Kedati terpisah lautan, tetapi Britania Raya tetap bagian dari Eropa. Karena hal itu, selayaknya negara-negara Eropa lain, negara berdaulat dengan nama lengkap United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland atau United Kingdom atau UK saja ini memiliki pesona yang tidak terbantahkan, indah, agung dan menakjubkan.

Siapa yang tak terpikat dengan nama besar UK, hampir setiap traveler pasti memasukannya dalam list destiasi yang akan dituju, kendati bukan yang utama, tapi wajib dikunjungi sekali seumur hidup. Alasannya adalah lantaran negara ini begitu mentereng dalam segala hal seperti ekonomi, teknologi, budaya, panorama alam hingga kuliner.

Dari Sungai Thames hingga Kastil tua Edinburgh inilah beberapa tempat menakjubkan yang akan membuat kamu terpikat dan menyihirmu untuk segera berkemas dan datang ke UK.

1. Sungai Thames bukan sekedar urat nadi London, tapi budaya hingga sejarah kedigdayaan London mengalir di sini.

Panorama London dan Sungai Thames

Panorama London dan Sungai Thames via http://pixabay.com

Tidak salah mengapa Thames menjadi salah satu sungai paling populer di Eropa. Mengalir sepanjang 346 kilometer di selatan UK, Thames adalah sungai yang menjadi awal dari sejarah berdirinya Kota London. Di tepi sungai ini London lama dibangun pada abad 43 oleh Kerajaan Romawi dengan nama Londonium.

Advertisement

Saat ini, Thames menjadi tujuan wisata utama di UK terutama London. Banyak aktifitas yang bisa dilakukan di sini mulai dari sekedar menikmati sungai Thames dari kafe dan restoran yang banyak berjejer di sepanjang sungai, hingga tur dengan kapal pesiar yang memiliki dek terbuka. Tur ini akan menyuguhkan landmark-landmark penting di London mulai dari Jembatan London yang tersohor, bianglala raksasa London Eye, Menara London hingga Gereja Katedral St. Paul.

Tidak perlu morgoh kocek mahal untuk mengikuti tour Thames dalam beberapa jam dengan kapal pesiar, tarifnya mulai dari 15 Poundsterling untuk sekali perjalanan.

2. Selami keindahan Cheddar Gorge, ngarai raksasa spektakuler tempat ditemukannya kerangka manusia tertua di Inggris Raya

Pesona Cheddar Gorge

Pesona Cheddar Gorge via http://visitbritain.com

Dari London beralihlah ke timur sejauh 100 kilometer dan temui Cheddar Gorge yang merupakan pegunungan kapur raksasa di kawasan Mendip Hills di Somerset. Bukit-bukit kapur tersebut mencuat keluar dari lembah dan membentuk formasi ngarai yang cukup aneh namun sangat sedap dipandang.

Advertisement

Di negara yang membentang di antara desa-desa itu terdapat sejumlah gua yang tercipta lantaran adanya aliran sungai aktif. Dua gua yang paling terkenal yakni Gua Gough dan Gua Cox yang dikenal lantaran pernah ditemukan kerangka manusia berusia lebih dari 9.000 tahun yang ditemukan pada 1903 silam.

Jangan bayangkan suasana gua yang pengap dan bau, justru hal berbeda akan ditemukan ketika masuk ke Gua Gough dan Gua Cox. Keindahan dan teknologi menampilkan hal menakjubkan yang menarik sekitar 500 ribu turis dalam setahun.

3. UK adalah negara kerajaan, maka tidak sah jika tidak sowan ke Kastil Windsor kediaman keluarga kerajaan

Kastil Windsor

Kastil Windsor via http://Pixabay.com

Windsor adalah kastil tertua dan terbesar di dunia yang masih dihuni. Kediaman resmi keluarga Kerajaan Britania Raya ini dibangun sejak abad pertengahan di kawasan Windsor, Bakhsire tidak jauh dari Pusat Kota London. Kastil Windsor menjadi salah satu tujuan utama ketika wisatawa datang ke Inggris, siapa saja pasti tidak akan melewatkan untuk sekedar berfoto di depan gerbang kastil yang sangat megah. Untuk lebih mengenal isi dan sejarahnya, ada tur berbayar untuk pengunjung.

Tapi hal yang paling menjadi incaran para wisatawan adalah prosesi pergantian penjaga dengan iringan musik kemenangan. Ritual pergantian penjaga biasanya dilakukan berjadwal setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu setiap pukul 11.00 menjelang siang.

4. Jauh meninggalkan London juga terdapat kastil lain yang tidak kalah populer, Kastil Edinburgh di Skotlandia

Kastil Edinburgh yang menawan

Kastil Edinburgh yang menawan via http://pixabay.com

Kastil Edinburgh mengukuhkan diri sebagai bangunan paling penting dalam sejarah perkembangan Skotlandia. Dibangun di atas bukti Castel Rock setinggi 130 meter, kastil ini begitu mencolok dan sangat megah di antara bangunan tua di Kota Edinburgh.

Bangunan kastil ini terdiri dari beberapa bangunan yang megah di dalamnya. Menyusuri setiap bagian Kastil Edinburgh serasa menjadi saksi sejarah perkembangan Skotlandia dari masa ke mas,a lantaran ada banyak hal yang bisa dilihat mulai dari ruangan tempat raja dan ratu Skotlandia lahir hingga disahkan menjadi pemimpin Skotlandia.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan mengelilingi seluruh bagian kastil ini ketika berkunjung ke Edinburgh.

5. Apalah arti ke UK tanpa mampir ke Stonehenge yang menjadi menjadi situs sejarah paling terkenal di dunia.

Stonehenge

Stonehenge via http://pixabay.com

Stonehenge berarti stone atau batu dan henge atau lingkaran. Ya, Stonehenge sesuai namanya adalah batu yang melingkar. Bukan batu sembarangan, lantaran menjadi situs dan tujuan wisata paling populer di dunia.

Formasi batuan melingkar ini terletak di Wiltshire, Inggris, atau sekitar 13 kilometer dari barat Salisbury. Masih banyak ilmuwan yang memperdebatkan berapa usia sebenarnya Stonehenge, 4.000 atau 5.000 tahun. Tapi, berapapun usianya, Stonehenge telah tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Tentu saja hal ini haram hukumnya tidak memasukan Stonehenge dalam daftar kunjungan.

6. UK bukan hanya gemerlap Megapolitan London atau Sepakbola di Manchester, tapi desa-desa memukau juga ada, Edensor misalnya.

Pembaca setia seri novel Laskar Pelangi milik Andrea Hirata pasti tidak akan asing dengan Edensor, judul novel seri ketiga yang terinspirasi dari sebuah desa di Inggris. Desa Edensor digambarkan sebuah desa idaman Ikal kecil lantaran keindahan dan pesonanya. Nama Edensor bukan hayalan Ikal belaka namun benar adanya.

Desa Edensor terletak di lereng bukit Derbyshire, Sheffield, Inggris atau sekitar 1 jam perjalanan dari Manchester. Hamparan perbukitan hijau bak permandani menjadi daya tarik utama Edensor di samping Gereja St Peter degan menara menjulang yang menjadi ikon desa ini.

Selain pesona perbukitan hijau, di Edensor juga terdapat objek wisata lain yakni Chatworth House yang menjadi tempat tinggal Dukes of Devonshire. Rumah ini juga pernah menjadi lokasi syuting film Pride and Prejudice.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya