5 Alasan Podcast Jadi Salah Satu Teman Terbaik untuk Jalani Hari. Inspiratif dan Menghibur!

podcast menemani hari

Podcast sebenarnya sudah ada selama bertahun-tahun lalu. Salah satu podcast terpopuler sampai sekarang adalah Joe Rogan Experience (JRE) yang dimulai tahun 2013. Tetapi saat masa pandemi, podcast menjadi sangat populer karena sebagian besar orang karantina di rumah mereka sehingga konsumsi media menjadi lebih banyak. Karena itu, ini adalah alasan-alasan kenapa podcast menjadi salah satu pilihan utama untuk mengonsumsi media saat ini!

Advertisement

1. Dimanjakan dengan berbagai pilihan. Mulai dari tema olahraga sampai berbagi cerita

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Ada berbagai macam podcast yang membahas berbagai macam topik. Jadi, apapun topik yang kita ingin ketahui atau ingin dalami, pasti ada podcast yang membahas topik tersebut, mulai dari topik umum seperti olahraga sampai topik yang niche seperti podcast yang menggunakan ASMR.

Oleh karena itu, pendengar bisa memliih podcast yang ingin mereka dengarkan tanpa banyak usaha. Tiga genre podcast yang paling sering didengarkan adalah true crime, komedi, dan health and lifestyle. Jadi, podcast dapat memenuhi kebutuhan konsumsi kita!

Advertisement

2. Bisa tetap diputar meski gadget sedang lock

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu alasan yang membuat podcast sangat gampang untuk dikonsumsi adalah podcast bisa diputar di background seiring kita melakukan aktivitas sehari-hari kita. Podcast menjadi pengganti musik yang tepat bagi kita yang bosan memutarkan lagu yang sama berulang-ulang kali. Mendengarkan podcast juga bisa disamakan dengan menyalakan TV saat kita sedang beraktivitas di rumah, seperti saat mengerjakan tugas, olahraga, dan lain-lain. 

3. Adanya Influencer yang membuat podcast

Photo by Jeremy Enns from Pexels

Photo by Jeremy Enns from Pexels via https://www.pexels.com

Ada tipe pendengar yang hanya mendengarkan podcast yang sesuai dengan topik yang menariknya, tetapi banyak juga pendengar yang mengonsumsi podcast bukan karena topiknya tapi karena pembicaranya. Ini karena banyak sekali influencer dan content creator yang membuat podcast mereka sendiri.

Seringkali saat mereka membuat podcast mereka sendiri, sebagian besar pendengar mereka adalah fans mereka sendiri karena mereka sudah mempunyai fanbase dari platform-platform lain seperti social media, contohnya adalah podcast yang dibuat oleh Deddy Corbuzier.

Advertisement

4. Podcast bisa menjadi salah satu sumber informasi

Photo by Abhilash Sahoo from Pexels

Photo by Abhilash Sahoo from Pexels via https://www.pexels.com

Percaya atau tidak, podcast juga bisa menjadi sumber informasi kita! Karena banyak sekali podcast yang membahas tentang hal-hal yang mendalam yang mungkin kita tidak tahu. Contohnya seorang musisi yang membicarakan tentang cara kerjanya industri musik. Podcast juga berguna bagi kita yang ingin mencacri informasi tentang sesuatu.

Seperti saat kita ingin liburan atau tinggal di negara lain seperti Jepang, ada podcast yang membahas tentang kehidupan di Jepang sebagai orang asing dan turis. Jadi, podcast juga bisa menjadi sumber utama informasi kita bagi kita yang ingin mendalamkan wawasan kita tentang segala hal!

5. Semakin banyak orang yang mendengarkan podcast

Photo by Anna Tarazevich from Pexels

Photo by Anna Tarazevich from Pexels via https://www.pexels.com

Susah dipikirkan bahwa hanya beberapa tahun yang lalu tidak banyak orang yang mendengarkan podcast dibandingkan dengan sekarang dimana sebagian besar orang pernah atau sering mendengarkan podcast. Tentu saja, salah satunya adalah karena podcast menjadi medium yang mainstream. Karena semakin banyak orang mendengarkan podcast, banyak juga yang membicarakan tentang podcast kepada sesamanya sehingga membuat podcast semakin populer.

Juga, ada usaha yang besar dari berbagai platform streaming seperti Spotify untuk mendorong podcast-podcast mereka kepada pengguna Spotify dan mengiklankan podcast-podcast mereka di berbagai macam social media dan internet.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Ben Mikhael lahir tahun 2000 dan sekarang adalah mahasiswa Universitas Bina Nusantara. Saya hobi menggambar, mendengarkan dan main musik, serta browsing di internet.

CLOSE