Pentingnya Memiliki Proteksi Diri dari Serangan Risiko Hidup yang Kapan Saja Bisa Terjadi

 

Tiap-tiap orang memiliki mimpi dan cita-cita yang hendak diraih. Banyak dari mereka demi mencapai cita-citanya bekerja sekeras mungkin dengan harapan kelak ia dan orang-orang terdekatnya akan merasakan hasil dari kesuksesannya. Ia pun kemudian bekerja, menyimpan pendapatnya dan menginvestasikannya di berbagai macam sarana investasi.

Suatu waktu, kondisi finansialnya terguncang akibat kondisinya yang semula baik-baik saja kian memburuk. Keadaan berubah seketika ketika ia sebagai sumber penghasilan, kepala keluarga, maupun pencari nafkah utama tidak mampu lagi bekerja.

Resiko tersebut tidak dapat dihindari maupun tidak dapat diketahui kapan resiko ini akan datang. Lantas, jika kamu punya penghasilan, jangan lupa untuk lebih menyayangi dirimu dengan melakukan tindakan-tindakan preventif seperti, memiliki asuransi jiwa.

 <>1. Mengertilah terlebih dahulu mengapa perlindungan terhadap diri sendiri itu sangat bermanfaat bagimu dan orang terdekat di sekitarmu.
memiliki proteksi sejak dini

memiliki proteksi sejak dini via https://firsttimebuyer.co.uk

Perlindungan atau proteksi terhadap diri sendiri erat kaitannya dengan kesadaran memiliki sebuah asuransi. Sebelum mengadakan perjanjian antara dirimu dengan si perusahaan asuransi, ada baiknya kamu mengerti asuransi apa yang hendak kamu inginkan.

Utamakan kepentingan dirimu di atas harta bendamu, sehingga yang paling baik dilakukan adalah meyisihkan sedikit uang untuk memiliki proteksi pada diri sendiri.

Berikut adalah ilustrasi singkat mengapa dirimu layak untuk mendapatkan perlindungan.

Ada seorang pria kaya yang baru saja membeli mobil baru yang mahal. Seorang pemuda mendatangi pria kaya tersebut sambil tersenyum dan berkata dengan semangat.

Pemuda: “Wah, mobil baru ya, Pak?”

Pria kaya: (dengan bangga menjawab) “Iya, ini mobil ketiga saya, Mas!”

Pemuda: “Diasuransikan, Pak?”

Pria kaya: “Oh, jelas! Ketiga mobil saya, saya asuransikan semuanya!”

Pemuda: (mengangguk-angguk sambil menatap sepatu si pria kaya) “Pak, itu sepatu Bapak mahal, ya? Diasuransikan juga ya, Pak?”

Pria kaya: “Ya, enggaklah! Ini kan murah. Ngapain saya asuransikan sepatu??”

Pemuda: “Oh… Bapak sendiri pakai asuransi jiwa apa?”

Pria kaya: “Belum, lah. Nanti saja, uang saya harus diputar untuk investasi dan bisnis saya.”

Pemuda: “Lah, nyawa Bapak seharga sepatu Bapak, dong???”

Pria kaya: “!@#$%^&*(”

Andaikan pria kaya tersebut mengerti seandainya tiba-tiba saja suatu musibah mengancam kehidupan pria kaya ini, bagaimana keluarganya dapat menanggung seluruh beban biaya yang harus dikeluarkan untuk memulihkan keadaan seperti semula?

Pertama-tama, pria tersebut akan menjual aset-asetnya untuk mengatasi musibah yang terjadi. Andaikan musibah yang terjadi ini menimpa si pria kaya tersebut, ia terkena sakit kritis yang membuatnya kesulitan untuk bekerja.

Ketika menjual seluruh aset yang dimiliki dan pengobatan yang dijalani begitu besar biayanya, mungkinkah ia akan meminjam uang kepada kerabat-kerabatnya? Bisa saja. Lantas, apakah kerabatnya akan meminjamkan uang mereka? Oh, belum tentu. Kerabatnya juga memiliki tanggungan tersendiri.

Baiklah, andaikan lagi kerabatnya sangat baik dan meminjamkan sejumlah uang untuk membantu pengobatannya. Setelah sembuh, apa yang dilakukan pria ini?

Apakah si pria ini akan tetap menikmati hasil kerja kerasnya, atau menikmati simpanan yang dilakukannya sejak dini untuk bisa dinikmati di hari tuanya? Atau apakah ia harus kembali bekerja dari nol untuk memulihkan keadaan finansialnya, membayar hutang-hutangnya, dan menabung kembali?

<>2. Oleh sebab itu, mulailah belajar menghargai jiwa dan ragamu untuk dapat diproteksi selama kamu masih mampu menghasilkan pendapatan.
financially prepared with life insurance

financially prepared with life insurance via https://goodfinancialcents.com

Semua orang tahu bahwa perusahaan asuransi berkaitan dengan resiko kematian dan menjadi penanggung atas masalah penyakit-penyakit kritis yang sedemikian rupa. Dan semua orang tidak suka mendengar musibah. Karenanya, menghindar adalah salah satu jalan untuk menutup telinga dari kalimat-kalimat seputar resiko kehidupan.

Padahal, asuransi sebenarnya adalah salah satu sarana pengendalian resiko secara finansial dan efisien oleh masyarakat dengan mengalihkan atau mentransfer resiko ke perusahaan asuransi. Mereka tidak memaksamu untuk mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sepantasnya untuk membeli produk mereka, melainkan mereka melakukannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finasialmu.

Memproteksi diri tak ada salahnya sebagai antipasi dini karena kamu sesungguhnya sadar bahwa setiap manusia hidup diiringi dengan resiko-resiko yang mengelilingnya. Mulai dari saat terlelap hingga kembali membuka mata, beban resiko atas diri sendiri, keluarga, bahkan seluruh harta benda menjadi penghalang atas impian kesuksesan kamu.

<>3. Lakukan dengan menyisihkan pendapatanmu untuk berinvestasi melalui asuransi jiwa karena ini demi masa depanmu.
pentingnya berinvestasi di tempat yang tepat

pentingnya berinvestasi di tempat yang tepat via https://ahealthiermichigan.org

Semakin dini kamu menyadari pentingnya berinvestasi melalui asuransi jiwa, maka semakin besarlah manfaat yang kamu terima. Kebanyakan orang, memilih untuk menyimpan uangnya di bank. Tidak salah memang. Menyimpan di bank tidak dikatakan buruk, namun ada hal-hal yang dapat diberikan perusahaan asuransi yang mungkin tidak bisa diberikan oleh bank.

Jika kita menginginkan investasi jangka panjang, menabung di bank sebenarnya adalah sebuah kerugian. Perekonomian dunia saat ini tidak begitu baik sehingga sangat dimungkinkan terjadi inflasi yang menyebabkan kenaikan harga. Sementara itu uang tabungan kita memiliki nilai yang sama sebelum ataupun sesudah inflasi, dan hal ini sebenarnya akan sangat merugikan diri sendiri.

Tetapi melalui asuransi, meskipun inflasi dan kenaikan harga terjadi, si pemegang polis asuransi tidak perlu khawatir karena apabila terjadi sesuatu terhadap pemegang polis atau yang tertanggung, maka asuransi jiwa akan siap mengambil alih secara finansial.

Dengan memiliki asuransi jiwa kamu tidak perlu direpotkan lagi dengan urusan-urusan yang berkaitan dengan biaya-biaya yang keluar seandainya tiba-tiba saja mengalami kecelakaan atau musibah lainnya. Asuransi jiwa ternyata juga membuatmu tidak perlu mengutak-atik tabungan atau investasi yang tengah kamu lakukan karena asuransi telah memproteksi dan menjamin semuanya.

<>4. Kenali manfaat lebih tiap-tiap produk asuransi jiwa yang akan kamu pilih sebagai future life saver-mu.
menabung yang tepat menjamin masa depanmu

menabung yang tepat menjamin masa depanmu via https://hdfclife.com

Pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan manfaat yang kamu butuhkan, seperti adanya manfaat pertanggungan kematian, manfaat ganti rugi atas kecelakaan atau terjadinya cacat tetap atau total, manfaat pengobatan dan biaya rawat inap, dan lain sebagainya. Tentunya, untuk dapat memiliki proteksi yang bagus, membutuhkan biaya premi yang cukup besar.

Kamu juga bisa memilih produk asuransi jiwa yang memiliki perpaduan antara proteksi jiwa dengan investasi, sehingga kamu memiliki dua manfaat sekaligus. Dengan memiliki asuransi lebih dini, masa depanmu akan lebih terjamin sekaligus terlindungi dari hal-hal yang kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, dan bagaimana kondisi keuanganmu pada saat itu.

<>5. Karenanya, jika ada sales agen asuransi yang menjelaskan produk asuransinya, jangan buru-buru menolak.
bersikap terbuka untuk masa depan yang lebih baik

bersikap terbuka untuk masa depan yang lebih baik via https://thrive-team.com

Saat ada seorang agen asuransi yang mendatangimu dan menjelaskan produk asuransinya, dengarkan saja dulu. Karena tidak ada salahnya sebab kamu membeli dan menabung untuk dirimu sendiri. Kamu juga memiliki kesempatan masa depan yang lebih baik lagi dan lebih terjamin. Asuransi jiwa selalu merupakan solusi proteksi terbaik bagimu.

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Author of: 1. Magic Box, Gagas Media Publisher, Jakarta. 2. Unexpected Tale, Ellunar Publisher, Bandung.Find me on Wattpad ID: @MosaicRile

CLOSE