5 Rekomendasi Desain Ruang Makan ala Kafe di Rumah. Patut Kamu Coba!

ruang makan ala kafe

Kalau kamu perhatikan, semakin hari semakin banyak, ya, kafe-kafe baru bermunculan. Mulai dari coffee shop, eatery, diner style, sampai yang legendaris seperti Cafe Batavia. Pastinya, kafe-kafe yang bermunculan sekarang berlomba-lomba buat tampil paling keren dan Instagramable. 

Sayangnya, dengan situasi pandemi seperti sekarang, kita nggak bisa sering-sering nongkrong di kafe favorit, ya. Walaupun restoran dan kafe masih buka dengan jam terbatas, nggak bijak untuk nongkrong-nongkrong di kafe dalam situasi sekarang.

Kalau jadinya kamu kangen sama suasana kafe yang sering dikunjungi, mungkin saatnya mengubah desain ruang makan di rumah jadi ala kafe. Ditambah dengan makanan dan minuman lezat yang kamu masak sendiri dan keluarga di rumah, ngumpul di ruang makan bakal seseru nongkrong di kafe. 

Dengan banyaknya kafe di kota-kota besar, kamu nggak akan kehabisan inspirasi untuk menjadikan ruang makan di rumah jadi seperti kafe yang sering kamu datangi. Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa diikuti.

Advertisement

1. Modern dan hangat. Perpaduan furnitur minimalis dan industrial dengan nuansa kayu ala coffee shop kekinian

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Buat kamu para sobat kopi yang sering datang ke coffee shop, gaya desain interior yang banyak digunakan adalah nuansa minimalis dan industrial. Karakteristiknya adalah penggunaan furnitur seperti kursi dan meja makan yang minimalis, seringkali terbuat dari kayu atau material dengan tekstur yang mulus. Kemudian juga, lantai semen atau kayu dan jendela yang besar yang membiarkan cahaya matahari masuk. 

2. Rustic dan vintage. Ruang makan bergaya farmhouse yang hangat dan menawan. Cocok untuk makan bersama

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Sekarang ini, banyak kafe yang juga menggunakan desain farmhouse atau rumah peternakan. Suasana hangat dan nyaman ini bisa diimplementasikan di ruang makan rumah untuk desain interior yang bergaya rustic dan vintage. Menggunakan aksen batu bata pada tembok yang tidak disemen dan dicat, meja kayu dengan tekstur worn out, kursi besi, rak kayu, dan karpet besar dengan motif Moroccan atau Persian.

Advertisement

3. Bawa pengalaman makan di restoran bintang lima dengan gaya french bistro yang elegan dan mewah

Sumber: Pouted

Sumber: Pouted via https://www.pouted.com

Sulap ruang makan rumah dengan nuansa french bistro yang mewah dan elegan. Selain mewah, desain interior yang satu ini juga terasa rustic dan vintage dengan elemen-elemen seperti furnitur berdesain french classic, penggunaan material kayu yang memiliki tekstur worn out, dan pencahayaan dari lampu berwarna kuning untuk semakin memberikan kesan hangat dan mewah.

4. Serasa berada di film barat dan menikmati makanan di kedai khas Amerika

Sumber: Country Living

Sumber: Country Living via https://www.countryliving.com

Di film-film barat populer, mungkin kamu pernah melihat karakternya sedang makan atau mengobrol di kedai khas Amerika Serikat, yang biasa disebut diner oleh orang lokal. 

Elemen desain yang khas banget dari diner adalah lantai kotak-kotak hitam putih, dining booth dengan kursi merah, dan suasananya yang cerah dengan warna terang dan lampu neon. Kamu bisa menggunakan elemen-elemen desain ini untuk ruang makan di rumah untuk tampilan yang lebih menarik dan tidak biasa.

Advertisement

5. Rasakan pengalaman dan suasana seperti makan di tengah taman dengan desain garden cafe yang cantik penuh bunga dan tanaman

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Desain ruang makan ini bakal lebih keren lagi kalau ruang makan kalian adalah semi-outdoor atau outdoor. Meskipun begitu, ruang makan di dalam ruangan juga bisa dibikin seperti garden cafe yang menawan. Desain dari ruang makannya bisa terinspirasi dari desain-desain dari poin-poin di atas.

Yang terpenting adalah unsur tanaman hidup yang mendominasi ruang makanmu. Kamu bisa mulai dari menaruh pot berisi bunga dan tanaman hias di rak, membuat taman gantung di sudut ruang makan atau mendirikan vertical garden. 

Mirip, kan, sama kafe-kafe yang sering kamu datangi? Buat apa jauh-jauh ke kafe kalau misalnya suasana yang sama bisa didapat di rumah. Kamu dan keluarga akan terjamin lebih aman dan ruang makan akan menjelma jadi pusat aktivitas dan tempat berkumpul keluarga. 

Kalian bisa merenovasi atau mendekorasi ulang ruang makan kalian sendiri dengan mencontoh inspirasi-inspirasi di atas. Namun, buat hasil yang lebih maksimal, kalian juga bisa menghubungi jasa desain rumah kepercayaan kalian untuk hasil yang lebih maksimal.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE