Ada sebagian orang yang mungkin sudah jengah melihat masifnya vendor smartphone luar negeri yang sekarang ini sedang gencar-gencarnya menginvasi pasar smartphone Indonesia. Termasuk saya. Yang dipertimbangkan generasi milenial zaman now ketika akan membeli smartphone baru, bisa saja karena spesifikasi yang menggoda, harga yang murah meriah, atau karena melihat banyak orang yang menggunakannya.

Jarang ada yang pernah tahu bahwa vendor ponsel dan smartphone lokal ternyata pernah berjaya di Indonesia. Advan, contohnya. Sebelum ponsel bertipe 'smartphone' terkenal seperti sekarang ini, handphone bermerk Advan sudah cukup dikenal dan kerap dipilih oleh banyak kalangan karena harganya yang bersahabat.

Dan tiba ketika tren smartphone berbasis Android OS mulai menanjak, Advan seakan tak mau kalah dan selalu mengeluarkan tipe-tipe smartphone dengan spesifikasi mumpuni. Salah seorang teman SMA saya adalah seorang Advania, sangat jarang mengeluh karena performa ponselnya. Karena spesifikasi dan build quality yang ditawarkan sudah sangat cukup, dan harganya juga pas di kantong anak SMA.

Sekarang sudah tahun 2018, dan tren Smartphone sudah banyak berkembang. Ini adalah tahunnya ponsel dengan konsep layar FullView alias panel layar yang besar dengan bezel yang tipis, sehingga menawarkan pengalaman multimedia yang memuaskan. Lagi-lagi, vendor smartphone luar negeri mendominasi pasar Indonesia dengan menawarkan banyak pilihan ponsel berkonsep FullView, dilengkapi juga dengan spesifikasinya yang beragam.

Apa kabar Advan? Brand lokal asli Indonesia ini turut meramaikan tren smartphone berkonsep FullView dengan diluncurkannya #Advani6 yang resmi rilis pada awal tahun 2018 kemarin. Menurut saya, Advan i6 adalah smartphone berkonsep FullView Display dari vendor lokal terbaik saat ini. Tak lupa juga dengan sederet fitur-fitur terbarunya. Penasaran apa saja keunggulan Advan i6 ini? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Panel Layar FullView Display yang Memanjakan Mata

Layar FullView Advan i6

Layar FullView Advan i6 via https://bit.ly

Advan i6 sudah memiliki segala kriteria smartphone multimedia yang banyak digandrungi pecinta Smartphone dan Advania saat ini. Karena inilah kekuatan sesungguhnya yang sangat diandalkan dari #Advani6. Dengan dilengkapi panel layar IPS LCD berukuran 5.5" yang sudah berkualitas HD+ (720x1440px), layarnya juga mendukung teknologi 2.5D Glass yang melengkung dengan elegan.

Dan yang paling spesialnya adalah Teknologi FullView Display pada Advan i6 yang memiliki aspek rasio layar 18:9, yang pastinya bakal memanjakan penggunanya dengan tampilan lebih luas dan jernih. Sehingga smartphone ini sangat tepat untuk kamu pecinta multimedia yang pengen punya smartphone berlayar lebar untuk menikmati film-film dan video musik favorit dengan puas.

Advertisement

Ditambah lagi, seperti yang kita tahu, teknologi FullView yang memiliki bezel tipis bakal membuat dimensi ponsel lebih nyaman digenggam, sekalipun memiliki ukuran panel layar yang cukup besar. Advan i6 dirancang dengan begitu presisi, untuk menawarkan sensasi menonton film dan bermain games lebih puas tanpa harus membeli smartphone mahal. Udah gak sabar pengen beli Advan i6? Sabar. Simak terus ulasannya!

2. Dapur Pacu yang Performanya Tidak Boleh Diremehkan!

dapur pacu yang tidak boleh diremehkan Advan i6

dapur pacu yang tidak boleh diremehkan Advan i6 via https://bit.ly

Buat kalian yang sensitif sekali dan menganggap remeh ponsel-ponsel berchipset MediaTek, mending minggat aja dah. Bercanda, jangan marah gitu, hehe. Nah, justru saya bakal mengajak kalian untuk samasekali tidak meremehkan dapur pacu yang dimiliki oleh Advan i6 ini. Karena walaupun spesifikasinya sesederhana itu, tapi Advan i6 tetap bakal nyaman dipakai sehari-hari.

Advan i6 dipersenjatai Chipset Quadcore Cortex-A53 berinti empat MediaTek MT6737 yang memiliki kecepatan clockspeed berkisar 1 hingga 1.4GHz. Sedangkan untuk hardware pengolah grafisnya, Advan menanamkan GPU Mali T720MP2 yang mampu memproses grafis yang cukup baik ketika sedang bermain game ringan dan sedang. Bicara soal processor, MediaTek MT6737 sejatinya adalah prosesor jadul, namun tetap memiliki kinerja yang baik dan dapat diandalkan dalam melakukan multi-tasking atau menjalankan aplikasi-aplikasi sedang hingga berat.

Advertisement

Sedangkan untuk bagian memory, Advan i6 memiliki kapasitas sebesar 2GB untuk RAM, dan sebesar 16GB untuk ROM. Ukuran memory yang bisa dikatakan cukup baik dan layak untuk dijadikan daily driver sehari-hari. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan sebesar 16GB, tentu cukup bermanfaat untuk menyimpan file-file penting dan film-film kesukaanmu. Kalau dirasa masih kurang, kapasitas penyimpanannya masih bisa diperluas melalui slot Micro-SD.

Untuk sistem operasinya sendiri, Advan menggunakan OS asli buatan sendiri yakni IDOS v7.32 yang berjalan diatas sistem operasi Android Nougat 7.0. Namun dengan adanya IDOS, tampilan dari Advan i6 kini lebih responsif dan intuitif, serta bisa dikustomisasi sesuai keinginan penggunanya. Kinerja IDOS pun terbukti lebih ringan, simpel, dan tidak terlalu memakan banyak memori untuk menjalankan sistem operasi.

Advan i6 sungguh-sungguh tidak boleh diremehkan ya, Advania. Tak hanya untuk pecinta multimedia, Advan i6 juga dirancang sesuai dengan kegemaran generasi milenial jaman now yakni memainkan game berbasis MOBA atau Survival, Dijamin, game-game diatas bakal dijalankan dengan mulus tanpa masalah yang cukup berarti di Advan i6 ini.

3. Kamera Menakjubkan yang Bikin Ketagihan

kamera selfie advan yang selalu bikin ketagihan

kamera selfie advan yang selalu bikin ketagihan via https://bit.ly

Sektor kamera dari Advan i6 juga tak kalah hebat. Kali ini, Advan i6 cocok juga untuk kamu yang gemar berselfie atau wefie bareng teman. Karena Advan i6 dilengkapi dengan lensa Front Camera sebesar 5MP, dengan bukaan aperture f2.2 dan spesialnya menggunakan sensor CMOS buatan Samsung yang bakal menyajikan hasil foto selfie yang lebih fokus, tajam dan jelas.

Selain itu, pada kamera depannya juga punya fitur Portrait Mode, Beauty Algorithm, Face AE Technology dan Automatic Face Recognition yang mampu mengenali gender dan umur objek yang sedang difoto untuk hasil selfie yang sesuai dengan karakternya.

Beralih ke Rear Camera alias kamera belakangnya, Advan i6 mempunyai lensa beresolusi 13MP dengan bukaan aperture f2.0 yang menawarkan hasil foto yang lebih maksimal. Nah untuk kamu yang berbakat jadi fotografer, Advan i6 bisa kamu andalkan sebelum kamu menabung buat beli kamera yang lebih mahal. Karena Advan i6 punya fitur bernama PRO Camera, yang memungkinkan penggunanya bisa mengatur white balance, ISO, exposure, saturation, contrast dan brightness untuk hasil foto yang lebih kreatif.

Dijamin, dengan Advan i6, hobi selfie dan bakat terpendam kamu dalam bidang fotografi akan tersalurkan dengan sempurna, berkat kameranya yang menakjubkan. Jadi, jangan anggap remeh ya sektor kamera di Advan i6!.

4. Smartphone yang Akan Menemani Aktifitasmu Seharian

Baterai 3300 mAh dari Advan i6 yang tahan selama 10 jam

Baterai 3300 mAh dari Advan i6 yang tahan selama 10 jam via https://bit.ly

Sekarang sudah tidak jamannya lagi repot kemana-mana membawa powerbank. Karena dengan #Advani6, kamu bebas bisa beraktifitas selama 8-9 jam untuk pemakaian normal seperti eksis di sosial media, bertukar pesan alias chatting, browsing dan mendengarkan musik. Sedangkan untuk pemakaian sedang dan berat, seperti bermain game atau menonton video dengan resolusi tinggi, Advan i6 masih bisa menemani kegiatan multimediamu selama 4 jam. Sungguh mengasyikkan bukan?

Hanya saja belum ada fitur Fast Charging yang memungkinkan kamu bisa menunggu Advan i6 milikmu penuh dalam waktu lebih singkat. Tapi tidak apa-apa, selama kamu tidak memainkan smartphone sambil mengisi daya, performa baterai dari Advan i6 akan selalu optimal dan mampu menemani aktifitasmu sehari-hari.

5. ADVAN SECURE, Menjaga Perangkatmu Tetap Aman

fitur keamanan yang dioptimalisasi

fitur keamanan yang dioptimalisasi via https://bit.ly

Aman. Satu kata yang bakal jadi istilah familiar ditelinga kita jika kita sudah memiliki Advan i6. Pasalnya, untuk menjaga data-data penggunanya tetap aman, Advan melakukan terobosan yang menurut saya sangat bermanfaat untuk pengguna Advan i6 dan produk Advan selanjutnya. Fitur ini bernama Advan Secure.

Apa itu Advan Secure?

Nah, Advan Secure ini adalah serangkaian program buatan yang fungsinya dirancang khusus untuk menjaga keamanan perangkat. Contohnya, seperti Super Applock, pengunci aplikasi yang menurutmu berisi data-data sensitif hingga tidak boleh diakses oleh orang lain. Fitur ini juga bakal memberikan live report intruder ke emailmu, setiap kali ada orang yang berusaha menerobos keamanan dengan pola atau katakunci yang salah.

Selanjutnya ada Anti-Theft Protection. Fitur Anti-Maling ini bakal memberikan proteksi penuh kepada smartphone apabila Advan i6 milikmu jatuh ke tangan yang salah. Nah, untuk Anti-Theft ini banyak fitur dalamannya juga. Seperti Manual Shoot, untuk menciduk foto narsis dari orang yang mencuri ponselmu. Lock Mobile Phone, untuk mengunci smartphone hingga tidak bisa dibuka. Biar sang pencuri kesel dan sebel, jadi ada peluang ponselmu bakal dikembalikan. Walaupun kemungkinannya kembali itu cuma maksimal 1%.

Nah, apabila kamu udah pasrah dan yakin ponselmu tidak bakal dibalikin sama sang pencuri, gunakan saja fitur Destroy Data agar data-data ponselmu dihapus untuk selama-lamanya dan tidak akan khawatir data-data pribadimu disalahgunakan oleh sang pencuri. Semua data-data di dalam ROM akan dihapus, termasuk kenangan-kenangan dan foto-foto kebersamaan bareng mantan.

6. Satu lagi yang Tidak Boleh Dilupakan

spesifikasi lainnya dari advan i6

spesifikasi lainnya dari advan i6 via https://bit.ly

Selain fitur-fitur terbaru yang sejatinya lebih diunggulkan dari Advan i6 ini, masih banyak kok fitur terbaru dan menarik yang perlu diulas untuk meyakinkan kamu untuk segera meminang Advan i6 ini. Smartphone ini sudah sangat layak digunakan ber-streaming ria atau mengunduh ribuan lagu berkat konektivitas 4G LTE Cat. 4 yang mampu membuat semua aktifitas browsing di internet semakin nyaman dengan kecepatan tinggi. Dilengkapi juga dengan Wi-Fi, Bluetooth, dan USB OTG yang mempermudah transfer file dari flashdisk.

Di bagian dapur sensor sudah cukup mumpuni, karena sudah ada sensor Fingerprint yang tergolong cepat dalam proses buka-kunci, Accelerometer, Proximity yang akan memaksimalkan pengalaman menggunakan smartphone sehari-hari. Sayangnya, belum ada fitur Gyroscope yang memungkinkan kita untuk bermain VR. Tapi saya berpendapat kalau VR hanya hobi sebagian orang, dan tidak termasuk sebagai fitur yang paling penting. Nikmatin apa yang ada saja, bukan?

Penutup

Advan i6 diluncurkan agar masyarakat Indonesia sadar bahwa vendor lokal asli Indonesia juga patut diperhitungkan kiprahnya dalam pasar smartphone dalam negeri. Bukan hanya sebagai pemeriah pasar, namun Advan membuktikannya dengan berhasil masuk ke TOP 3 Best Smartphone di Indonesia pada kuartal kedua dan kuartal ketiga di tahun 2017 lalu.

Suatu hari Advan i6 akan layak disandingkan dengan produk yang setara dari brand luar negeri. Bukan tidak mungkin, sebab build quality dari setiap produk Advan yang makin membaik dari sisi teknologi dan fitur-fitur unggulan. Kualitasnya juga oke dan harga smartphone yang ramah bagi semua kalangan merupakan energi positif dan keunggulan untuk Advan.

Advan i6 sangat saya rekomendasikan untuk kamu, penggiat sosial media yang gemar bersefie ria, bermain game mobile, traveler dan orang-orang yang butuh ponsel sebagai pendamping aktifitas sehari-hari. Karena hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp. 1.4 juta saja, kamu sudah bisa bawa pulang Advan i6 dengan segala keunggulan dan fitur keamanannya.

Dengan desain FullView yang dimilikinya, spesifikasi yang cukup mumpuni, baterainya yang tahan 8 hingga 9 jam pemakaian normal, sektor kamera yang semakin membaik, dan keamanan yang selalu ditingkatkan sebagai bukti bahwa dirilisnya Advan i6 merupakan kemajuan yang sangat pesat oleh Advan. Semoga seterusnya Advan tetap menjadi kebanggaan Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya