Perencanaan keuangan yang baik tentunya akan membantu kamu dalam mengelola keuanganmu. Tentunya pemasukanmu tidak hanya untuk kebutuhan pokok saja bukan? Terkadang ada kebutuhan mendadak yang membutuhkan biaya besar. Semisal kamu sakit atau ada terkena tilangan. Eitss. Berikut beberapa tips untuk membagi pemasukanmu menjadi beberapa bagian.

1. Pertama, pastikan 55% pengeluaranmu adalah kebutuhan pokok

http://almuflihun.com/doa-makan-yang-benar-gimana-yaa/ via http://almuflihun.com

kebutuhan pokok dapat berupa makanan, baju, ataupun perlatan make up bagi wanita. pengeluaran kebutuhan pokok bulanan kamu pastikan hanya 55% dari jumlah pemasukanmu, semisal rata-rata budget pelajar setiap bulannya adalah Rp 1.500.000, maka pengeluaranmu untuk makanan harusnya hanya Rp 825.000. Kalau kamu sebagai pelajar di kota Jogja, angka ini tentu tidak besar mengingat jogja termasuk kota pelajar yang menjual makanan dengan harga yang cukup murah. Dengan begitu kamu bisa menyisihkan uangmu untuk kebutuhan lainnya.

2. Sisipkan 10% untuk agenda liburan kamu

http://www.wikihow.com/Save-Money-When-Travelling via http://www.wikihow.com

Terkadang kita memerlukan refreshing atau penyegaran otak setelah 6 hari full belajar. Tak perlu ketempat mewah, cukup melihat pemandangan lampu dari atas bukit sambil menikmati sejuknya angin saja sudah menyegarkan. Ataupun nonton film bioskop terbaru juga boleh. Tentunya jalan-jalan juga butuh biaya, siapkan 10% dari pemasukanmu untuk itu. Siapa tau aja mendadak ada teman yang ngajakin jalan, nggak ada alasan lagi kalau nggak siap budget! Enjoy

3. Karena pendidikan adalah gambaran masa depanmu, wajib tabung 10% untuk pendidikanmu

Advertisement

http://www.drodd.com/html7/education.html via http://www.drodd.com

Meskipun pendidikan atau biaya kuliahmu masih ditanggung orang tua, kamu juga harus pandai pandai menyimpan dana untuk investasi otakmu. Semisal ada seminar- seminar pendidikan berbayar, atau pelatihan – pelatihan yang bisa meningkatkan skill kamu, kamu bisa menggunakan uangmu sendiri tanpa pelu meminta tambahan bulanan kepada orang tua. Apalagi sampai mencari hutangan.

4. Investasi jangka panjang, cukup 10% saja

http://seribupeluang.blogspot.com/2015/11/contoh-invetasi-jangka-panjang-yang-menguntungkan.html via http://seribupeluang.blogspot.com

Investasi jangka panjang tidak perlu bermodalkan uang yang besar. Ada beberapa reksadana yang menawarkan dana awal yang rendah namun memiliki impact jangka panjang.ketika kita ingin berinvestasi pastikan kita mengenal betul produk investasi yang akan dibeli. Ada pepatah lama mengatakan: tak kenal maka tak sayang, maka pelajari secara seksama produk investasi sebelum membeli.

5. Bila ada acara dadakan, 10% dana cadangan ini bisa jadi alternatif

http://razel76.blogspot.co.id/2016/08/ketahui-macam-macam-yang-di-butuhkan-oleh-manusia.html via http://razel76.blogspot.co.id

Yang namanya musibah ataupun kebutuhan mendadak seperti acara pernikahan teman pasti membutuhkan pengeluaran yang cukup banyak jika kita tidak bersiap siap. Seperti biaya untuk perjalanan dan kado juga harus kamu perhitungkan matang matang. Pasti nggak mau kan, kalau kamu tidak hadir di pernikahan sahabat kamu hanya karena nggak ada dana. So you must berhemat guys!

6. Jangan lupa berbagi, 5% dari pendapatanmu

https://www.merdeka.com/gaya/belanja-fashion-hijab-sambil-beramal.html via https://www.merdeka.com

Sebagai mahluk sosial, kita diwajibkan berbagi dengan sesama. Berbagi merupakan wujud rasa syukur kita atas nikmat yang sudah diberikan. Karena dengan berbagi, hartamu justru akan semakin bertambah. Nggak percaya? Memang matematika Tuhan berbeda sama matematikanya manusia.