Lebaran sudah tinggal menghitung hari yah? Hehe.. kalian pasti lagi sibuk buat kue untuk hari Raya Lebaran? Kalau misalkan iya, sudah ada menu untuk makan besar bersama keluarga dan sanak saudara dihari Raya Lebaran belum? Sudah tahu mau masak apa nanti? Mau masak ayam? Bisa aja! Gampang kok asal tahu cara masak dan bumbu–bumbunya apa saja.

Bayangin deh gurihnya santan yang dipadukan dengan rempah–rempah asli Indonesia dan daging ayam kampung yang dimasak bersama kuah opor yang kental dan disantap dengan nasi putih panas atau dengan ketupat, pasti nikmat banget deh untuk disantap bersama keluarga dan sanak saudara di hari Raya Lebaran.

Simak resepnya di bawah ini yah..

1. opor ayam buatan sendiri

opor ayam buatan sendiri

opor ayam buatan sendiri via https://tse2.mm.bing.net

Bahan – bahan yang harus kalian siapkan sebelum memasak opor ayam :


  1. 4 sdm minyak untuk menumis

  2. 2 batang serai, ambil bagian yang berwarna putihnya saja, memarkan atau geprek

  3. 5 lembar daun jeruk

  4. 3 lembar daun salam

  5. 6 butir kemiri secukupnya

  6. Kunyit dan jahe secukupnya

  7. Ladah bulat/bubuk secukupnya

  8. Jintan secukupnya

  9. 3 sdm ketumbar

  10. Bawang merah dan bawang putih

  11. 1 buah lengkuas secukupnya

  12. Garam dan gula secukupnya

  13. 2 ekor ayam, masing – masing dipotong menjadi beberapa bagian sesuai selera kalian yah

  14. 11/2 buah kelapa parut, diperas menjadi santan kental atau sekitar 250ml

  15. 11/2 L santan encer

2. kaya akan rempah rempahnya

opor ayam buatan sendiri

opor ayam buatan sendiri via https://tse2.mm.bing.net

Advertisement

Bumbu yang dihaluskan :


  1. 3 sdm ketumbar sangrai

  2. ½ sdt jintan sangrai

  3. Ladah secukupnya

  4. 6 butir kemiri

  5. Bawang merah dan putih secukupnya

  6. Garam dan gula pasir secukupnya

3. opor ayam buatan rumahan

opor ayam buatan sendiri

opor ayam buatan sendiri via https://tse2.mm.bing.net

Cara membuat Opor Ayam :

Advertisement


  1. Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, dan tambahan lainnya serai, daun salam, dan daun salam aduk hingga harum.

  2. Masukkan potongan ayam yang sudah dibersihkan

  3. Masukkan santan encer, masak terus diatas api sedang, tunggu hingga air mendidih dan ayam empuk

  4. Lalu tuangkan santan kental, aduk sesekali sampai mendidih. Kecilkan api, masak hingga santan nampak agak berminyak. “Aduk terus jangan sampai santan nya pecah, kalau tidak! bisa gagal dan santan tidak menyatu dan tidak kental”

  5. Opor ayam untuk hari Raya Lebaran pun telah siap untuk disajikan di hari nan fitri.

4. opor ayam buatan sendiri

opor ayam buatan sendiri

opor ayam buatan sendiri via https://tse2.mm.bing.net

Hayoo pasti langsung ingin coba masak atau mencicipinya dulu nih? Gampang banget kan cara buatnya? Sudah jadi paling enak kan opor ayam disandingkan dengan teman–temannya seperti ketupat, sayur pepaya, dan balado telur ummm pastii enak banget deh…

5. opor ayam buatan sendiri

opor ayam buatan sendiri

opor ayam buatan sendiri via https://tse2.mm.bing.net

Buatan sendiri lebih enak dan lebih puas lho apalagi masak untuk keluarga besar di saat Lebaran pasti menyenangkan. Selamat mencoba resep opor ayam yang nikmat ini yaa!

#ResepAndalanmu

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya