Teruntuk Temanku, Aku Percaya Bahwa Perbedaan Tak Akan Memisahkan Pertemanan Kita

Perbedaan dalam pertemanan

Keberadaan teman bisa menjadi keluarga tempat kita berbagi kebahagiaan dan kesedihan. Mungkin kamu sering mendengar kalimat bahwa sikap kita juga bisa bergantung bagaimana sikap lingkungan atau teman kita. Maka tentu kita ingin memiliki teman yang memberikan dampak positif bagi diri kita. 

Ketika teman menjadi keluarga maka ada rasa membutuhkan yang hadir diantara kamu dan temanmu. Tentu kamu menginginkan teman yang bisa hadir dalam suka dan dukamu. Bahkan jika  belum bertemu temanmu atau bercerita rasanya belum lengkap aktifitasmu.

Tidak ada batasan agama, suku maupun ras dalam berteman. Siapapun yang akan kita jadikan teman kembali kepada diri kita sendiri. Untuk kamu yang memiliki teman berbeda agama tentu memiliki pengalaman yang berbeda. Toleransi menjadi hal utama yang kamu jaga dalam menjalin pertemanan. Saling menghargai keyakinan agama masing-masing dan bahkan tak jarang mungkin kamu dan temanmu berbagi ilmu menurut pandangan agama masing-masing. Begitulah indahnya perbedaan.

Advertisement

1. Toleransi menjadi hal utama yang dijaga

Toleransi

Toleransi via https://unsplash.com

Saat menjalin pertemanan kamu dan temanmu yang berbeda agama menjadikan toleransi sebagai hal utama. Temanmu menghargaimu dalam beragama dan begitu juga yang kamu lakukan menghargai temanmu dalam beragama. Bahkan mungkin tak jarang jika di bulan ramadhan temanmu ikut serta berpuasa dengan tidak makan dan minum di depanmu. Kemudian ia pula yang semangat mengingatkanmu untuk bersiap-siap berbuka puasa dan menyiapkan hidangan buka puasa.

2. Menjaga solidaritas

Menjaga solidaritas

Menjaga solidaritas via https://unsplash.com

Ketika ada perbedaan dalam pandangan agama kamu dan temanmu juga bisa membahas sesuai pandangan agama masing-masing dengan saling menjaga solidaritas. Perbedaan ini kamu jadikan pembelajaran bukan menjadi bahan perdebatan.

Advertisement

3. Berbagi pengalaman

Berbagi pengalaman

Berbagi pengalaman via https://unsplash.com

Kamu bisa banyak belajar dari pengalaman temanmu yang berbeda agama. Ia yang berbeda agama denganmu pasti juga memiliki kegiatan yang berbeda maka tak ada salahnya kamu berbagi dan belajar dari pengalamannya. Ketika sudah berbagi pengalaman kamu dan temanmu bisa saling belajar menghargai perbedaan yang ada di antara kalian.

4. Perbedaan tidak menjadi pemisah

Perbedaan tidak menjadi pemisah

Perbedaan tidak menjadi pemisah via https://unsplash.com

Kamu dan temanmu bisa saja memiliki pandangan atau pendapat berbeda mengenai suatu hal baik itu mengenai agama maupun hal lainnya. namun dengan perbedaan yang ada kamu dan temanmu tidak menjadikan perbedaan sebagai pemisah. Kalian semakin belajar mengenai perbedaan melalui kejadian yang kamu dan temanmu alami.

5. Indahnya perbedaan

Indahnya perbedaan

Indahnya perbedaan via https://unsplash.com

Indonesia terdiri dari beragam agama, suku dan ras. Maka bukan tidak mungkin kamu berteman dengan temanmu yang berbeda agama. Maka jangan jadikan perbedaan sebagai pemisah dianatar kalian namun jadikanlah perbedaan sebagai sebuah pengalaman dan pembelajaran. Dan percayalah bahwa perbedaan itu indah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An introvert with one billion dreams

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE