#PerempuandalamTulisan – 7 Penulis Perempuan Serba Bisa yang Bukunya Difilmkan! Siapa Aja Sih?

Perempuan selalu punya cara untuk membagikan pikiran, perasaan dan pengetahuannya. Salah satu cara untuk membagikan hal-hal tersebut adalah dengan berkarya dalam tulisan, karena tulisan mampu menjadi media yang baik dalam membagikan hal-hal yang bermanfaat. Di era modernisasi yang terus berkembang, perempuan pun harus ikut berkembang. Perempuan pun bisa melakukan banyak hal, salah satunya adalah menulis. Menulis kisah-kisah penuh pesan yang dapat dibagikan kebanyak orang, dan berikut adalah 7 penulis perempuan yang buku-bukunya kemudian diadaptasi menjadi film layar lebar sampai series. 7 perempuan ini membuktikan bahwa perempuan juga bisa outstanding dan menunjukkan kemampuannya, siapa aja sih?

Advertisement

1. Wulan Fadila Fatia Penulis dari Novel A: Aku, Benci & Cinta

Photo by @wulanfadila via Instagram

Photo by @wulanfadila via Instagram via https://www.instagram.com

Penulis muda yang satu ini dikenal dengan nama penanya. yaitu Wulanfadi. Wulan fadi ini menjadi penulis dari beberapa novel dan beberapanya diantara karyanya diadaptasi ke layar lebar, seperti Matt & Mou, yang diperankan oleh Prilly Latuconsina dan Maxime Bouttier. Di film R: Raja, Ratu & Rahasia yang diperankan oleh Aurora Roberio, Brandon Salim dan Sheila Dara, dan film A: Aku, Benci & Cinta yang diperankan oleh Jefri Nichol, Amanda Rawles dan Brandom Salim. Selain menjadi penulis Wulan Fadi juga menjadi penikmat musik dan penyuka kopi, loh!

2. Erisca Febriani Penulis dari Trilogy Dear Nathan

Photo by @eriscafebriani via Instagram

Photo by @eriscafebriani via Instagram via https://www.instagram.com

Siapa yang tidak tau film trilogy dari film Dear Nathan? Erisca febriani adalah penulis dari novel yang diadaptasi menjadi film trilogy Dear Nathan. Film pertama Dear Nathan pada tahun 2015, film kedua dengan judul Hello Salma pada tahun 2018 dan film ketiganya dengan judul Thank You Salma pada tahun 2019. Tidak hanya trilogi dari Dear Nathan saja yang difilmkan, novel dengan judul Serendipity dan Di Bawah Umur pun diadptasi ke layar lebar. Karya lainnya, seperti Kisah Untuk Geri dan sekuelnya Kisah Untuk Dinda pun diadaptasi menjadi web series.

Advertisement

3. Meira Anastasia Penulis Novel Imperfect: A Journey too Self-Acceptance, Hingga Seriesnya

Photo by @meiranastasia via Instagram

Photo by @meiranastasia via Instagram via https://www.instagram.com

Film Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan menjadi film yang paling melekat dipikiran, karena menjadi film yang mengingatkan banyak orang untuk menghargai banyak hal dalam hidup. Meira Anastasia tidak hanya penulis novel dari Imperfect yang diangkat menjadi film layar lebar dan kemudian seriesnya, tapi juga jadi penulis scenario dan pengembang cerita dari film-film bergenre comedy seperti Milly & mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga, Cek Toko Sebelah, Susah Sinyal, dan film terbaru yaitu Teka Teki Tika. Meira Anastasia sendiri adalah istri dari Ernest Prakarsa dengan 2 orang anak yang juga membuat konten Keluarga Ngenest dan juga membagikan rutinitas olahraganya.

4. Marcella FP Penulis dan Pengisi Soundtrack NKCTHI

Photo by @marchellafp via Instagram

Photo by @marchellafp via Instagram via https://www.instagram.com

Penulis yang merilis novel flash-fiction yang booming pada tahun 2018 ini sukses meraih pengahrgaan penulis terbaik dari IKAPI Awards 2019 atas suksesnya buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Hal tersebut yang kemudian yang membawa judul dari bukunya melambung tinggi dengan diangkat menjadi film layar lebar dengan judul yang sama di tahun 2020. Tidak hanya film dan serial web dari Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, film Generasi 90an: Melankolia, ada juga proyek mendatang dari bukunya yang berjudul Kamu Terlalu Banyak Bercanda. Selain penulis dan menjadi konseptor dari video music milik Kunto Aji, Marcella pun memiliki Singel yang berjudul Nanti Kita Pergi yang Jauh Ya untuk soundtrack NKCTHI.

5. Gita Savitri Devi, Content Creator Serba Bisa yang Juga Jadi Penulis Buku untuk Film Rentang Kisah

Photo by @gitasav via Instagram

Photo by @gitasav via Instagram via https://www.instagram.com

Youtuber yang memulai dari membagikan kisahnya tentang kuliah di Jerman ini semakin menunjukkan kemampuannya dalam segala bidang. Gita Savitri Devi ini, merambah dari Youtuber, Blogger, influencer, penyanyi dan seorang penulis. Yotube dan blog miliknya pun berisi pembahasan-pembahasan penting seputar kehidupan dan perempuan, dan juga membagikan kisahnya yang tinggal dan bekerja di Jerman. Bersama suaminya, Paul Andre Partohap yang seorang musisi pun beberapa kali melakukan duet bersama yang membuktikan bahwa keduanya bisa berkolaborasi dengan sangat manis. Gita Savitri Devi juga menulis sebuah buku novel dengan judul Rentang Kisah yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul yang sama, filmnya pun menceritakan bagaiman perjuangannya tinggal di Jerman dengan segala rintangannya.

Advertisement

6. Risa Saraswati Penulis Buku Horror dari Trilogy Film Danur dan Film Horror Lainnya

Photo by @risa_saraswati via Instagram

Photo by @risa_saraswati via Instagram via https://www.instagram.com

Siapa yang tidak kenal dengan perempuan yang satu ini? Perempuan yang satu ini Bernama Risa Saraswati yang dikenal dengan Jurnalrisa di channel Youtubenya berhubungan dengan makhluk astral. Ibu dari Anaking Raga Janari ini selain bekerja sebagai PNS, ternyata menjadi seorang vokalis dari band indie bernama Sarasvati yang bergaya gothic. Risa Saraswati juga dikenal sebagai seorang penulis dari kisah-kisah horror, salah satunya adalah kisah Danur yang kemudian diangkat menjadi film trilogi. Proyek terbarunya adalah Jurnal Risa yang akan diangkat menjadi web series, mari kita tunggu kisah-kisah horronya.

7. Tsana atau Rintik Sedu Penulis dari Kisah Percintaan Geez & Ann

Photo by @ntsana via Instagram

Photo by @ntsana via Instagram via https://www.instagram.com

Nadhifa Allya Tsana yang biasa dipanggil Tsana dan dengan nama pena Rintik Sedu memulai karirnya sebagai seorang penulis yang menulis buku-buku best seller, kemudian merambah membuat podcast dan kanal Youtube yang berisi syair dan rekaman random dari kegiatannya. Yang sedang booming diawal tahun 2022 adalah Geez & Ann dibuatkan seriesnya setelah tahun 2021 filmnya tayang di bioskop. Novel Geez & Ann sendiri terbit pada tahun 2017, loh.  Rasanya emang agak menggantung cerita di film Geez & Ann, maka dari itu kisahnya bersambung menjadi Geez & Ann The Series.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

This is me, with a random thought!

CLOSE