Suatu pertanyaan besar yang menggugah sanubari para sejoli di jagad raya mengenai penting atau tidak pentingnya mengunggah foto bersama pasangan di media sosial. Jawaban untuk pertanyaan ini tuh sangat beragam, ada yang menganggapnya penting dan ada pula yang menganggapnya tidak penting. Kalau menurut diri pribadi sih, mengunggah foto bersama pasangan itu sebenarnya nggak terlalu penting selama masih belum berstatus suami dan istri yang sah. Ya karena takut pamali dan malu aja sih kalau nggak jadi. Nah, berikut ini, penulis sengaja mengumpulkan beberapa pendapat dari teman-teman penulis melalui instagram pribadi penulis (@endah.nia10)

1. Tidak penting, yang penting itu cara jaga hubungan

Terpenting adalah hubungan kita

Terpenting adalah hubungan kita via https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net

“Menurutku tidak penting, karena semua tidak dilihat dari berapa sering upload foto tapi bagaimana cara menjaga hubungan ini,”– Avinatara Nabila (@av.n.p)

Advertisement

“Nggak penting karena belum tentu jodoh, kecuali kalau udah sah,”–Ghristianty Veronica (@rantyveronica)

Iya, menurut Nabila (panggilan akrabnya), mengunggah foto bersama pasangan di media sosial itu tidak penting tapi hal yang terpenting itu menjaga hubungan agar tetap harmonis dalam situasi dan kondisi apapun. Percuma juga kalau sering mengunggah foto di dunia maya tapi ujung-ujungnya putus, capek hapusnya. 

2. Penting banget, untuk menghindari gangguan internal dan eksternal

buat menghindari orang ketiga

buat menghindari orang ketiga via https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Pada poin ini ada dua pendapat nih, yaitu:

Advertisement

“Penting biar tidak ada pelakor atau pebinor yang mengganggu,” – Fayrus Abadi (@fayrusabadi)

“Penting mbak, untuk menjaga hubungan dari hal-hal yang tidak diinginkan, satu orang cukup,”- Riowati (@riowati61)

Dua pendapat ini menganggap kalau mengunggah foto bersama di media sosial itu penting, karena menjaga gangguan-gangguan dari pihak ketiga yang ingin merusak. Jadi, ya unggah saja foto bersama pasangan.

3. Penting sih, tapi ya atur intensitasnya

Penting, tapi..

Penting, tapi.. via https://img.antaranews.com

Ada dua pendapat juga nih di poin ini, yaitu :

“Penting, tapi tidak sering,” – Febrian Pandu (@febrianpw)

“Penting tapi 1 kali post aja sih biar nggak terkesan alay, dan kita perlu menjaga hati para jomblo lainnya,”– Ferisa Prasetyaning Utami (@riisa_utami)

Berdasarkan dua pendapat tersebut, bisa kita simpulkan bahwa mengunggah foto bersama pasangan itu ya penting sih tapi kita juga harus memperhatikan intensitas dan jumlahnya. Pernah denger istilah “Hubungan yang sering digembor-gemborkan tidak akan bertahan lama”, nah mungkin hal itu terjadi karena kedua insan manusia yang dimabuk cinta seneng unggah foto dimedia sosial sampai puluhan foto dan video. 

4. Apapun yang terjadi, hubungan itu yang jalani ya dua orang

Kita yang jalani berdua ya

Kita yang jalani berdua ya via https://media.suara.com

“Mending jalani saja ikuti alur, sosial media itu hanya penunjang, tapi yang penting kalian berdua,”- Pujang Putri (@pujangputri)

Pendapat selanjutnya, agak netral nih. Media sosial itu hanya sebagai wadah para insan manusia mengekspresikan kebahagiaannya, termasuk saat manusia dilanda cinta.

5. Bukan masalah unggah foto, tapi bagaimana cara pasangan menghargai kehadiran kita.

Kehadiran kita

Kehadiran kita via https://img.okeinfo.net

“Bukan masalah upload fotonya, tapi menghargai keberadaan lo sebagai pasangan. Dengan bangga memperkenalkan lo kepada dunianya bahwa lo adalah pasangannya,”-Raden Rauf (@radenrauf)

Salah satu pendapat dari salah satu selebgram yang memiliki pengikut 984ribu cukup mewakili diskusi kita kali ini. Bukan masalah unggah foto pasangan di akun media sosial kita, tapi menghargai keberadaan pasangan kita di lingkungannya maupun di lingkungan kita, salah satunya melalui media sosial.

6. Perhatikan foto yang diunggah ke media sosial

Bijaklah bersosial media

Bijaklah bersosial media via http://cdn2.tstatic.net

Ada hal penting yang harus diingat ya, unggah foto di media sosial juga perlu memperhatikan kaidah-kaidah yang berlaku di negara dan di masyarakat kita. Sebab, di negara kita sudah ada yang namanya UU ITE. Jadi bijaklah menggunakan media sosial, jangan sampai unggahanmu menyebabkan kamu terjerat dengan perkara pidana.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya