Mendengar nama Manchester pasti akan terbayang warna merah dan biru. Merah berarti Manchester United dan biru mewakili Manchester City, dua nama tersebut merupakan klub sepakbola terbesar di Inggris dan rivalitas abadi di kota ini. Ya, duo MU dan Man City memang terlalu melekat di Kota Manchester. Ibaratnya pamor Manchester berada di pundak dua klub ini. Sebagian besar wisatawan datang ke Manchester kemana lagi jika tidak mengunjungi serba-serbi dua klub ini.

Padahal dibalik rivalitas duo Manchester ini, banyak hal yang bisa digali dan tidak kalah menakjubkan. Manchester adalah kota penting di daratan Inggris Raya selain London, Liverpool, Glasgow dan Edinburgh.

1. Mengunjungi salah satu perpustakaan dengan bangunan paling keren di Manchester

The John Rylands Library

The John Rylands Library via http://visitmanchester.com

The John Rylands Library adalah salah satu daya tarik utama di jantung Kota Manchester. Bergaya neo gothic, bangunan megah ini begitu mencolok di tengah Kota Manchester yang modern. Perpustakaan ini adalah bagian dari Universitas Manchester yang memiliki banyak koleksi buku langka dan manuskrip terbaik di dunia.

Eksterior bangunan ini begitu megah mirip dengan bangunan gereja, formasi bangunanya terbuat dari batu barbary yang berwarna merah gelap sehingga nampak berbeda dengan bangunan disekitarnya, namun keindahan sebenarnya berada di bagian dalam, terutama lantai tiga yang menjadi ruangan paling indah. Banyak wisatawan yang datang bukan untuk mencari koleksi buku saja, namun karena pesona interior yang menawan.

2. Bangunan Balaikota paling indah di dunia, Manchester Town Hall

Manchester Town Hall

Manchester Town Hall via http://pixabay.com

Advertisement

Pusat bisnis dan ekonomi Manchester terletak di Albert Square dimana salah satu bangunan paling penting di sini adalah Manchester Town Hall. Bangunan ini dirancang oleh arsitek terkenal Inggris Alfred Waterhouse pada 1887. Gaya Neo-Gothic bangunan Manchester Town Hall begitu mencolok di kawasan Albert Square dan menjadi daya tarik utama di kawasan ini.

3. Bertemu T-rex di Museum Manchester

Museum Manchester

Museum Manchester via http://katyaowu.com

Manchester adalah rumah dari beragam museum yang menyimpan beragam koleksi bersejarah. Satu di antaranya adalah Museum Manchester yang merupakan rumah dari berbagai harta karun alam dan budaya. Koleksinya yang terkenal adalah fosil T-rex yang bisa dilihat utuh disini. Sementara koleksi lain adalah fosil makhluk pra-sejarah, artefak kuno Mesir hingga beragam reptil hidup yang langka dari seluruh dunia.

4. Menyingkap sejarah sepakbola Inggris di National Football Museum

National Football Museum Manchestar

National Football Museum Manchestar via http://bestofengland.com

Museum sepakbola terbesar dan tebaik di dunia hadir di pusat kota Manchester. Museum ini patut dimasukan ke dalam daftar kunjungan wajib saat melawat ke kota ini. Selain gratis ada banyak pegetahuan soal sepakbola yang bisa didapat, misal bagaimana sepak bola telah menjadi pengaruh terbesar bagi budaya dan masyarakat di Inggris selama lebih dari 150 tahun.

Advertisement

Museum ini juga menyimpan koleksi benda-benda yang berhubungan dengan sepakbola bersejarah. Misalnya bola yang digunakan pada final Piala Dunia 1966, kemeja milik Maradona si pemilik Tangan Tuhan hingga buku peraturan sepakbola yang pertama kali dikeluarkan. Hall of Fame, penghargaan pemain, tim hingga manajer terbaik yang dipajang adalah sederet hal menarik lain yang ada di sini.

5. Bukan hanya bangunan bergaya neo gothic, Manchester juga gudangnya bangunan bergaya kontemporer

Imperial War Museum Manchester

Imperial War Museum Manchester via http://bestofengland.com

Beralihkan ke Manchester bagian selatan dan arahkan kaki mu ke Salford Quays yang merupakan proyek pembaharuan kota Manchester. Di kawasan ini banyak gedung-gedung dan landmark kontemporer antara lain The Lowry yang merupakan teater dan pusat seni modern yang terkenal, Imperial War Museum North dengan bangunan yang ikonik dan rumit hingga MediaCityUK basis utama media terbesar BBC. Intinya kawasan Salford Qauys merupakan destinasi layak kunjung untuk melihat sisi lain Manchester yang berbeda.

6. Berteduh sejenak dari hingar bingar Manchester di Castlefield Urban Heritage Park

Castlefield Urban Heritage Park

Castlefield Urban Heritage Park via http://manchestereveningnews.com

Tidak jauh dari pusat kota terdapat sebuah tempat yang menawarkan ketenangan jiwa di Manchester, Castlefield Urban Heritage Park. Tempat ini merupakaan kawasan konservasi dan juga merupakan lokasi benteng zaman romawi Mamucium.

Bagi masyarakat lokal Manchester tempat ini merupakan tempat favorit untuk sekedar berteduh dari jalanan Manchester yang ramai. Sejumlah atraksi berbeda bisa dilakukan di sini, antara lain menyusuri kanal dengan perahu atau sekedar berjalan-jalan di taman. Pada akhir pekan, tempat ini juga disulap menjadi pasar dadakan yang menyediakan barang loak murah meriah.

7. Pilih Old Traffod atau Etihad Stadium?

Etihad Stadium

Etihad Stadium via http://thesun.co.uk

Tergantung, anda adalah Red Army atau The Citizens. Baik Old Traffod yang merupakan markas Manchester United atau Etihad Stadium yang merupakan stadion kebanggan Manchester City adalah dua stadion yang menjadi daya tarik utama di kota ini. Dua-duanya megah dan menjadi bangunan paling mentereng di kota.

Atau ingin mengeksplorasi dua-duanya? Tidak masalah. Keduanya menawarkan paket khusus tur untuk wisatawan dimana Tur Old Traffod plus mengunjungi museumnya dibanderol seharga 18 Poundsterling sementara untuk tur stadion Etihad selama 70 menit bertarif lebih murah yakni 14 Poundsterling. Nah, mau yang mana? Pilihan ada pada anda.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya