Diperkirakan musim hujan sebentar lagi akan tiba, kira-kira rumah dan lingkungan kalian sudah siap menghadapinya belum nih? Terkadang yang seharusnya hujan menjadi berkah dari Tuhan malah jadi membuat kalian kesal karena umumnya masalah bermunculan seperti bocor pada atap rumah atau kebanjiran semua itu sudah terlambat karena kita baru menyadarinya saat hujan tiba tapi ketika belum musim hujan kita terkadang tidak peduli atau bahkan lupa, baiknya kalian sudah mempersiapkan kondisi tempat tinggal kalian sebaik mungkin entah itu bangunan rumah atau lingkungannya.

Banyak kota-kota besar di Indonesia yang sering dihinggapi masalah banjir setiap kali datang musim hujan. Selain begitu banyak bangunan rumah yang mengalami kebocoran sehingga mengakibatkan langit-langit rumah kamu yang menggunakan gypsum jadi rusak bahkan menimbulkan jamur hingga rayap jika kamu biarkan terus menerus dapat menimbulkan penyakit.

1. Cek Kondisi ATAP

Atap Rumah

Atap Rumah via https://shundapik.com

Bagian yang pertama kamu cek kondisinya adalah atap rumah. Kebocoran pada atap rumah disebabkan karena kondisi atap sering terpapar panas berkepanjangan ketika terkena air hujan materialnya bisa berubah yang akan dapat menjadikannya bocor.

Advertisement

Atap juga perlu dibersihkan dari sampah yang dapat terhambatnya aliran air hujan. Potensi pecah pada atap yang baru terkena air hujan cukuplah besar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya