Siapa yang akan menolak kalau diajak pasangan pergi ke tempat-tempat romantis, di UK pula, negeri Ratu Elizabeth yang sering dijadikan latar film bergenre percintaan! Ya, selain karena memiliki empat negara bagian dengan sistem pemerintahan Monarki Konstitusional dan Parlementer, UK juga memiliki pesona yang tak kalah memukau dari negara-negara benua biru lainnya.

Tak hanya memikat hati para penyair dan seniman, daya tarik UK bahkan membuat sebagian besar penduduk di belahan dunia bermimpi ingin berkunjung ke sana. So, percaya atau tidak, 5 tempat di UK ini bisa membuat pasanganmu makin cinta, lho!

1. London

Apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu ketika seseorang menyebutkan nama ‘Inggris’? Yup, London. Ibu kota UK ini memiliki banyak sekali obyek wisata yang siap mengisi agenda liburanmu bersama pasangan. Mulai dari jam menara Big Ben yang sangat ikonik, kemegahan Tower Bridge di atas Sungai Thames, bianglala raksasa London Eye yang bergerak 360 derajat untuk memperlihatkan lanskap kota London dari ketinggian, bangunan-bangunan bersejarah seperti Shakespeare’s Globe Theatre yang akan mengingatkanmu pada lakon Romeo dan Juliet, hingga The Royal Parks yang merupakan hutan di tengah hiruk-pikuk kota yang menjadi hunian nyaman bagi ribuan spesies hewan dan tumbuhan.

Seolah tak pernah bosan menghibur para wisatawannya, London juga memiliki segudang musisi dan seniman jalanan yang layak kamu acungi jempol, guys! Tertarik berkunjung ke sana?

2. Lake District

Lake District

Lake District via https://fabulous100.com

Advertisement

Bosan dengan suasana kota? Lake District adalah alternatifnya! Taman nasional terbesar di Inggris yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia ini memang patut untuk kamu dan pasanganmu kunjungi. Bagaimana tidak, alam liar dengan 19 danau berlatar belakang pegunungan ini mampu menghadirkan perasaan ajaib dan mistik ke dalam diri kamu. Jadi jangan kaget kalau pikiranmu tiba-tiba menyatu dengan alam, ya!

Menteri Seni, Warisan, dan Pariwisata Inggris, John Glen bahkan pernah berkata, “Ini bagian unik dunia yang memadukan masyarakat pertanian yang dinamis, dengan ribuan situs dan struktur arkeologi yang memberi kita gambaran menakjubkan tentang masa lalu kita.” So, tunggu apalagi? Yuk ke Lake District! Di sana juga ada cottage, hotel, dan akomodasi lainnya yang memiliki fasilitas-fasilitas “private”, lho!

3. Yorkshire Dales

Pernah menonton Shaun The Sheep? Itu lho, film kartun yang menceritakan tentang aksi konyol, pintar dan lucu Shaun, si biri-biri pemimpin kawanan ternak milik seorang petani bernama Bitzer. Nah, sekilas, latar tempat dalam film tersebut sangat mirip dengan Yorkshire Dales. Hanya saja, Yorkshire Dales adalah tempat yang nyata yang bisa kamu dan pasanganmu kunjungi, guys!

Advertisement

Terletak di wilayah utara Britania Raya, taman yang ditetapkan pada tahun 1954 ini memiliki luas 1.770 KM persegi dan menjadi taman nasional terluas dari 13 taman nasional di UK. Tak kalah menakjubkan dari Lake District, di Yorkshire Dales, kamu akan disuguhi hamparan perbukitan dan lembah hijau dengan akses jalan khas Inggris yang bisa kamu susuri dengan bersepeda atau berjalan kaki. Selain itu, dari kejauhan, kamu juga akan melihat bangunan-bangunan kuno khas pedesaan serta segerombolan biri-biri, kambing, kuda, dan sapi yang dibiarkan berkeliaran bebas di taman nasional tersebut. Menyenangkan, bukan?

4. Polperro

Polperro Village

Polperro Village via https://flickr.com

Lebih suka panorama pantai daripada panorama pegunungan? Ke Polperro saja! Salah satu desa tercantik yang terletak di wilayah tenggara Cornwall Inggris ini memiliki pantai yang menghampar sejauh 1.010 KM dari arah Dorset ke Somerset. Meski akses jalannya berliku-liku, kamu dan pasanganmu tidak akan menyesal kalau berkunjung ke desa yang notabene masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan ini, guys!

Seperti menonton film romantis, di Polperro, kamu akan menjumpai banyak yacht di pelabuhan dan cottage sederhana yang berdiri kokoh di atas lereng yang mengelilingi pelabuhan kecil tersebut, serta museum perikanan dan penyelundupan yang menyimpan banyak foto menarik dan benda bersejarah. Uniknya, di Polperro tidak ada transportasi darat selain kuda dan gerobak pengangkut susu yang diubah sebagai trem, lho! Membuat penasaran, bukan?

5. Stonehenge

Ingin mencoba destinasi wisata yang berbeda dari biasanya? Pastikan Stonehenge masuk ke dalam agenda perjalananmu bersama pasangan! Bangunan prasejarah yang terletak di kota Salisbury Inggris ini selalu ramai pengunjung terutama di musim panas. Bagi kamu yang pernah membaca komik Asterix, pasti membayangkan Stonehenge adalah batu-batu menhir yang sering digotong oleh tokoh Obelix, bukan? Ya, kenyataannya memang tidak jauh berbeda.

Hanya saja, Stonehenge adalah situs berupa bangunan batu-batu besar yang berdiri tegak dalam posisi melingkar di atas tanah, dan merupakan pusat dari kompleks monumen jaman Neolitik dan Perunggu di Inggris. Menurut perkiraan arkeolog, cagar budaya yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia ini dibangun antara 3000 SM – 2000 SM.

Selain memberimu wawasan, Stonehenge juga akan menyuguhimu pemandangan yang menakjubkan, tepatnya ketika matahari terbit dan tenggelam. Ya, kamu dan pasanganmu bisa menyaksikan kaum Druid, yaitu kaum penganut keyakinan animisme yang sering melaksanakan ritualnya untuk menyambut sunrise dan sunset di sana. Unik sekali, bukan?

Nah, itulah 5 tempat di UK yang bisa membuat pasanganmu makin cinta! Semoga menginspirasi, ya! #AyokeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya