Kamu mungkin pernah bahkan sering mengalami kegagalan dalam memahami isi bacaan seperti artikel, esai, dan jenis bacaan lainnya. Atau mungkin Kamu juga akan mengalami hal yang sama dalam membaca -bacaan- ini. Apalagi kalau kamu yang menghadapi ujian semester pasti butuh sekali untuk memahami materi yang kamu baca.

Harapan saya bahwa kamu memahami bacaan ini.

Anak-anak dan orang dewasa tidak selalu memahami dan tidak mendapatkan inti dari informasi dari yang mereka baca. Masalah ini sangat sering kita alami dan kita temukan. Lalu bagaimana agar dapat membantu diri kita untuk memahami dan mengingat isi suatu bacaan?

Cara ini sangat direkomendasikan dalam pembelajaran di kelas, siswa dengan guru untuk membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Berikut ini langkahnya.

1. Kamu butuh partner/teman dan persiapan

Jika kamu yang butuh memahami isi bacaan, maka kamulah yang membutuhkan partner/teman. Tapi kalau anak atau teman kamu yang butuh memahami bacaan maka kamulah yang menjadi partner-nya.

Kalian harus menyiapkan bacaan, pulpen, dan ketas catatan kecil (sticky note). Jangan lupa siapkan kopi dan cemilan biar kamu betah membaca.

2. Membaca sekilas

Cosy reading a book in a Scottish coffee house

Cosy reading a book in a Scottish coffee house via https://cafe.ambient-mixer.com

Advertisement

Bacaan yang kamu baca bisa satu paragraf, halaman, atau bahkan satu sub bab. Bacalah dari awal sampai dengan akhir dengan kemampuan yang kamu miliki.

Jangan lupa menyebut nama Tuhan kamu sebelum membaca.

3. Selesai membaca, meninjau dan memprediksi isi bacaan

Girl Drinking Coffee and Reading Book in Cafe

Girl Drinking Coffee and Reading Book in Cafe via https://www.gettyimages.com

Ceritakanlah apa yang kamu dapatkan dari hasil membaca sekilas. Setelah itu mintalah temanmu untuk mengoreksi apa yang kamu ceritakan, bisa seperti menambahkan atau membenarkan sesuatu yang salah.

4. Catatlah inti dari bacaan yang kamu pahami

THE BEST READS WHILE DRINKING COFFEE

THE BEST READS WHILE DRINKING COFFEE via https://www.brewed-coffee.com

Advertisement

Sejenak kamu perlu mencatat apa yang kamu pahami dari bacaan tersebut pada sticky note. Yang dicatat adalah inti dari sebuah bacaan yang kamu baca. Jika kamu membaca satu sub bab maka tulislah apa yang kamu pahami dari sub bab itu.

5. Menanggapi isi bacaan yang kamu pahami

5 Tips to Nurture your Grandchildren’s Love of Reading

5 Tips to Nurture your Grandchildren’s Love of Reading via http://www.marinlibrary.org

Selanjutnya kamu menulis isi tanggapanmu setelah memahami bacaan tersebut. Contoh "Setelah saya membaca ini, saya menemukan cara mudah untuk memahami bacaan." Isi tanggapanmu bisa kamu tulis dalam sticky note. Kamu juga bisa mengatkannya langsung kepada temanmu.


Tempellah sticky note tersebut pada lembaran atau halaman buku yang kamu baca. Agar memudahkan kamu membacanya kembali.


Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut seorang pengajar di University of CA yaitu Judy Willis dengan menggunakan cara di atas dapat meningkatkan keterkaitan ingatan, pemahaman, dan kesenangan membaca.

Tidak hanya itu ini juga dapat membantu kamu dalam mengembangkan kemampuan mendapatkan informasi, dan imajinasi dari buku, koran, bacaan online, dan surat cinta untukmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya