Pengin Liburan Tapi Budget Tipis? Simak 5 Tips Traveling Murah Sekaligus Menyenangkan Ini!

5 Tips pergi berlibur dengan budget mepet

Salah satu solusi untuk keluar dari rasa penat dan tekanan dari rutinitas sehari-hari adalah dengan pergi berlibur.

Namun, di saat sudah ada waktu luang, terkadang ada kendala lain yang menghalangi niatmu untuk berlibur, salah satunya adalah budget yang tipis. Hmm kalau sudah begitu bisa jadi kamu berpikiran untuk mengurungkan niatmu untuk bisa pergi bersenang-senang. Eits, jangan buru-buru mengambil keputusan untuk nggak jadi liburan. Simak tips pergi berlibur dengan budget mepet berikut ini, yuk!

 

1. Jangan malas untuk survei tempat wisata yang ingin kamu kunjungi

Cek Tempat Wisata

Cek Tempat Wisata via https://pixabay.com

Advertisement

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah survei tempat liburan yang kamu rencanakan untuk dikunjungi. Dengan melakukan riset, kamu akan mengetahui apakan tempat yang ingin kamu kunjungi kira-kira sesuai dengan ekspektasimu atau tidak.

Kalau cocok, kamu bisa pergi ke sana. Tapi kalau tidak, kamu bisa mencari-cari destinasi lainnya yang kira-kira cocok untuk dikunjungi. Kalau masih bingung mau survei lewat apa, kamu bisa mencari-cari informasinya lewat situs-situs wisata di internet, brosur dari agen travel, atau lewat buku-buku wisata.

Dengan melakukan survei, kamu juga bisa mengetahui berapa kisaran budget yang akan kamu keluarkan selama di sana. 

2. Jangan jadwalkan pergi saat musim liburan

Musim Liburan

Musim Liburan via https://pixabay.com

Biasanya, harga tiket masuk objek wisata dan sewa penginapan akan naik berkali-kali lipat pada saat musim liburan atau high season dibandingkan dengan hari biasa atau low season. Kalau memaksakan pergi pada high season, mustahil kamu bisa berhemat. Untuk itu, usahakan untuk bepergian di hari biasa saja.

Selain berhemat, kamu juga akan mendapatkan keuntungan lain. Salah satunya adalah bisa lebih mengeksplorasi objek wisata dengan leluasa karena tidak banyak orang yang berkunjung.
 

3. Jangan pesan tiket di waktu yang mepet dengan keberangkatan

Advertisement
Pesan Tiket

Pesan Tiket via https://www.pikniek.com

Setelah melakukan survei dan mengagendakan keberangkatan, hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memesan tiket transportasi atau tiket masuk tempat wisata di lokasi kalau memungkinkan untuk dipesan lebih awal.

Untuk tiket transportasi, harga yang dibeli jauh-jauh hari biasanya lebih rendah dibandingkan jika kamu memesannya mepet dengan hari keberangkatan. Kalau kamu ingin memesan tiket pesawat, pesanlah di waktu yang ideal. Karena waktu pemesanan bisa berpengaruh pada harganya.

Biasanya tiket pesawat di-update tiga kali sehari dan harga paling rendah ada pada pagi hari. Sedangkan untuk harinya, kamu bisa reservasi pada hari Selasa atau Rabu. 
 

4. Catat pengeluaranmu selama liburan

Mencatat Pengeluaran

Mencatat Pengeluaran via https://pixabay.com

Untuk menghindari pembengkakan pengeluaran selama liburan, kamu bisa mencatat pengeluaran untuk keperluan liburan mulai dari persiapan hingga liburan usai. Hal ini berguna agar kamu bisa mengendalikan diri untuk tidak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

5. Cari penginapan yang nyaman, bukan yang hanya sekadar mementingkan kemewaha

Jika memutuskan pergi lebih dari sehari dan memutuskan untuk menginap, pilihlah hotel yang sesuai budget dan cukup nyaman untuk beristirahan. Ingat, kamu sedang berhemat. Jadi, pilihlah penginapan yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan mencari yang mewah tapi uangmu pas-pasan.

Kalau kamu terlalu memaksakan, bisa jadi budget-mu hanya habis untuk menyewa penginapan saja, sedangkan untuk keperluan lain, seperti tiket masuk ke tempat wisata, ongkos transportasi, atau biaya makan tidak bisa terpenuhi dengan baik.

Apes-apesnya, kamu malah bisa kehabisan uang selama liburan. Pastinya nggak mau kejadian kaya gini, kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pengemar K-Pop dan K-Drama, apapun kata orang yang penting saya bahagia dan anda tidak terganggu.

CLOSE