Ia juga seorang pemimpin bagi para Muse (dewi musik dan nyanyian), sampai Apollo dihadiahi alat musik lira dari Hermes.

Advertisement

Sementara Artemis merupakan dewi perburuan, alam liar, hewan liar, perawan, dan perbukitan. Ia diceritakan sebagai dewi yang menghalau penyakit pada perempuan dan menolong dalam proses kelahiran. Seperti halnya Apollo, ia juga diceritakan membawa busur dan anak emas yang terbuat dari emas.

Secara etimologi, nama Apollo berdasar dari ἀπόλυσις (apolisis) yang artinya menebus, ἀπόλουσις (apolousis) bermakna pemurnian, dan ἁπλοῦν (aploun) yang artinya sederhana. Sementara Artemis berasal dari ἀρτεμής (artemes) yang berarti aman atau ἄρταμος (artamos) yang bermakna penjaga. Cocok sekali digunakan untuk nama putra putri Anda.

2. Romulus dan Remus

Romulus dan Remus

Romulus dan Remus via https://cdn.pixabay.com

Dalam mitologi Romawi, ada dua nama yang sangat dikenal sebagai pendiri kota Roma. Romulus dan Remus merupakan putra kembar dari seorang Perawan Vesta bernama Rhea Silvia dengan Dewa Mars.

Advertisement

Menurut legenda, mereka berdua tumbuh besar hingga remaja dengan dipelihara oleh seekor serigala betina. Hingga akhirnya mereka diadopsi oleh seorang penggembala bernama Faustulus.

Meskipun sempat terjadi perselisihan antara keduanya, Tapi ketika mereka berdua bersatu, Remus dan Romulus sanggup menjatuhkan tahta Amulius dan membangun kota Roma.

3. Freyja dan Freyr

Freyja dan Freyr

Freyja dan Freyr via https://www.tentangnama.com

Jika ingin menggunakan penamaan yang memiliki arti Tuan dan Nyonya, Anda bisa menggunakan penamaan yang berasal dari mitologi Nordik. Mereka merupakan putra dan putri dari dewa laut Njörðr.

Freyr merupakan dewa yang banyak diasosiasikan sebagai dewa kerajaam keikhlasan, dan kemakmuran. Ia diceritakan sering kali mengendarai babi hutan buatan bernama Gullinbursti, dan mermiliki kapal bernama Skíðblaðnir. Kapal tersebut kabarnya selalu mendapatkan angin yang menguntungkan.

Sementara Freyja adalah dewi yang berasosiasi dengan cinta, kecantikan, kersuburan, emas, perang, dan kematian. Ia digambarkan sebagai pemilik dari kalung Brísingamen, mengendarai kereta kuda yang ditarik oleh dua kucing, didampingi babi hutan Hildisvini, dan memiliki jubah bulu elang.

4. Helen dan Clytemnestra

Helen dan Clytemnestra

Helen dan Clytemnestra via https://cdn.pixabay.com

Kalau Anda memiliki anak kembar perempuan, penggunaan nama ini cocok sekali digunakan. Berasal dari mitologi Yunani, Helen dan Clytemnestra yang bisa juga disebut sebagai Helena dan Klitaimnestra, merupakan putri kembar dari Zeus dan Leda.

Helen atau Helena dikenal sebagai wanita tercantik di dunia bahkan diinginkan oleh banyak raja di Yunani. Namun pada akhirnya, ia justru menikah dengan Mneleaos dari Sparta. Paris, seorang pangeran Troya, kemudian justru menculik Helena dari Sparta. Hal inilah yang kemudian memicu terjadinya perang Troya. Setelah Troya hancur, Helene kembali ke Sparta bersama Suaminya.

Sementara Clytemnestra, meskipun namanya tidak terlalu dikenal, namun merupakan seseorang yang dikenal sebagai sosok wanita yang tunduk dan patuh, namun juga bisa kejam dan memanipulasi. Dengan kecerdasannya, Clytemnestra dikenal sanggup membunuh suaminya sendiri akibat dikhianati. Hingga akhirnya ialah yang menjadi penguasa Mikenai.

5. Nakula dan Sadewa

Nakula dan Sadewa

Nakula dan Sadewa via https://www.posbunda.com

Anda pasti sudah tidak asing dengan nama Nakula dan Sadewa. Kedua nama ini merupakan tokoh protagonis dalam wiracarita Mahabharata. Mereka merupakan putra Madri dan Pandu.

Nakula diceritakan sebagai sosok yang sangat tampan dan sangat eloknya. Bahkan berdasarkan Drupadi, Nakula adalah suami paling tampan di dunia. Tidak hanya tampan, ia disebutkan memiliki kemampuan khusus dalam merawat kuda dan astrologi.

Sementara Sadewa disebutkan memiliki kepandaian yang luar biasa bahkan melebihi saudara kembarnya, Nakula. Dalam hal perbintangan atau astronomi, kepandaian Sadewa jauh di atas murid-murid Drona yang lain.

Selain itu, ia juga pandai dalam hal berternak sapi. Sehingga ketika para Pandawa menjalani hukuman menyamar selama setahun di Kerajaan Matsya akibat kalah bermain dadu melawan Kurawa,

Sadewa pun memilih peran sebagai seorang penggembala sapi bernama Tantripala.
Meskipun paling muda, Sadewa disebutkan merupakan Pandawa yang paling bijaksana. Bahkan Yudistira sendiri menyebutkan kalau Sadewa jauh lebih bijaksana darupada Wrehaspati, guru pada dewa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya