Kepribadian ternyata nggak hanya bisa ditunjukkan lewat tes MBTI atau tes-tes yang kamu ikuti saat lagi melamar kerja. Pilihan-pilihan yang kamu ambil di kehidupan sehari-hari pun bisa mengungkap sifat dan karakter dirimu yang sebenarnya. Termasuk salah satunya, pilihan dalam merawat binatang.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan University of Texas tahun 2010 lalu. Selain itu, terdapat survei dari Scientific American MINDS (SAM) yang menunjukkan kalau pemelihara binatang tertentu cenderung memiliki sifat yang sama satu sama lain.

Lantas, apa sifat yang dimiliki pemelihara anjing, kelinci, kucing, dan hewan lain? Untuk mengobati rasa penasaranmu, baca gih ulasannya di bawah ini!

1. Si pecinta anjing yang sayang keluarga dan mudah bergaul

Anjing Peliharaan

Anjing Peliharaan via https://pixabay.com

Penelitian dari University of Texas dan survei dari Scientific American MINDS menunjukkan hasil serupa untuk para pemilik anjing. Mereka dianggap sebagai orang-orang yang mudah bergaul dan menyenangkan untuk diajak berteman. 

Advertisement

Peneliti menduga kalau kebiasaan berjalan-jalan para pemilik anjing ini turut berpengaruh pada sifat ekstrovert mereka.

Apalagi di jalanan, si anjing jadi memudahkan mereka untuk bersosialisasi dan bertegur sapa dengan orang-orang yang tidak dikenal.

Selain itu, pemilik anjing umumnya juga sayang keluarga. Anjingnya sendiri dianggap sebagai anggota keluarga, apalagi suami/istri dan anaknya beneran!

2. Pendiam tapi hangat jadi ciri-ciri para rabbit owner

Kelinci Peliharaan

Kelinci Peliharaan via https://pixabay.com

Advertisement

Berkebalikan dari pemilik anjing, rabbit owner justru cenderung introvert dan pendiam. Kalau menurut survei SAM, mereka bahkan paling pendiam dibandingkan pemilik hewan-hewan lain seperti anjing, kucing, burung, ular, dll.

Akan tetapi, bukan berarti mereka nggak bisa bergaul sama sekali. Ingat, introvert nggak sama dengan anti sosial!

Para rabbit owner ini bahkan umumnya memiliki hati yang hangat, simpatik, dan terbuka dengan kemungkinan-kemungkinan baru. Jadi, nggak usah khawatir temenan sama mereka!
 

3. Like pet like owner. Kucing dan pemiliknya sama-sama suka berpetualang

Tahu sendiri kan, kucing tuh sukanya main ke mana-mana. Ternyata, sang pemilik umumnya juga punya sifat suka berpetualang.

Yah, nggak masalah sih. Asalkan jangan tiba-tiba pulang bawa anak kaya si mpus, hihihi.

Selain itu, pemilik kucing juga cenderung kreatif, mudah diandalkan, dan punya perasaan sensitif. Mereka bahkan ditengarai bisa menjadi pendengar masalah yang baik. Keren, kan!

Sayangnya, nggak hanya sifat positif yang mereka punya. Para pemilik kucing ini dianggap rentan terhadap stres dan mudah cemas. Hmm… mungkin masih berkaitan sama perasaannya yang sensitif tadi, ya?

4. Mirip sama si burung yang hobi berkicau, pemiliknya juga suka bercerita

Burung Peliharaan

Burung Peliharaan via https://pixabay.com

Kamu suka burung? Kalau iya, selamat! Menurut penelitian dan survei ini, kamu termasuk orang-orang yang sanga mudah bergaul dan ekspresif.

Mungkin karena ketularan burungmu yang suka berkicau. Eh nggak ding. Mungkin karena para pemilik burung terbiasa bersosialisasi dengan sesama pehobi untuk bertukar saran.

Kamu pun sudah sering menjawab jawaban saat bersenda gurau dengan burungmu.

Sifat lainnya, kamu termasuk orang yang sopan dan penyayang. Kalau kamu perempuan, kamu juga tergolong dominan saat berhubungan dengan orang lain.

Jadi, agak-agak nggak mau diatur gitu deh, tapi malah lebih jadi orang yang mengatur orang lain. Bener, nggak?

5. Seperti ikan yang tenang, si pemilik ikan jadi ikut-ikutan tenang dan kalem di kehidupan sehari-hari

Ikan Peliharaan

Ikan Peliharaan via https://www.kepogaul.com

Ada yang bilang kalau memelihara ikan itu bisa bikin kita jadi tenang. Kayanya, hal itu memang benar deh.

Soalnya kalau menurut penelitian, para pemilik ikan cenderung lebih tenang dan kalem daripada pemilik hewan-hewan lainnya.

Mereka nggak gampang heboh atau hilang akal saat menghadapi masalah. Orang-orang ini juga cenderung merasa bahagia dalam kondisi apa pun.

Mereka pun punya selera humor yang tinggi dan suka tertawa. Hmm… jadi tertarik memelihara ikan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya