Assalamualaikum, perempuan Indonesia!

Kamu memiliki masalah dengan wajah sensitif dan berminyak? Memiliki kulit yang sensitif terkadang menyulitkan kita dalam memilih suatu produk. Jika kita salah membeli produk, sangat mungkin untuk muncul kemerahan disertai rasa perih, bahkan alergi di bagian wajah. Apalagi ditambah wajah yang berminyak, seringkali menggunakan make up membuat wajah gampang jerawatan. Artinya, kamu tidak boleh memakai sembarang make up untuk wajahmu!

Aku memiliki jenis kulit yang berminyak dan sensitif. Ketika menggunakan make up yang terlalu berat, terlalu lama atau membersihkan make up dengan bersih, akan langsung muncul kemerah-merahan di wajah, bruntusan, bahkan jerawat. Pastinya hal itu sangat menjengkelkan, bukan?

Kamu punya jenis kulit atau ciri-ciri kulit seperti aku? Yuk, simak rekomendasi make up untuk kulit sensitif dan berminyak versi aku! Ini bukan promosi suatu produk ya hanya sekadar memberi rekomendasi.

1. Menggunakan Wardah Hydrating Aloe Vera Gel sebagai pelembab sebelum menggunakan foundation

13 Manfaat Wardah Hydrating Aloe Vera Gel Untuk Wajah dan Kulit via https://manfaat.co.id

Aku berbagi pengalaman aja ya, karena aku bukanlah seorang reviewer tentang jenis produk-produk make up. untuk review-nya aku cantumin di bawah.

Pertama, aku tahu produk wardah yang satu ini lewat Youtube. Ada salah satu beauty vlogger favorit aku yang merekomendasikan beberapa pelembab yang cocok untuk jenis wajahku, di antaranya Wardah hydrating Aloe Vera Gel ini. Aku tertarik dengan produk ini, karena harganya yang murah dan mudah ditemukan di toko kosmetik manapun. Lalu, seminggu setelah aku memakai Wardah hydrating Aloe Vera Gel, tidak ada masalah apapun dengan wajahku, malah jerawat di wajahku kempes dan hilang tanpa bekas. Akhirnya aku memutuskan untuk menggunakan Wardah hydrating Aloe Vera Gel sebagai pelembabku dan ternyata Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini membuat wajahku tampak bersih dan minyak diwajah tidak berlebih. Oh ya, Wardah hydrating Aloe Vera Gel juga bisa digunakan untuk krim wajah sebelum tidur, lho.

2. Wardah C-Defense DD Cream

REVIEW: WARDAH C-DEFENSE DD CREAM, RINGAN DAN NYAMAN! via http://www.pungkyprayitno.com

Advertisement

Awalnya, aku bukanlah orang yang suka pake make up. Pelembab saja sudah cukup buatku kalau pergi-pergi. Tapi, karena udah kuliah, aku dikasih tahu kalau memoles wajah itu perlu. Tapi karena wajah aku sensitif, takut dong, mau pakai produk apa? Nanti malah jerawatan, dan wajahku menjadi merah-merah.

Nah, kalau produk yang satu ini, aku tahu dari kakakku yang memakai Wardah DD cream ini, yang katanya ringan di wajah, nggak medok dipakai, oily control banget, dan bikin wajah cerah. Katanya sih, cocok banget buat jenis kulitku. Tapi nggak mau langsung percaya kan? Aku coba ikut pakai dulu punya kakakku ini buat ke kampus.

Dan benar sekali, Wardah DD cream ini memang ringan banget di wajah, nggak medok kayak jenis foundation lainnya. Di pakai seharian di kampus, nggak bikin muka kayak kilang minyak. Berminyak sih, tapi nggak berlebihan, malah jadi kayak glowing-glowing gitu. Memang benar oily control yang perfect. Tapi, kalau buat putih sih, nggak terlalu ya, menurutku. Memang sih, lebih putih kalau dipakai, tapi nggak bikin lebih putih wajah aslinya. Dan akhirnya aku selalu menggunakan Wardah C-DEFENSE DD Cream untuk make up sehari-hariku. Oh ya, shade yang natural ya, aku pakainya.

3. Marck's Bedak dari Kimia Farma

Review: Marcks’ Beauty Powder Creme via http://suzannita.com

Bedak merupakan suatu hal yang wajib dipakai bagi perempuan, karena memang dari lahir kita diajari untuk memakai bedak. Bahkan dalam posisi yang sangat terdesak pun, wajib menyempatkan waktu untuk memakai bedak dan rasanya tidak PD jika tidak memakai bedak. Benar nggak?

Nah, tips memilih bedak untuk kulit sensitif dan berjerawat, yaitu jangan pakai bedak padat, pilihlah bedak tabur. Itu yang disarankan dokter ketika aku konsultasi. Kita bisa memilih produk bedak tabur apapun untuk wajah kita sesuai kecocokan dengan wajah masing-masing, tapi yang aku gunakan untuk make up daily-ku adalah Marck's Bedak dari Kimia Farma.

Siapa sih, yang nggak kenal bedak legend itu? Kebangetan kalau nggak tahu. Bedak ini adalah bedak yang aku pakai dari kecil, sampai sekarang dan masih cocok di saat wajahku berubah menjadi berminyak dan sensitif ini. Bedak ini sangat recommended buat kalian yang bingung nyari bedak tabur apa yang cocok untuk wajah sensitif dan berminyak. Aku biasanya pakai ini langsung tanpa DD cream setelah pelembab . Karena bedak yang sangat ringan di wajah, memang gampang hilang sih, tapi demi si wajah sensitif ya kalau hilang pakai lagi saja.

Tapi jangan salah, bedak ini oily control banget buat wajah yang berminyak dan nge-covered make up kamu. Tapi, saran aku ke kalian, sebelum memakai bedak ini tetap pakai pelembab ya di wajah. Soalnya, bedak ini membuat wajah kering. Jadi, buat kalian yang wajahnya sudah berminyak, muka kalian akan langsung kering. Hal itu malah membuat respon di kulit kita untuk memacu produksi minyak alami di wajah menjadi semakin banyak. Nggak mau kan, wajah kita tambah berminyak?

4. Bertolli Extra Virgin Olive Oil

Manfaat minyak Zaitun via https://manfaat.co.id

Nggak ketinggalan produk yang satu ini aku saranin ke kalian. Ya, Olive Oil atau minyak zaitun. Banyak yang sudah tahu kegunaan minyak yang satu ini, tetapi ada juga yang belum. Nah, bagi kalian yang belum tahu, minyak zaitun ini memiliki seribu manfaat bagi kulit kita, di antaranya untuk wajah, yaitu untuk mengontrol kadar minyak di wajah kita. Minyak zaitun ini bisa digunakan untuk segala jenis kulit apapun. Untuk manfaat lainnya, bisa dicari di google atau aku cantumin di bawah.

Nah, sedangkan untuk aku sendiri, awalnya aku pakai minyak ini sebagai pelembab, krim sebelum tidur dan pembersih wajah. Tapi, sekarang aku cuma pakai ini sebagai pembersih wajah saja, karena harganya yang cukup mahal. Kenapa sih, aku bersihin sisa-sisa make up pakai minyak zaitun? Jadi, ini kan berbahan dasar minyak, jadi lebih kuat mengangkat make up yang kita pakai. Apalagi jika kita menggunakan make up yang berat karena acara tertentu. Minyak zaitun bisa membersihkan kerasnya zat-zat didalam produk make up yang membuat wajah kita iritasi, merah-merah dan jerawat. Aku lebih suka ini dibandingkan make up remover lainnya yang biasanya berbahan dasar air dan mengandung alkohol. Sebelum mencuci wajah menggunakan air, biasanya aku menghapus make up aku terlebih dahulu menggunakan minyak zaitun.

Banyak sekali produk-produk minyak zaitun di pasaran, dan takutnya, kita salah memilih yang palsu. Saranku, jika membeli minyak zaitun yang ber label "extra virgin", tidak menjamin keasliannya sih, tetapi sebagai referensi saja dan minyak zaitun yang aku pakai yaitu Bertolli Extra Virgin Minyak Zaitun.

5. Membersihkan alat-alat make up secara rutin

Cara Membersihkan Kuas dan Aplikator Makeup yang Tepat via https://hellosehat.com

Perlu kamu ketahui, hal ini adalah hal yang sering dilupakan, namun sangat krusial. Membersihkan alat-alat make up seperti sponge ataupun kuas-kuas yang kamu miliki adalah wajib. Alat-alat make up yang dipakai terlalu lama dan tidak dibersihkan akan menjadi kotor dan sarang bakteri, karena bekas makeup-makeup yang menumpuk di kuas dapat menyebabkan iritasi dan jerawat di wajah.

Cara yang biasa aku lakukan adalah merendamnya dalam air hangat sekitar 5-10 menit. Lalu membersihkan dari sisa-sisa makeup dengan cara mengelap dengan tissue atau handuk hingga hilang atau jika bekas make up-nya membandel, kamu bisa membersihkannya dengan conditioner atau sabun bayi dan membilas kembali dengan air biasa. Membersihkan kuas dengan conditioner atau sabun bayi juga akan membuat kuas lebih lembut. Setelah, itu dijemur hingga kering dan kuas ataupun alat-alat make up lainnya siap untuk digunakan.

Jadi, jangan malas ya untuk membersihkan alat-alat make up secara rutin.