Jika diperhatikan di sekeliling kita, ada seseorang yang suka mengobrol, ekspresif, terbuka, dan speaking outloud. Ciri-ciri Itu merupakan orang ekstrovert yang ada di sekitar kita. Mungkin kita pernah bertemu orang ekstrovert di saat awkward moment, saat di mana kita berada di tempat umum, dan belum siap menerima obrolan-obrolan baru darinya.

Berikut ini ada 5 hal yang harus kamu tahu untuk menghadapi ekstrovert, biar kamu nggak kelabakan. Yuk simak!

1. Jadilah pendengar yang baik ketika mereka bercerita.

Pendengar yang baik

Pendengar yang baik via https://static1.squarespace.com

Seorang ekstrovert akan suka dengan perbincangan hangat ketika bertemu orang baru. Mereka mengondisikan suasana agar terlihat luwes dan bersemangat. Karena ekstrovert suka berdiskusi, mereka memulai sebuah percakapan dengan pertanyaan yang ringan. Selang beberapa waktu kamu menanggapinya, mereka lanjut bercerita tentang banyak hal. Di saat inilah kamu harus berperan sebagai pendengar yang baik, karena pendengar yang baik selalu dihargai oleh ekstrovert.

2. Buatlah mereka merasa nyaman berada di sampingmu.

Menjadi tempat penyaman yang aman

Menjadi tempat penyaman yang aman via https://cdn.davidwolfe.com

Advertisement

Ketika kamu hanya berdua dengan ekstrovert, entah sedang hang out bareng atau duduk sebelahan di dalam transportasi umum, buatlah mereka merasa nyaman dan tenang. Ekstrovert tidak betah dengan rasa kesepian, mereka butuh orang yang mau diajak berbagi dan beraktivitas agar tidak gelisah. Buatlah mereka lebih terbuka mengungkapkan suatu kesulitan yang sedang dialami, dengan kamu sering bertanya dan memberi saran. Hal ini menunjukkan kepedulianmu yang tinggi padanya.

3. Pujilah prestasinya, saat mereka menyebutkan hal-hal apa saja yang telah mereka lalui.

Memuji prestasi yang positif

Memuji prestasi yang positif via http://footage.framepool.com

Ekstrovert memiliki rasa percaya diri yang tinggi, suka bergaul dan bergaya untuk menjadi pusat perhatian. Mereka mudah mencapai sesuatu karena jiwa sosialnya yang baik. Ketika berdiskusi, ekstrovert banyak menceritakan pengalaman dan capaiannya di tengah suasana santai. Ini kesempatanmu untuk memuji semua prestasi yang mereka raih dengan senyuman hangat. Langkah-langkah yang telah mereka lalui terkadang menjadi info penting bagi kamu ke depannnya.

4. Sering-seringlah berimprovisasi, agar mereka senang kamu juga punya banyak topik menarik.

Improvisasi antar teman

Improvisasi antar teman via https://metrouk2.files.wordpress.com

Di tengah bercakap-cakap dengan orang ekstrovert, terkadang kita sebagai lawan bicaranya sempat kehabisan topik diskusi. Gunakan semua improvisasimu untuk menarik perhatian mereka, entah itu hal yang berhubungan dengan diskusi sebelumnya atau tidak. Ungkapkan opini yang ada di pikiranmu agar tidak terkesan awkwar​d saat mengobrol. Ekstrovert lebih bersemangat dengan orang yang suka berimprovisasi.

5. Tunjukkanlah sikap antusiasme yang tinggi untuk membangun relasi yang baik.

Advertisement

Seorang ekstrovert memiliki kemampuan komunikasi yang luar biasa dan mudah menarik perhatian. Mereka cenderung suka mengikuti organisasi, event menarik, dan bersemangat mengikuti aksi sosial. Ketika kamu bertemu ekstrovert di momen-momen tersebut, tunjukkanlah antusiasmemu untuk membangun relasi yang baik dengan mereka. Dukunglah setiap tindakan positif yang mereka ambil. Hal ini bisa jadi langkah awal kamu untuk menciptakan pesahabatan yang dinamis dan partner bisnis yang benefit.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian ya Guys, jangan lupa untuk selalu tersenyum. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya