#RamadandiKampungku – Suka Cita Umat Muslim di Norwegia dengan Fenomena Midnight Sun

Berbuka Puasa dan Tarawih Saat Matahari Tidak Terbenam

Ramadan dimulai 10 hingga 12 hari lebih awal setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan kalender islam menggunakan sistem perhitungan bulan yang mana memiliki jumlah hari sekitar 29 hari hingga 30 hari. Sebagian besar umat muslim di dunia memiliki waktu berpuasa yang berbeda karena letak geografis setiap negara yang berbeda pula. Indonesia merupakan negara dengan letak geografis berada tepat pada garis khatulistiwa. Sehingga, memiliki waktu puasa yang relatif singkat selama 13-14 jam. Begitu pula dengan negara yang terletak di belahan bumi selatan memiliki waktu puasa yang lebih singkat sekitar 11-12 jam. Sedangkan umat muslim yang tinggal dibelahan bumi utara memiliki waktu puasa lebih lama sekitar 17-19 jam. Negara negara Eropa seperti Perancis, Jerman memiliki waktu puasa 17 jam karena matahari terbenam pada pukul 9 hingga 10 malam. Bahkan daerah yang berada dibawah lingkaran kutub utara, seperti Norwegia memiliki waktu puasa hingga 22 jam. Tahukah kamu, ketika musim panas umat muslim di Norwegia Utara menjalankan ibadah puasa tidak berdasarkan terbit dan terbenamnya matahari? Berikut Ulasan serta penuturan warga lokal Norwegia Utara.

Advertisement

1. Fenomena Midgnight Sun di Norwegia Utara

Foto oleh Once Upon a Time in Norway @onceuponatimeinnorway via Instagram

Foto oleh Once Upon a Time in Norway @onceuponatimeinnorway via Instagram via https://www.instagram.com

Tahukah kamu Fenomena Midnight Sun? Midnight Sun adalah fenomena matahari tidak terbenam dan terik saat jam menunjukan waktu tengah malam. Fenomena ini terjadi di negara Norwegia khususnya di wilayah Utara. Apakah fenomena ini terjadi setiap tahun? Dilansir dari media Visit Norway, Midnight Sun atau matahari selama 24 jam ini berlangsung selama 76 hari diantara bulan Mei hingga Juli setiap tahunnya. Matahari selama 76 hari tidak terbenam, seperti hanya memutari arah mata angin dari timur ke barat, namun tidak terbenam atau tenggelam. Matahari tetap terlihat. Begitu pula jika pantulan cahaya bulan dapat terlihat saat  matahari meredup.

2. Ramadan Umat Muslim Norwegia dengan Midnight Sun

Foto oleh Ela Yudhanira dari Pexels

Foto oleh Ela Yudhanira dari Pexels via https://www.pexels.com

Lalu adakah umat muslim di Norwegia khususnya di wilayah yang mengalami fenomena midnight sun? Di lansir dari sebuah video postingan oleh seorang warga yang bertempat tinggal di Bodø, Norwegia Utara, Dr. Waleed Hakeem, terdapat 1.200 umat muslim yang setidaknya tinggal dekat dengan kawasan tersebut. Bodø berada di wilayah lintas artik dimana wilayah ini merupakan hub atau kota dengan transportasi utama antar kapal. Menariknya, umat muslim disana tidak merasa kehausan ketika menjalankan ibadah puasa meski saat fenomena midnight sun berlangsung seperti yang dituturkan Dr. Waleed Hakeem dalam salah satu video postingannya, tahun 2019. Apakah setiap tahun umat muslim di Norwegia berpuasa dengan matahari tidak terbenam? Beberapa tahun kebelakang, seperti tahun 2019, 2020 dan 2021 umat muslim di Norwegia menjalani Ramadan dengan fenomena Midnight Sun. Tahun tersebut merupakan tahun dimana Ramadan tiba bersamaan saat musim panas pada rentang Mei hingga Juli. Jika dihitung sudah 3 tahun berturut turut Ramadan di Norwegia Utara terjadi saat Midnight Sun. Lalu bagaimana dengan tahun ini, apakah bulan ramadhan tahun ini di utara Norwegia juga terjadi saat midnight sun? Jika dihitung berdasarkan tanggal dimulainya Ramadan tahun ini dimulai tanggal 1 atau 2 April hingga kemungkinan awal Mei. Umat muslim Norwegia kemungkinan besar akan berpuasa seperti biasa dengan waktu lokal setempat.

Advertisement

3. Ketentuan Berbuka Puasa dan Shalat Tarawih saat Matahari Tidak Terbenam

Foto oleh Thirdman dari Pexels

Foto oleh Thirdman dari Pexels via https://www.pexels.com

Selama musim panas wilayah Norwegia Utara mengalami matahari selama 24 jam yang artinya tidak ada malam selama 76 hari. Dilansir dari media Visit Norway,  memberikan data ilustrasi kemungkinan Midnight Sun berlangsung kurang lebih selama 1800 jam. Lalu bagaimana jika Ramadan datang saat musim panas? Maka artinya tidak ada terbenamnya matahari dan matahari terus terlihat. Bagaimana dengan ketentuan ibadah puasa dan shalat wajib serta tarawih? 22 jam mengalami teriknya matahari dan terkadang 24 jam penuh mengalami midnight sun. Dr. Waleed Hakeem salah satu muslim yang tinggal di Bodø daerah Norwegia Utara menuturkan melalui akun media sosialnya bahwa ketentuan waktu ibadah puasa dan waktu sholat wajib serta tarawih mengikuti waktu di kota Mekkah.

4. Suka Cita Ramadan di Norwegia Utara saat Midnight Sun

Foto oleh Dr.Waleed Hakeem @thetravellingimam via Instagram

Foto oleh Dr.Waleed Hakeem @thetravellingimam via Instagram via https://www.instagram.com

Melalui akun media sosialnya instagramnya, Dr. Waleed Hakeem memaparkan jika saat Ramadan tiba di musim panas, maka seluruh umat muslim di daerahnya menjalani ibadah menurut ketentuan waktu Mekkah atau merujuk pada fatwa. Menariknya, ketika saat menyelesaikan ibadah shalat tarawih, beliau menceritakan pengalamannya. Semua umat muslim di daerahnya bersama sama menjalankan shalat tarawih di mesjid dan setelahnya pulang bersuka cita dengan matahari yang tidak terbenam.  Dr. Waleed bersuka cita atas fenomena yang terjadi di daerahnya terutama saat Ramadan. Merasakan berkah yang luar biasa karena bisa melihat kekuasaan Allah seperti dalam surat Al-Kahfi :90. Surat tersebut menjelaskan bahwa terdapat orang orang yang mendapatkan karunia diantaranya, orang orang yang tidak memiliki pelindung dari (cahaya) matahari. Berikut ayatnya,

Advertisement

Hingga ketika dia sampai di tempat terbit matahari (sebelah timur) didapatinya (matahari) bersinar di atas suatu kaum yang tidak Kami buatkan suatu pelindung bagi mereka dari (cahaya matahari) itu

Al-Kahfi :90.

Beliau menambahkan dengan rasa suka cita Ramadan,

Alhamdulillah di sini terdapat fenomena tersebut, fenomena yang sangat indah dan saya akan menyambut umat muslim lainnya jika datang kesini.  Dr.Waleed Hakeem 

5. Wilayah yang Mengalami Midnight Sun (time-free zone )

Foto oleh Visit Norway @visitnorway via Instagram

Foto oleh Visit Norway @visitnorway via Instagram via https://www.instagram.com

Jika kamu seorang traveler mungkin Norwegia adalah salah satu destinasi yang unik dengan geografinya, bisa menikmati 24 jam penuh berwisata dan tidak terhalang dengan adanya waktu malam. Jika kamu pergi ke Norwegia, sangat menarik karena semakin ke wilayah utara maka semakin banyak malam dengan matahari yang tidak terbenam atau tempat yang mengalami midnight sun. Berikut ini beberapa daerah di Norwegia utara yang mengalami Midnight Sun yaitu Helgeland, Bodø Salten, Lofoten, Troms, Finmark dan terdapat beberapa wilayah lainnya. Helgeland adalah bagian sisi selatan dari Norwegia Utara, terkenal dengan tempat yang paling indah untuk berwisata. Selanjutnya ada Tromsø yang disebut sebagai Paris bagian utara dan memiliki matahari penuh atau terik setiap jamnya selama satu bulan penuh. Warga lokal menyebutnya dengan zona tanpa waktu atau time-free zone dan siang setiap jamnya daylight all hours selama musim panas.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Shot the moments on frame (Photograph), Edit with heart and Share it on content (Writing).

Editor

CLOSE