Tentu saja kita semua sadar betul mengenai semakin sempitnya lowongan pekerjaan yang ada di negeri ini. Banyak sekali anak anak muda bahkan yang tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai, hingga akhirnya menjadi pengangguran. Pemerintah sebenarnya juga sudah memberikan berbagai solusi untuk mengatasi masalah seperti ini, namun banyak faktor yang membuat lapangan pekerjaan semakin sulit mulai dari banyaknya pekerja asing, minimnya kualitas diri dari para pekerja dan tentu saja karena pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi.

Maka dari itu, solusi yang terbaik adalah dengan “bekerja sendiri”, anda tidak perlu mencari pekerjaan, yakni dengan cara menjadi Pengusaha.

Masalahnya, sebagian besar orang yang akan terjun ke dunia usaha, mereka “takut” dengan resiko seperti bangkrut, usahanya tidak laku dan lain sebagainya. Yah kalau sudah begini, tentu saja tidak akan pernah kelar masalah lapangan pekerjaan. Perlu diingat bahwa   segala hal di dunia ini pasti punya resiko, apalagi  jika mau berusaha. Oke deh untuk lebih meyakinkan kamu menjadi pengusaha sukses, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu terapkan, mulai dari sekarang!.

1. Cintai usaha yang kamu jalankan

love what are you doing

love what are you doing via https://google.com

Mungkin rata rata seorang pengusaha sukses justru tidak menekuni bidang yang sesuai dengan dirinya. Ada yang seorang lulusan A, tapi usaha di bidang B. Nah kok bisa? Salah satu faktornya ya karena mereka "mencintai" usaha mereka. Dengan begini, kamu akan semakin enjoy dan ide ide kreatif kamu pasti bakal muncul kalau kamu menyukai pekerjaan dan bidang usaha yang kamu jalankan. Yuk, mulai sekarang, love what you are doing!.

2. Buat pelangggan jadi pengalaman yang menyenangkan

pelanggan adalah raja

pelanggan adalah raja via https://hipwee.com

Advertisement

Pernah dengar pepatah "pelanggan adalah raja"? Pepatah tersebut memang benar adanya, artinya, kita harus sebaik mungkin dalam melayani pelanggan atau pembeli. Tak jarang, orang memilih sesuatu berdasarkan pelayanannya. Tapi sudah pasti, produk atau jasa yang kamu tekuni juga harus ditingkatkan dari segi kualitasnya. Pelayanan yang baik hanya satu dari sekian banyak faktor kesuksesan dalam usaha yang kamu tekuni. Kalau bisa, berikan pelanggan pelayanan yang "berbeda dari yang lain".

Contoh deh, saat di kafe. Sekarang banyak, kan? Trend kafe yang "nyeleneh" tapi unik? Sudah pasti itu akan menarik perhatian pelanggan, ya itulah salah satu bentuk "pelayanan terbaik" dari si pemilik usaha untuk para pelanggannya.

3. Cepat mempelajari kesalahan anda

belajar dari kesalahan

belajar dari kesalahan via https://google.com

Dalam bidang usaha, semua orang pasti setuju tidak akan ada usaha yang jalan 100% lancar tanpa masalah!. Bahkan para pengusaha sukses di luar sana, kebanyakan mereka mengalami masa masa "suram" saat merintis usahanya. Ada yang hutangnya banyak, usahanya bangkrut dan lain sebagainya. Maka dari itu seorang pengusaha yang sukses, harus mampu belajar dari kesalahan yang sudah sudah dengan cepat. Dengan begini, anda akan semakin berpengalaman pada bidang usaha anda, mana yang tidak boleh anda lakukan dan apa yang harus di lakukan ke depannya.

4. Sadar pentingnya sebuah tim yang solid

tim yang solid

tim yang solid via https://google.com

Advertisement

Tidak akan ada manusia yang bisa bekerja sendiri, termasuk dalam berusaha, harus ada tim di dalamnya. Bukan cuma sekedar tim saja, tapi harus TIM YANG SOLID! Dan ini wajib kamu perhatiikan apabila ingin sukses untuk menjadi pengusaha sukses, mulai sekarang, belajarlah membangun sebuah tim karena ini akan sangat berarti untuk usaha kamu nantinya. Kamu harus mengumpulkan orang orang hebat untuk ikut dalam usaha kamu, dengan begini, segala sesuatu yang tak bisa kamu kerjakan dan kuasai, merekalah penggantinya.

5. Time is money! Stop buang buang waktu!

Time is Money

Time is Money via https://google.com

Kalau seorang karyawan, berangkat pagi pulang sore, maka pengusaha lebih dari itu! Ya, mereka beranggapan waktu adalah uang, bisa dibilang tidak ada pengusaha yang sukses dan mereka suka buang-buang uang. Mereka sangat menghargai waktu dan tidak mau menyianyiakannya, contohnya saja saat akan bertemu dengan rekan kerjanya, tepat waktu adalah harga mati, bekerja sampai larut malam pun tetap di lakukan.

Ya, mau bagaimana lagi? Kamu adalah pemimpin sekaligus penanggung jawab dalam usaha kamu sendiri, segala sesuatu yang terjadi pada usahamu adalah tanggung jawabmu. Dan mungkin ini sejalan dengan pepatah yang menyebutkan, semakin besar diri kita, maka smakin besar tanggung jawab yang kita miliki.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya