Bagi kamu pelajar, mahasiswa ataupun karyawan di suatu perusahaan. Tentu saja kamu seringkali menemui presentasi bukan? Baik itu kamu sebagai pendengar maupun kamu sendiri yang presentasi. Ya, sekarang ini hampir semua pelajar mulai dari SMP, SMA maupun mahasiswa dan pastinya para pekerja memang diharuskan punya skill presentasi. Ada banyak sekali manfaat diadakannya presentasi khususnya untuk kamu para pelajar, dengan presentasi di depan guru, dosen dan banyak orang tentunya, kemampuan berbicara kamu akan makin terasah dan kamu juga bisa berlatih percaya diri.

Berbicara soal presentasi, tak lepas dari rasa canggung atau yang paling parah malu karena tidak terbiasa berbicara di depan banyak orang. Mayoritas orang memang mengalami masalah seperti ini, maka dari itu agar kamu makin percaya diri saat presentasi, berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membawakan presentasi dengan baik dan benar. Apa saja? Simak pembahasannya bawah ini.

1. Tunjukkan dengan jelas objek mana yang sedang kamu presentasikan

yakin dan percaya diri via https://www.rimma.co

Terkadang banyak kasus di mana orang yang membawakan presentasi, justru tidak paham akan suatu yang dijelaskan. Kalau sudah begini, tidak ada solusi apapun untuk membuat presentasi kamu berjalan dengan baik karena kamu sendiri tidak paham dengan apa yang kamu sampaikan. Oleh karena itu, cara membawakan presentasi dengan baik dan benar adalah dengan menunjukan bahwa kamu benar benar berkompeten dengan sesuatu yang kamu jelaskan dan kamu memiliki kemampuan dan passion di situ.

2. Menyampaikan dengan singkat namun lugas

efektif via http://google.com

Siapa sih yang betah lama-lama mendengarkan orang bicara di depan? Saya kira tidak ada. Malah kebanyakan orang benci dengan hal seperti itu. Maka dari itu, saat sedang presentasi, usahakan sampaikan dengan singkat namun lugas. Hal ini penting untuk membuat audiens benar-benar suka dengan presentasi kamu dan pastinya tidak membuat audiens bosan.

3. Jangan tampilkan ekspresi gugup, akali dengan senyum dan candaan ringan

percaya diri dan rileks via http://hipwee.com

Advertisement

Inilah masalah utama orang yang membawakan presentasi. Ya, mayoritas orang tidak tenang atau yang lebih parah justru salah tingkah saat di depan berbicara kepada banyak orang. Kamu harus tetap bersikap tenang dan percaya diri untuk membawakan materi presentasi kamu.

Cara yang paling simpel agar kamu bisa selalu tenang dan percaya diri saat presentasi adalah sering sering presentasi, itu secara tidak langsung akan membuat skill dan rasa percaya diri kamu meningkat.

4. Jangan menunduk! Ini akan membuat orang lain merendahkanmu

kontak mata via http://hipwee.com

Namanya presentasi, ya bicara dengan orang kan? Apa jadinya kalau saat kamu presentasi, kamu sendiri tidak pernah bereaksi dengan audiens? Kamu sebagai pembawa presentasi paling tidak sekali kali lakukanah kontak mata dengan satu atau beberapa orang. Kalau perlu, kenali dulu satu per satu audiens kamu sebelum membawakan presentasi.

5. Sebelum presentasi, bicaralah di depan cermin malam harinya!

kuasai materi via http://hipwee.com

Advertisement

Pernah nggak sih lihat ada orang presentasi tapi sering sekali meirik ke slide Power Point? Menurut kamu bagaimana? Tentu saja itu sebuah kesalahan. Yang namanya presentasi, alangkah baiknya kita menghindari terlalu banyak melirik ke power Point karena ini jelas akan menurunkan ke profesionalan kamu saat membawakan presentasi.

Ini sangat penting juga untuk kamu para Karyawan yang akan menjalin kerja sama dengan suatu perusahaan lain? Jangan sampai kamu membawakan presentasi dengan tidak professional. Dengan memahami betul materi yang akan dibawakan, secara langsung juga akan membuat kamu menjadi lebih percaya diri dan bisa tenang dalam membawakannya.

Bagaimana? Semoga dengan adanya tips di atas bisa membantu kamu untuk bisa meningkatkan skill presentasi kamu di depan banyak orang ya. Sebenarnya masih banyak tips trik lainnya, kamu bisa mengembangkan tips di atas sendiri menjadi lebih kompleks lagi saat membawakan presentasi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya