#PerempuanDalamTulisan – 6 Sosok Perempuan Inspiratif yang Membawa Perubahan dan Memiliki Peran Sukses di Berbagai Bidang

Sejatinya perempuan memiliki kekuatan sejati yang mampu membawa banyak perubahan pada dunia. Perempuan mampu berkarya, bersuara, meraih prestasi dan menunjukan potensi yang luar biasa. Perempuan memiliki banyak peran serta pengaruh dalam berbagai aspek kehidupan. Sosok perempuan tidak akan pernah tergantikan. Dari mulai mengandung sampai melahirkan, merawat anak serta mampu bekerja dalam segala hal.

Perempuan mampu menciptakan dunianya dan berkarya di berbagai bidang terlepas dia memiliki peran dan tanggung jawab dalam rumah tangga. Jangan pernah berputus asa, karena sosok perempuan hebat akan selalu ada dalam setiap pribadi perempuan. Jangan pernah ragu untuk menciptakan duniamu dan berkarya. Berikut sosok inspiratif atau Kartini era masa kini, perempuan yang sukses di berbagai bidang dan tentunya bisa kita jadikan contoh agar bangga jadi seorang perempuan.

1. JK Rowling (Penulis Novel, Produser)

Foto oleh Jk Rowling Fan @jkrowling_official via Instagram

Foto oleh Jk Rowling Fan @jkrowling_official via Instagram via https://www.instagram.com

Joanne Rowling atau yang lebih dikenal dengan nama JK Rowling ini adalah seorang penulis novel, produser film dan seorang filantropis. Karya JK Rowling sangat terkenal beberapa diantaranya novel yang diangkat ke layar lebar yaitu Harry Potter Series, dan berhasil sukses meraih penghargaan dengan kedelapan film yang telah rilis. Harry Potter menjadi novel series anak anak terlaris sepanjang sejarah.

Rowling juga aktif menulis dalam genre bertema fiksi kriminal dengan nama pena lainnya, Robert Gilbraith. Berangkat dari perjalanan hidupnya yang panjang, Rowling meraih kesuksesan dengan jerih payahnya. Kisah hidupnya yang sulit berawal dari meninggalnya sang Ibu, ketika itu Joanne terpukul dengan kematian ibunya. Beberapa tahun berikutnya, dirinya mengajar bahasa Inggris di Porto. Dia menikah dengan seorang pria bernama Arnantes namun mengalami kekerasan dalam rumah tangga dan akhirnya bercerai serta menjadi ibu dari seorang anak dengan kondisi menganggur.

Sempat depresi dan menjalani pengobatan, Rowling kemudian menyelesaikan novelnya, Harry Potter and Batu Bertuah. Bermula dari kisah hidup yang pilu JK. Rowling menjadi sosok hebat dan menjadi penulis milyader di Inggris. Rowling pun turut mendukung di berbagai badan amal untuk membantu perempuan, anak – anak dan remaja yang kurang beruntung. Dia dinobatkan sebagai perempuan paling berpengaruh di Inggris versi The Guardian.

Rowling pun aktif menyuarakan pandangannya terkait politik maupun hak asasi manusia. Sosok JK Rowling merupakan sosok perempuan hebat yang dapat bangkit dan berjuang mencapai cita citanya serta menyurakan hak haknya.

Advertisement

2. Emma Watson (Aktor, Model, Aktivis, Feminis)

Foto oleh Emma Watson @emmawatson via Instagram

Foto oleh Emma Watson @emmawatson via Instagram via https://www.instagram.com

Berikutnya adalah sosok muda berbakat dan memiliki talenta luar biasa yaitu Emma Charlotte Duerre Watson atau Emma Watson. Aktor muda ini terkenal dengan filmnya Harry Potter karya JK. Rowling. Perempuan muda kelahiran 1990 ini meraih berbagai penghargaan salah satunya Bintang Film Wanita Terbaik pada Otto Awards tahun 2008. Emma pun aktif memberikan kontribusi di industri fashion dan busana yang bertujuan untuk amal dan memberdayakan masyarakat. Dia tidak menerima bayaran namun bekerja sebagai penasihat dan tim kreatif di  People Tree.

Emma menciptakan berbagai busana salah satunya diproduksi tahun 2010 untuk edisi musim semi dan musim dingin. Emma berkontribusi dalam memberdayakan dan memberikan keterampilan pada masyarakat khususnya di bidang fashion. Selain itu, Emma pun aktif menyuarakan anti pelanggaran HAM. Berbagai dukungan dia sampaikan melalui akun media sosialnya. Emma menjadi sosok aktivis muda yang berani memberikan suaranya. Dia pun sempat memberikan dukungan pada rakyat Palestina.  Terkadang dijuluki sebagai The voice in the fight for global.

Selain itu, Emma turut mendukung peran penting pendidikan untuk kaum perempuan dan ikut serta dalam kampanye mengunjungi Bangladesh dan Zambia. Tahun 2014 Emma ditunjuk sebagai Duta Wanita oleh PBB. Meski muda tapi berani dalam menyuarakan aspirasi, sosok Emma menjadi inspirasi bagi kaum milenial untuk aktif berperan serta dalam lingkup masyarakat global.

3. Malala Yousafzai (Aktivis Pendidikan, Feminis)

Foto oleh Malala @malala via Instagram

Foto oleh Malala @malala via Instagram via https://www.instagram.com

Malala Yousafzai adalah seorang aktivis pendidikan berkebangsaan Pakistan. Dirinya menjadi aktivis saat masih berusia 11 tahun. Malala aktif dan berkontribusi menyurakan hak pendidikannya dalam diary blog BBC.

Di usianya yang muda, Malala berani memperjuangkan haknya atas pendidikan yang ingin ia peroleh. Begitu pula dengan ketidakadilan yang terjadi di Swat Valley, Pakistan. Sekelompok separatis Taliban melarang berbagai hal termasuk media informasi televisi, musik dan pendidikan bagi kaum perempuan.

Malala ditembak di kepala dan leher oleh kelompok bersenjata Taliban, dia kemudian dilarikan ke Inggris, Birmingham untuk mendapat perawatan secara intensif. Insiden penembakan tersebut tidak membuat dirinya kalah. Tahun 2013 dia kembali menyuarakan haknya dalam forum Majelis kaum muda di markas PBB, New York. Malala menyampaikan 3 isu penting yaitu hak pendidikan untuk kaum perempuan, anti peperangan dan melawan kebodohan. Tahun 2014, dia mendirikan Malala Fund dan mendapatkan piagam perdamaian atau Nobel Peace Prize untuk perjuangan melawan penindasan anak anak serta ketidakadilan. Malala melanjutkan pendidikannya di bidang Politik, Ekonomi dan filosofi di Universitas Oxford. Dia mengunjungi banyak negara dengan ketidakadilan pada kaum perempuan, seperti melawan kemiskinan, peperangan, pernikahan usia muda, dan diskriminasi pendidikan untuk perempuan.

Sosok Malala menjadi perempuan hebat yang menginspirasi ditengah ketidakadilannya. Malala aktif memperjuangkan hak perempuan untuk pendidikan tinggi, kehidupan yang layak serta kesetaraan gender. Malala tentunya membawa pengaruh pada suara dunia tentang perempuan.

4. Najwa Shihab (Jurnalis , Presenter, Aktivis)

Foto oleh Najwa Shihab @najwashihab via Instagram

Foto oleh Najwa Shihab @najwashihab via Instagram via https://www.instagram.com

Siapa yang tak kenal sosok Najwa Shihab presenter senior sekaligus jurnalis ternama di Indonesia. Najwa Shihab telah aktif di dunia jurnalistik semenjak bergabung dengan Metro TV. Dia menjadi reporter sekaligus pembawa acara di beberapa program seperti Metro Hari Ini, Suara Anda dan Mata Najwa. Tahun 2018 dia keluar dari Metro TV dan memilih bergabung dengan Trans 7 dan hingga kini menjalankan program Mata Najwa.

Najwa Shihab meraih berbagai penghargaan dalam karirnya salah satunya sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV tahun 2006 dan Presenter Talkshow Berita tahun 2017. Najwa Shihab sebagai sosok yang menginspirasi dia pun aktif dan banyak bersuara di bidang politik. Memiliki pandangan kritis terhadap perkembangan Geo politik, ekonomi, sosial dan budaya. Kerap kali menjadi wajah demokrasi di Indonesia, Najwa memiliki figur serta peran yang membawa banyak perubahan di era milenial ini. Teguran dan kritik pedas terhadap pemerintahan dan situasi yang terjadi selalu diutarakan dengan jelas dan berani.

Tak heran, Najwa menjadi sosok perempuan yang berani unjuk gigi mengkritisi segala macam keputusan. Tahun 2015 dia mendapat titel The Influential Woman of The Year dari Elle Magazine serta Most Progressive Figure oleh Forbes Magazine tahun 2016.

Advertisement

5. Dian Sastrowardoyo (Aktor, Produser, Founder dan Aktivis)

Foto oleh Dian Sastrowardoyo @therealdisastr via Instagram

Foto oleh Dian Sastrowardoyo @therealdisastr via Instagram via https://www.instagram.com

Sosok inspiratif lainnya masih di dalam negeri siapa lagi kalau bukan Dian Sastrowardoyo. Perempuan yang aktif dalam bidang seni dan perfilman ini menjadi sosok yang membawa banyak perubahan di dunia entertainment. Film Ada Apa dengan Cinta? mampu memecahkan rekor sebagai film pertama dalam sejarah perfilman Indonesia yang menarik lebih dari dua juta penonton. Film tersebut berhasil menjadi film terlaris di Indonesia saat itu.

Dian Sastro kemudian menjadi ikon kebangkitan dunia perfilman Indonesia. Berbagai penghargaan pun diraih oleh Dian seperti Best Actress tahun 2002 dan Pemeran Wanita Terbaik tahun 2004. Tidak hanya aktif di dunia model dan perfilman, Dian pun aktif dalam mensosialisasikan wisata Indonesia. Lewat startupnya Frame A trip dia memulai membentuk platform layanan fotografi lokal yang menghubungkan dengan turis dan wisatawan. Frame A trip melayani lebih dari 200 kota di seluruh dunia dan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan wisata Indonesia.

Bangga pada tanah air dan memiliki jiwa sosial tinggi, Dian menjadi aktivis sosial yang turut mendukung anti pelanggaran HAM. Berbagai aktivitas orasi kerap diikuti. Seperti menciptakan dunianya sendiri, Dian Sastrowardoyo menjadi sosok perempuan inspiratif  berdarah seni yang berpengaruh di Indonesia.

6. Melly Goeslow (Penyanyi, Komposer, Penulis dan Produser)

Foto oleh Melly Goeslaw @melly_goeslaw via Instagram

Foto oleh Melly Goeslaw @melly_goeslaw via Instagram via https://www.instagram.com

Sosok lainnya yang sangat sukses dan memiliki potensi besar dalam menjalani profesinya adalah Melly Goeslaw. Melly Goeslaw menjadi sosok yang paling inspiratif di industri musik. Musisi sekaligus produser ini memiliki banyak penghargaan dan menjadi musisi yang paling banyak digemari untuk karyanya.

Melly terkenal dengan suaranya dan menjadi ikon di industri musik film. Melly menghasilkan lebih dari 10 soundtarck film dan dijuluki sebagai ratu suara. Dari mulai Ada Apa dengan Cinta, Eiffel I’m In Love, Heart, Ketika Cinta Bertasbih, Habibi Ainun, dan masih banyak lagi. Melly aktif membuat soundtrack lagu dan menyanyikannya. Selain itu, dia pun aktif sebagai penulis novel, cerpen dan produser film.

Melly membuat berbagai cerpen salah satunya Tentang Dia yang difilmkan. Kecintaannya terhadap dunia industri musik membuat dirinya terus sukses dan akhirnya menjadi sosok yang diperhitungkan tidak hanya di Indonesia tapi juga terkenal di Malaysia. Melly pun banyak mengorbitkan penyanyi dengan membuatkan lagu lagu terpopulernya. Melly Goeslaw menjadi sosok inspiratif sekaligus membawa banyak perubahan pada dunia musik tanah air.

Keenam sosok perempuan tersebut mewakili jutaan kaum perempuan. Jangan pernah ragu untuk menciptakan duniamu dan berkarya untuk membawa perubahan besar pada perkembangan masyarakat dunia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Shot the moments on frame (Photograph), Edit with heart and Share it on content (Writing).

CLOSE