Provinsi paling barat pulau jawa ini selain memiliki destinasi wisata alam yang sangat indah ternyata juga mempunyai makanan khas nya juga lho… yang sangat enak dan lezat pastinya. Sebagian makanan khas Banten ini juga bisa di jadikan oleh-oleh untuk kamu yang lagi melancong ke Banten lho…

Mungkin sebagian orang sudah ada yang tahu apa saja makanan khas dari daerah satu ini tapi sebagian juga masih banyak yg belum mengetahui nih apa ajasih makanan khas Banten ini.

1.  Sate Bandeng, khas Serang yang memiliki rasa yang unik

sate bandeng

sate bandeng via https://3.bp.blogspot.com

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang makanan yang satu ini. Sate Bandeng yang terbuat dari bahan utama ikan Bandeng yang di bumbui dengan bumbu rempah-rempah khas Banten memiliki rasa yang lezat dan gurih dari daging ikan bandeng segar menyatu dengan bumbu rempah yang menambah kelezatan. Ada dua varian rasa ikan bandeng yaitu rasa original dan rasa pedas. Nah jadi jangan khawatir nih buat kalian yang tidak menyukai rasa pedas bisa mencoba rasa original.

Menurut cerita sate bandeng ini di buat dari mulai abad ke- 16 lho, untuk mempersembahkan ikan bandeng tanpa duri kepada tamunya. Hinnga kini sate bandeng menjadi buah tangan favorit para pelancong yang berkunjung ke Banten. Bukan hanya rasanya yang lezat tapi sate bandeng ini tidak memiliki bau amis loh karena sudah diganti dengan harumnya rempah-rempah yang menjadi campuran nya.

Jadi bagaimna apa kamu berminat mencoba makanan yang lezat ini?

2.  Rabeg, makanan penuh rempah nan lezat

Mungkin belum banyak yang tahu mengenai makanan satu ini, nah buat kamu yang belum tahu apa sih Rabeg itu. Rabeg adalah hidangan khas Banten yang merupakan hasil adaptasi dari kuliner dari timur tengah. Bahan utama dari kuliner ini adalah daging kambing dan jeroan kambing yang di masak menggunakan berbagai macam rempah-rempah.

Sekilas makanan satu ini mirip dengan tongseng namun Rabeg memiliki banyak varian rempah-rempah di dalamnya. Rabeg meiliki citarasa pedas manis dan di nikamti bersama nasi putih hangat. Nah makanan ini cocok banget kamu coba saat main ke Banten.

3.  Sate Bebek Cibeber

sate bebek Cibeber

sate bebek Cibeber via http://oatmeal.perutgendut.com

Setelah tadi ada Sate Bandeng nah sekarang ada juga nih kuliner yang tidak kalah lezat dengan yang lain, Sate Bebek Cibeber yang berasal dari Cibeber sebuah daerah yang terletak di kota Cilegon. Secara tampilan tidak ada yang berbeda tampilan nya dengan sate biasanya yang membedakannya adalah bahan dasarnya yaitu daging bebek yang di kombinasikan dengan kuah tepung kanji dan bumbu kacang yang di racik dengan bumbu dan rempah pilihan yang menjadikan Sate Bebek Cibeber ini menjadi favorit masyarakat Banten.

Jadi apa kamu akan mencoba Sate Bebek Cibeber saat melancong ke Cilegon?

4.  Ketan Bintul, makanan khas di Bulan Ramadhan

ketan bintul

ketan bintul via http://siloka.com

Mungkin sebagian orang sudah banyak yang tahu nih tentang makanan yang satu ini Ketan Bintul. Ketan Bintul merupakan salah satu makanan khas Banten yang hanya ada saat bulan Ramadhan saja lho. Makanan dengan bahan dasar ketan yang di siram dengan kuah semur daging ini semakin di gemari banyak masyarakat saat akan berbuka puasa loh foodies, karena rasanya yang lezat dan mengenyangkan untuk menjadi makanan pembuka saat buka puasa tiba.

Keunikan dari makanan ini adalah Ketan Bintul hanya bisa di temui saat bulan Ramadhan saja jadi kalau hari biasa kamu nggak akan temuin deh si Ketan Bintul ini. jadi bagaimana saat bulan Ramadhan kamu harus banget nih cobain makanan khas Banten satu ini.

5.  Gipang, Si Renyah nan Manis dari Banten yang Kian Langka

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan khas Banten yang banyak dijual sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Banten. Makanan berbahan dasar ketan putih atau ketan hitam ini memiliki citarasa yang renyah bercampur manis karna terbuat dari ketan yang di campur dengan gula, cocok sebagai kudapan saat bersantai nih.

Namun makanan ini kini mulai langka untuk di temui, karena makanan ini hanya di produksi di industri rumahan atau hanya bisa di temui saat hari-hari besar saja. Tak banyak yang menjual panganan unik satu ini. Apabila kalian berkunjung ke ibu kota banten yaitu kota Serang kalian masih bisa menemui nya di tempat penjual oleh-oleh khas Banten, harga yang cukup terjangkau membuat panganan ini banyak di cari wisatawan di luar Banten loh. Nah, apa kamu yakin tidak mau mencoba si renyah nan manis ini?

Jadi setelah membaca artikel ini apa kamu jadi ingin mencoba makanan-makanan diatas? Nah ayo datang ke Banten dan coba satu per satu makanan khas nya atau bisa jadi rekomendasi oleh-oleh untuk di bawa pulang juga loh. Selamat menikmati kawan-kawan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya