#RamadanSeruGetPlus-5 Kiat Meluruskan Niat Belanja Hemat di Bulan Ramadan

Cara-cara belanja tapi tetap menghemat pengeluaran di bulan Ramadan

Aku sebagai manusia yang memiliki nafsu, tak menampik jika belanja adalah hal yang menyenangkan. Belanja bisa jadi kegiatan yang bisa melepaskan kegelisahan akibat burnout di tempat kerja, writer block bagi kuli tulis, bahkan meski tiap hari belanja kebutuhan sehari-hari, belanja jadi momen paling dinanti oleh ibu-ibu dimanapun berada. Betul tidak, ibu-ibu?

Di sisi lain, aku juga tidak menampik jika belanja ini selain asyik juga buatku meringis. Melihat isi dompet terkuras hampir habis tanpa manajemen uang yang baik. Momen Ramadan tahun 2021 ini, membuatku berpikir sejenak, merenung, dan merefleksikan untuk tak berbelanja dengan sembarangan. Terlebih hanya untuk memenuhi kebiasaan masyarakat Indonesia yang terlanjur menjamur buat belanja besar-besaran untuk lebaran saat ramadan. SoHip apakah kalian juga sempat berpikir demikian?

Nah, dalam rangka berhemat di bulan ramadan ini, aku akan membagikan beberapa cara agar diet belanja tak gagal dan tetap bisa berbelanja tanpa perlu kecewa. Apakah saja itu? SoHip mau tahu? Yuk, disimak! 

Advertisement

1. Bedakan! Mana yang Ingin, Mana yang Butuh

Photo by Jack Sparrow from Pexels

Photo by Jack Sparrow from Pexels via https://www.pexels.com

SoHip apakah kalian sering bingung untuk memilih sesuatu saat punya uang lebih atau dalam kondisi tiba-tiba dapat bonus dari Pak Bos di kantor atau dapat THR? 

Kira-kira mau belanja apa, ya? 

Advertisement

Begitu kira-kira kalimat yang sering terlintas di pikiran kalian, bukan? Nah, ada baiknya SoHip mengganti pernyataan tersebut dengan:

Kira-kira butuh belanja apa, ya? 

Advertisement

Kedua pernyataan tersebut memiliki arti yang berbeda lo, SoHip. Jika SoHip memilih “mau”  maka artinya yang SoHip dapatkan belum tentu SoHip gunakan untuk waktu yang lama atau dalam kata lain sudah tidak ada gunanya membeli suatu barang karena keinginannya sesaat, yang kadang juga bikin sesat. Kok bikin sesat? Iya! biasanya suatu barang yang dibeli karena hasrat atau kemauan saja akan berakhir jadi barang tak berguna lagi  bahkan di mata SoHip yang membelinya. Sesat, kan? 

Kalau barang yang SoHip beli adalah barang yang SoHip butuh, sudah pasti selain SoHip tak akan menyesal setelah membeli, SoHip juga tak akan tersesat dengan tumpukan barang tidak berguna. 

2. Buat Daftar Kebutuhanmu

Photo by Anna Shvets from Pexels

Photo by Anna Shvets from Pexels via https://www.pexels.com

Setelah tahu mengenai “mau” dan “butuh”, ada baiknya SoHip membuat daftar kebutuhan yang ingin dibeli. Melakukan ini juga akan mempermudah SoHip ketika ke pusat perbelanjaan. Sehingga, SoHip tak perlu membuang-buang waktu di tempat yang bukan tujuan SoHip untuk membeli barang sesuai kebutuhan di daftar yang nantinya SoHip buat.

Lagipula, di pusat perbelanjaan yang ramai di bulan ramadan dan masih dalam kondisi pandemi ini tak baik berlama-lama melakukan interaksi di luar ruangan meski dengan dalih sudah sesuai protokol kesehatan. Tetap saja, pandemi belum berakhir, bukan? Oleh karena itu SoHip, membuat daftar kebutuhan belanja ini sangat dianjurkan saat berbelanja di bulan ramadan di masa pandemi ini. 

3. Anggarkan Belanja Ramadan, Tapi Jangan Lupa Juga Buat Nabung dan Bersedekah

Photo by Pixabay from Pexels

Photo by Pixabay from Pexels via https://www.pexels.com

Data yang tak kalah penting dibuat supaya belanja kebutuhan ramadan tak membludak adalah anggaran belanja, SoHip. Anggaran ini tentu saja meliputi harga-harga barang yang akan SoHip beli. Oh ya, selain itu jangan lupa membuat anggaran juga buat nabung dan sedekahnya. Jangan mentang-mentang dapat THR, uangnya dianggarkan lebih banyak di belanja kebutuhan ramadan dan seolah melupakan membuat anggaran nabung dan sedekah juga jadi sama gemuknya dengan anggaran belanja ramadan. Hmmm… gak gitu ya, mainnya SoHip! 

Terlebih saat ini adalah bulan ramadan. Anggaran juga akan bertambah dengan bayar zakat yang sifatnya wajib bagi muslim. Meski mungkin bagi SoHip tak seberapa, tapi membuatnya menjadi daftar data anggaran belanja di bulan ramadan ini bisa buat SoHip lebih tenang dengan perencanaan keuangan yang lebih tertata sehingga, juga memudahkan merencanakan anggaran kebutuhan belanja SoHip di bulan-bulan selanjutnya. 

4. Menukar Struk Belanja dengan Poin di GetPlus

Photo by GetPlus from mygetplus.id

Photo by GetPlus from mygetplus.id via https://www.mygetplus.id

Apa nih GetPlus? Mendapatkan tambahan?. Iya, betul SoHip! 

GetPlus itu program loyalitas koalisi berbasis web dan aplikasi. Jadi kalau SoHip sudah melakukan transaksi perbelanjaan di beberapa merchant, atau gerai yang kerjasama dengan GetPlus, SoHip bisa memindai barcode di struk belanja SoHip kemudian GetPlus akan memberikan poin yang bisa SoHip klaim sebagai hadiah dari berbagai merchant juga. 

Terdengar asyik, bukan SoHip? Lalu gimana cara daftarnya agar dapat poin-poin itu? 

Nah, SoHip bisa mengunjungi laman www.mygetplus.id kemudian pergi ke bagian “How It Works” di halaman tersebut dijelaskan dengan informatif dan aplikatif mengenai cara pendaftarannya. SoHip juga tak perlu bingung, nantinya kalau SoHip bingung ada Help Center di bagian paling bawah pada laman yang sama. Di sub bagian Contact UsSoHip bisa langsung menanyakan, konfirmasi, keluhan atau komplain, atau bahkan memberikan kritik dan saran dan akan ada pelayanan pengguna yang membantu kendala SoHip mengenai penggunaan GetPlus. 

Gimana SoHip? Jangan lupa buat daftar belanja dan anggaran belanja lewat GetPlus ya SoHip, karena bisa dapat keuntungan yang melimpah. Jadi SoHip bisa tetap belanja, hemat, dan dapat hadiah juga. 

5. Jeli dan Update Promo dan Diskon Barang yang Dibutuhkan

Photo by Negative Space from Pexels

Photo by Negative Space from Pexels via https://www.pexels.com

Di bulan suci ini, ada baiknya tidak update akun-akun gosip ya, SoHip. Eh, bukan berarti selain ramadan boleh ya. Tapi daripada update tentang kehidupan orang lain ada baiknya meng-update mengenai promo atau diskon kebutuhan ramadan. Biasanya, di bulan Ramadan beberapa gerai, pusat perbelanjaan, maupun ritel-ritel banyak memberikan promo dan diskon, baik menjelang ramadan, maupun di akhir ramadan menjelang lebaran, atau bahkan selama waktu ramadan. Pokoknya, banyak promo dan diskon deh!.

Nah, Sohip juga harus jeli nih dengan promo dan diskon yang mau diambil. Jelinya harus disesuaikan dengan kebutuhan, anggaran, dan tentu saja daftar belanja kebutuhan ramadan yang akan dibeli. 

Oh, ya! Di GetPlus juga masih banyak promo dan diskon, lo!. Seperti diskon hampers lebaran sebesar 70%, gratis voucher belanja, dan masih banyak lagi yang bisa SoHip lihat dan pahami sesuai kebutuhan SoHip di laman https://info.mygetplus.id/category/promo/ ini. 

Selain itu, SoHip yang berkesempatan membaca artikel ini juga akan mendapatkan poin gratis sebesar 20.000 sebagai welcome point dari Getplus. Nantinya poin tersebut akan aktif jika ditukarkan dengan unggah struk belanja ke aplikasi GetPlus dari partner minimarket, mall, dan merchant di Jabodetabek dengan minimal pembelian atau transaksi sebesar Rp30.000,00. 

Wah, semakin banyak untungnya bukan Sohip? Jadi, tunggu apalagi! Pastikan kebutuhan ramadanmu, buat daftar kebutuhan ramadanmu itu, jangan lupa buat anggaran yang baik, dan gunakan aplikasi GetPlus supaya update promo, diskon, dan dapat tambahan poin yang bisa diklaim jadi hadiah yang menarik.  

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menulis, membaca, berkebun, dan beres-beres.

CLOSE